www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Sekda, Kapolres dan Ormas Olahraga Bersama Ajak Jaga Sitkamtibmas Pilkada 2020
 
Fokus Pada Pelaksanaan Strategi, XL Axiata Lanjutkan Tren Pertumbuhan di Tengah Kompetisi Industri yang Ketat
Jumat, 01/11/2019 - 11:56:50 WIB
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali mencatatkan kinerja keuangan yang menunjukkan terus tumbuhnya pendapatan di tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi dan data tahun ini. 

Hingga sembilan bulan di tahun 2019 ini pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 11% YoY, dan selama periode triwulan ketiga naik 3% QoQ. Pencapaian ini merupakan hasil usaha keras dalam mendorong penggunaan layanan oleh pelanggan melalui upselling layanan data yang pada akhirnya mampu meningkatkan ARPU blended pada kuartal ini, yaitu naik menjadi Rp 36 ribu dari Rp 34 ribu di kuartal sebelumnya.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, pendorong utama keberhasilan melakukan upselling pada pelanggan merupakan inisiatif perusahaan dalam menerapkan Customer Value Management yang berbasis analytics dengan memanfaatkan platform Omni Channel. 

Upaya ini termasuk diantaranya pemanfaatan digital IT dan data analytics untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam menyediakan dan menawarkan layanan yang memang dibutuhkan setiap pelanggan. 

"Kami juga memiliki inisiatif lanjutan yang sedang kami rencanakan untuk dapat meningkatkan dan memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan," katanya.

Dian menambahkan, kenaikan pendapatan didorong oleh kenaikan pada pendapatan layanan sebesar 16% YoY dan pendapatan data yang melonjak hingga 30% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Pada saat yang sama, perusahaan juga berhasil melakukan efisiensi biaya sehingga mampu meningkatkan EBITDA sebesar 19% YoY, yang sekaligus lebih tinggi dari pendapatan dan mendorong peningkatan EBITDA margin sebesar 3 ppts. XL Axiata juga kembali mencatatkan laba bersih yang telah dinormalisasi sebesar Rp 505 miliar di periode 9 bulan tahun  2019 ini.

Dian menambahkan, bersama dengan penerapan strategi “dual brand”, investasi pada perluasan jaringan data telah ikut mendorong posisi XL Axiata sebagai brand pilihan bagi para pengguna smartphone di Indonesia. Hal inilah yang kemudian turut meningkatkan penetrasi pengguna smartphone menjadi sekitar 86% atau 47,7 juta dari total pelanggan dan memperbesar kontribusi pendapatan dari layanan data menjadi 88% dari total pendapatan layanan perusahaan.

Selain itu jumlah pengguna data naik menjadi 88% YoY dari total pelanggan, 70% di antaranya menggunakan data 4G. Pencapaian tersebut menempatkan perusahaan pada posisi yang lebih kuat dalam menghadapi dampak terus menurunnya pendapatan dari layanan tradisional (voice and SMS). Total jumlah pelanggan meningkat menjadi 55,5 juta dari 53,9 juta di periode yang sama tahun sebelumnya.

XL Axiata memang terus melanjutkan perluasan dan peningkatan kapasitas jaringan data terutama di luar Jawa. Sebagai hasilnya, hingga periode triwulan ketiga 2019, jumlah BTS telah meningkat tajam menjadi total 129 ribu unit dengan lebih dari 53 ribu unit di antaranya adalah BTS 3G dan lebih dari 39 ribu BTS 4G. 

Layanan 4G dari XL Axiata kini hadir di 410 kota/kabupaten, di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di luar Jawa. Selain itu, fiberisasi juga terus dipergencar seiring dengan terus meningkatnya trafik data.

Pada kuartal ketiga 2019, XL Axiata menghadirkan sejumlah penawaran produk yang inovatif. Untuk pelanggan XL telah diluncurkan penawaran khusus paket XTRA Kuota Zero, yang memungkinkan pelanggan mendapatkan kuota gratis untuk mengunduh aplikasi pilihannya. Sementara itu AXIS menawarkan promo bagi penggemar games. Layanan pascabayar XL Prioritas menjalin kerjasama dengan HOOQ yang memungkinkan pelanggan berlangganan layanan video on demand selama 3 bulan.

Total trafik di seluruh jaringan XL Axiata meningkat tajam sebesar 56% YoY selama periode 9 bulan di tahun 2019 ini. Pertumbuhan tinggi ini mayoritas terjadi di layanan data, terutama pada layanan 4G. Sejak perusahaan fokus berinvestasi jaringan di luar Jawa mulai 2016 hingga saat ini, kinerja dari luar Jawa menunjukkan performa yang kuat. Pendapatan dari wilayah luar Jawa juga terus meningkat menggungguli pertumbuhan di Jawa, dan tentu saja ikut meningkat pula kontribusinya pada pendapatan perusahaan.

Sepanjang  sembilan bulan 2019, XL Axiata telah melakukan pembayaran atas pinjaman bank sebesar Rp 750 miliar menggunakan dana internal. Hingga 30 September 2019, perusahaan tidak memiliki pinjaman dalam mata uang US Dollar.

Beberapa penghargaan berhasil XL Axiata raih di sepanjang kuartal ketiga 2019 ini. CEO XL Axiata, Dian Siswarini telah dipilih oleh majalah bisnis terkemuka Forbes sebagai salah satu dari Asia’s Power Businesswoman. Dian dinilai sebagai salah satu dari tiga wanita Indonesia yang memiliki peran penting dalam membentuk lanskap bisnis di Asia. 

Selanjutnya, XL Axiata juga kembali masuk dalam daftar Top 50 of the Biggest Market Capitalization Public Listed Companies di peringkat ke-20, serta meraih The Best Role of Stakeholders Award. XL Axiata juga meraih tiga penghargaan dalam ajang Selular Awards 2019, yaitu CEO of the Year, Best B2B Service, dan Best Network Transformation Initiative.(rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH (kedua dari kanan) menyerahkan paket aplikasi Laut Nusantara kepada warga nelayan di sela-sela peresmian jaringan 4G Universal Service Obligation (USO) milik XL Axiata di Desa Desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Selasa (14/1).  XL Axiata Operasikan Jaringan Telekomunikasi 4G Program USO di Pesisir Barat Lampung
Head of Sales Kepri dan Ridar XL Axiata, Alex Burnama menunjukkan aplikasi Laut Nusantara kepada Kepala Dinas Kominfo Natuna, Raja Darmika dan nelayan Desa Mekar Jaya, Kabupaten Natuna, Jumat (20/12). XL Axiata Hadirkan Jaringan Telekomunikasi 4G, Program USO di Kepulauan Natuna
Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini Fokus Pada Pelaksanaan Strategi, XL Axiata Lanjutkan Tren Pertumbuhan di Tengah Kompetisi Industri yang Ketat
  Plt. Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kanan) bersama dengan Head Telco Service Operation XL Axiata, Hendrik (kiri) menunjukkan kondisi jaringan XL Axiata di seluruh Indonesia melalui papan monitor yang berada di pusat pemantauan kualitas jaringan layanan XL Axiata atau  “Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat XL Axiata Jakarta. Libur Panjang Natal & Tahun Baru 2020; Trafik Data XL Axiata di Sumatra Naik 70%
  Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Wisata Danau Toba, Samosir. XL Axiata terus meningkatkan kenyamanan pelanggan atas akses internet cepat dan layanan data di berbagai kawasan wisata Sumatera.Dukung Kenyamanan Pelanggan, Jaringan XL Axiata Siap Layani Libur Panjang Akhir Tahun
Head of Sales Ridar Kepri, Alex Burnama, ikut serta sebagai pendonor darah rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019. Total darah yang terkumpul  serentak di 7 Kota di Sumatera sebanyak 200 Kantong Darah.Rayakan Hari Sumpah Pemuda, XL Axiata Donor Darah Serentak 7 Kota Sumatera

 
Berita Lainnya :
  • Sekda, Kapolres dan Ormas Olahraga Bersama Ajak Jaga Sitkamtibmas Pilkada 2020
  • Golkar Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis
  • Repu Sagu Terangkat ke Permukaan Sungai, Bupati Meranti: Tutup Saja Pabrik Sagu Itu
  • Sekitar 1 Ton CPO Milik PT SDS Dumai Tumpah ke Laut
  • Dinilai Bebani Keuangan Daerah, 15 Ribu Honorer Pemprov Riau Terancam Dirumahkan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Citimall Dumai Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved