www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Polres Pelalawan Terima Penghargaan dari DJBC Riau
 
Ini Langkah yang Bakal Diambil LAM Riau Terkait Blok Rokan
Jumat, 11/10/2019 - 14:12:41 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

PEKANBARU- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) berencana akan segera merapatkan barisan dan mengumpulkan elemen-elemen masyarakat untuk membicarakan hal terkait pengelolaan ladang minyak Blok Rokan oleh Daerah.

"Kami berharap, pertemuan itu sudah  dapat dilaksanakan pertengahan pekan depan," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (Ketum DPH LAMR) Datuk Seri Syahril Abubakar, kepada pers, hari Jumat (11/10/2019).

Ia menambahkan, hasrat bertemu dengan elemen masyarakat itu sudah dipikirkan lama, tapi berbagai agenda yang padat dalam sepekan ini, menyebabkan kegiatan itu ditunda.

Menurutnya, tak kurang dari 20 elemen masyarakat menjadi bagian amat penting bagi perjuangan pengelolaan Blok Rokan oleh daerah, khususnya lagi oleh badan usaha yang dibentuk LAMR.

"Merekalah yang memberi mandat kepada LAMR untuk hal tersebut," ungkap Sahril lagi.

Berbekalkan mandat itu, LAMR diterima Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pertengahan Agustus 2018. Hasil pertemuan itu yakni daerah bisa ikut mengelola Blok Rokan, diperkuat oleh pidato Presiden Joko Widodo sesaat setelah diserahkan gelar adat Datuk Seri Setia Amanah oleh LAMR, Desember 2018. Presiden waktu itu kembali menegaskan bahwa daerah diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengelola Blok Rokan.

Patut diakui, berbagai upaya untuk menkonkritkan pernyataan tersebut harus melalui jalan berliku-liku. Puncaknya terjadi pada rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kamis lalu  (3/10/2019).

"Dalam rapat yang dihadiri oleh petinggi perminyakan dan daerah diputuskan bahwa LAMR melalui badan usaha yang dibentuknya dinilai wajar ikut mengelola Blok Rokan. Malahan lembaga ini dilibatkan dalam sisi pengelolaan ladang tersebut antara Chevron dengan Pertamina berkaitan dengan masalah sosial," kata Datuk Seri Syahril.

Disebutkan Datuk Seri Syahril, sebelum rapat itu, pihaknya sudah dua kali bertemu dengan elemen masyarakat. "Jadi bukan sekali yakni rencana pertemuan yang akan datang ini saja," katanya.

Kontrak pengelolaan Blok Rokan antara pemerintah dengan PT Chevron Pasific Indonesia berakhir tahun 2022. Selanjutnya, pemerintah sudah menetapkan Pertamina untuk mengelola ladang tersebut tahun 2018. Sejak itu pula LAMR berupaya agar daerah dilibatkan secara langsung.

Dengan berbagai pertimbangan, LAMR sebagaimana diatur dalam peraturan daerah dan AD/ART LAMR, membentuk badan usaha yang disebut badan usaha milik adat (BUMA). Ini dimaksudkan agar cita-cita perjuangan pengelolaan Blok Rokan untuk kepentingan masyarakat adat maupun pendidikan dapat lebih terjamin. Apalagi sebagaian besar lahan Blok Rokan itu adalah wilayah adat.

Cuma patut digarisbawahi bahwa keterlibatan LAMR dalam pengelolaan Blok Rokan di luar participating interest (PI) 10 persen. "Ada 39 persen bagian pengelolaan bisa diserahkan Pertamina kepada pihak luar termasuk badan usaha milik LAMR. Jadi LAMR tak campur PI 10 persen yang menjadi domain Pemprov," kata Datuk Seri Syahril.

Dengan demikian, ia menambahkan, keikutsertaan LAMR dalam mengelola Blok Rokan itu, tentu mengikuti prosedur sebagaimana mustinya. Segala ketentuan tentu diikuti dengan sebaik-baiknya. "Insa Allah, LAMR siap dari berbagai segi baik dana, teknologi, sumber daya manusia, dan sosial," kata Datuk Seri Syahril.

Penulis : Mimi Purwanti
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala Dinas ESDM Riau, Indra Agus Lukman Pemprov Riau Persiapkan BUMD Kelola Blok Rokan, Kadis ESDM: Silahkan LAM Jika Ingin Terlibat
IlustrasiGubri Diminta segera Berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota
Pertamina laksanakan Lifting Perdana Minyak Mentah Bagian Chevron di Blok Rokan. Acara dipusatkan di Pelabuhan Wharf Chevron Pasific Indonesia Kota Dumai, Selasa (15/1/2019).Pertamina Laksanakan Lifting Perdana Minyak Mentah Bagian Chevron di Blok Rokan
  Ilustrasi.Ini Langkah yang Bakal Diambil LAM Riau Terkait Blok Rokan
Migas.Produksi Minyak Blok Rokan Terus Alami Penurunan Signifikan
Perpanjangan Kontrak Blok Rokan, Chevron Serahkan ke Pemerintah

 
Berita Lainnya :
  • Polres Pelalawan Terima Penghargaan dari DJBC Riau
  • Dihadiri Bupati, Pemkab Pelalawan Gelar Rakor Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla
  • RAPP Gelar Seminar Nasional K3, Pentingnya Jaga Kesehatan Mental dan Bijak Gunakan Gadget
  • BUMDesa Usaha Makmur Desa BIM Peringkat 3 Rohul, Bupati Sukiman Akui Bangga
  • Distan Rohil Ingatkan PPL Bekerja Sesuai Tupoksi dan Jangan Tidur
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Citimall Dumai Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved