www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Sharing Budget, KPU Rohul Dapat Anggaran Pilkada Serentak Tahap I Rp2,86 Miliar dari KPU RI
 
Siapkan Jaringan 5G, Ini Langkah Smartfren
Jumat, 25 Oktober 2019 - 16:55:42 WIB
Internet
Internet

BROMO - Menyambut rencana pemerintah merilis layanan 5G, Smartfren menyiapkan jaringannya untuk bisa berjalan beriringan. Salah satunya, menyiapkan berbagai infrastruktur dengan teknologi terbaru.

Sebelumnya, uji coba teknologi 5G ini telah dilakukan untuk industri pada Agustus 2019 lalu. Kali ini, Smartfren melakukan persiapan penerapan teknologi 5G. Salah satunya, dengan membangun infrastruktur berbasis kepadatan jumlah penerima dan pemancar di Surabaya.

"Salah satu contoh penerapan insfrastruktur dan juga teknologi baru yang kami terapkan adalah dengan meletakkan antena lebih dekat ke tanah, untuk mentransmisikan apa yang disebut sebagai gelombang millimeter dan juga menambah jumlah pemancar dan penerima yang lebih besar," kata VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo di Bromo, Kamis (24/10), seperti yang dilansir dari detik.

"Ini akan memungkinkan kepadatan penggunaan yang lebih tinggi, salah satu prinsip teknologi 5G inilah yang sudah kami exercise dan terapkan sekarang. Memang saat ini prinsip teknologi ini kami gunakan untuk mengurai kepadatan dan juga mengoptimalkan layanan kepada para pelanggan," imbuh Munir.

Selain itu, Munir menyebut sejak tahun 2017, Smartfren telah menerapkan beberapa teknologi yang menjadi pendukung dari penerapan teknologi 5G. Teknologi ini kerap disebut Massive MIMO Base Stations dan Multi-Antenna Space Division Multiple Access (SDMA).

Munir menambahkan, dalam teknologi 5G, Smartfren diprediksi akan dimanfaatkan untuk kepentingan industri. Namun, tidak menjadi teknologi yang menggantikan konektivitas 4G.

Sementara, untuk kebutuhan end-user yang memakai handset atau perangkat mobile, Munir memprediksi masih akan menggunakan 4G. Dengan kata lain, 5G nantinya masih akan berfokus pada pasar tertentu. Apalagi, perangkat mobile yang mendukung 5G masih terbatas.

"5G nantinya bukan hanya sebagai suksesor 4G, kenapa demikian? karena 5G punya spesifikasi tersendiri untuk pasar yang sangat fokus, seperti industri, mobil, entertainment, yang membutuhkan kapasitas bandwith yang besar, jadi jangan terpikir 5G akan menggantikan 4G, tapi pelengkap, akan berbarengan," pungkas Munir.  *

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Layanan VoLTE merupakan layanan telepon dengan basis jaringan 4G LTE, di mana pelanggan dapat menggunakan internet tanpa terputus saat melakukan panggilan telepon agar #DiRumahBisaTerusProduktif sehingga koneksi data tetap berjalan lancar dan pekerjaaan tetap dapat dilakukan. Informasi lebih lanjut mengenai layanan VoLTE Telkomsel dapat diakses melalui www.telkomsel.com/volte.Perkuat Roadmap Menuju 5G, Telkomsel Hadirkan VoLTE
IlustrasiSamsung Siap-siap Rilis Tablet 5G Pertama di Dunia
Director Planning and Transformation Edward Ying, DirJen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, DR. IR. Ismail MT, Director Sales Ririn Widaryani dan Acting CEO Telkomsel Hari Supriadi, menjelaskan kepada Awak Media terkait 5G Industry.Telkomsel Uji Coba 5G untuk Kebutuhan Industri, Akselerasikan Negeri Menuju Making Indonesia 4.0
  Jadi Raja Kuota, Ini Keuntungan dari Smartfren untuk Konsumen
ilustrasi BTSTelkomsel Masih Jadi yang Terkencang, Smartfren Unggul di Ketersediaan 4G
InternetSiapkan Jaringan 5G, Ini Langkah Smartfren

 
Berita Lainnya :
  • Sharing Budget, KPU Rohul Dapat Anggaran Pilkada Serentak Tahap I Rp2,86 Miliar dari KPU RI
  • Merasa Bernostalgia, Pangdam I/BB yang Merupakan Putra Prajurit Brimob Berkunjung ke Polda Riau
  • Pekan Depan, Transportasi Selatpanjang - Pekanbaru Via Buton Sudah Normal
  • Ketua TP PKK Siak Minta Kader Berperan Aktif Tekan Dampak Wabah Corona
  • Hadapi Petahana, Kader PKB Rohul Siap Menangkan Hafit Syukri-Erizal di Pilkada Rohul
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved