www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Lagi, Citilink Indonesia Stop Sementara Penerbangan
 
Layanan Solusi Teknologi IoT Telkomsel Perkuat Transformasi Digital Operasional PT KAI
Minggu, 29 September 2019 - 08:03:29 WIB
Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir, Direktur Pengelolaan Sarana PT. KAI Azahari dan Corporate Deputy Director of Rollingstock PT. KAI Denny Haryanto seusai penandatanganan kerjasama Telkomsel dan PT. KAI saat hari jadi PT. KAI ke-74 di Bandung (28/9).
Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir, Direktur Pengelolaan Sarana PT. KAI Azahari dan Corporate Deputy Director of Rollingstock PT. KAI Denny Haryanto seusai penandatanganan kerjasama Telkomsel dan PT. KAI saat hari jadi PT. KAI ke-74 di Bandung (28/9).

JAKARTA - Telkomsel memperkuat komitmennya dalam mengakselerasikan transformasi digital di berbagai sektor industri melalui implementasi layanan solusi korporasi berbasis teknologi Internet of Things (IoT). 

Kini, layanan solusi korporasi berbasis IoT Telkomsel, dipercaya oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk mentransformasi operasional armada kereta pembangkit milik PT KAI. Kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Telkomsel dan PT KAI hari jadi PT KAI yang ke 74 di Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/9/2019).

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, Telkomsel mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh PT KAI dalam pemanfaatan solusi  inovatif bisnis korporasi berbasis Internet of Things dari Telkomsel. 

Implementasi teknologi IoT milik Telkomsel ke dalam ekosistem digital PT KAI merupakan perwujudan komitmen kami dalam mendukung terwujudnya visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah yang mampu mendorong realisasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. 

"Melalui unit Telkomsel Enterprise, Telkomsel menghadirkan solusi Industrial Internet of Things dengan layanan Intelligent Tank Monitoring System (INTANK) yang kemudian dikembangkan dan dikustomisasi oleh PT KAI dan Telkomsel menjadi solusi baru dengan nama GRAMS, atau Genset Reliability and Availability Monitoring System," jelasnya. 

Solusi ini berfungsi untuk memonitoring performance dan kondisi genset di kereta pembangkit secara real time sehingga dapat dilakukan pencegahanproblem sebelum terjadi dan dapat memprediksi jadwalmaintenance yang akan dilakukan. Sejumlah faktor pada kereta pembangkit yang dapat GRAMS pantau meliputi efisiensi kelistrikan (faktor daya, voltase, arus listrik), kondisi mesin (suhu, tekanan oli, rpm), status dan masa operasi mesin, kondisi baterai, hingga lokasi.

Efisiensi menjadi salah satu aspek penting dalam merevitalisasi industri sebagai upaya untuk mengakselerasikan Revolusi Industri 4.0 di Tanah Air. Maka dari itu, melalui kolaborasi dengan PT KAI, Telkomsel mengimplementasikan teknologi IoT sebagai fondasi efisiensi terhadap aplikasi GRAMS. Hal tersebut dilakukan agar dapat membantu mengakselerasikan revitalisasi sektor transportasi Indonesia, yang dalam hal ini adalah kereta api.

"Dalam implementasinya, INTANK akan menjadi solusi untuk menyajikan informasi dari perangkat pengendali otomatis programmable logic controller (PLC), yang termasuk di dalam ekosistem aplikasi GRAMS, pada kereta pembangkit KAI secara online dan real-time. Penggunaan dari teknologi IoT tersebut mampu meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional PT KAI demi meningkatkan pelayanan bagi seluruh pengguna kereta api di Indonesia," katanya lagi.

Selain mendorong efisiensi pada operasional PT KAI, INTANK juga dapat menghadirkan rasa aman dengan adanya sistem diagnosa untuk membantu meminimalisir biaya tak terduga serta sistem peringatan yang terus berjalan sepanjang hari agar aset yang diawasi senantiasa terjaga. Keamanan memang menjadi salah satu faktor penting dalam penerapan teknologi IoT.

Corporate Deputy Director of Rollingstock PT KAI Denny Haryanto menyampaikan, program ini terwujud dalam rangka meningkatkan Pelayanan yang prima bagi seluruh Pengguna Jasa Kereta Api dan sejalan dengan Program Kerja KAI untuk Digitalisasi di Bidang Sarana (Rollingstock) dengan memanfaatkan Teknologi IoT yang dapat memonitor kondisi dan kesehatan genset selama beroperasi secara online serta real-time sehingga dapat lebih menjamin terselenggaranya Pelayanan yang Prima dan juga mengutamakan aspek Keselamatan. 

"Dalam hal ini, Telkomsel dapat menjawab kebutuhan kami, dengan kerjasama ini kami harap dapat diterapkan di semua jenis Sarana (Rollingstock) yang dimiliki oleh PT. KAI untuk meningkatkan Efisiensi dan Keselamatan Operasional Kereta Api," katanya.

"Menghadirkan layanan dan solusi digital yang komprehensif dan berkelanjutan merupakan komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia. Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan PT KAI untuk membantu produktivitas dan efisiensi PT. KAI dalam melayani pelanggannya serta dapat menginspirasi berbagai industri lainnya untuk mengimplementasikan teknologi digital," tutup Dharma. (rilis)

 

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kasi PLI, Bea Cukai Dumai, Gatot Kuncoro (kiri) memberikan keterangan pemblokiran IMEI HKT ilegal di kantor BC Dumai.Awas Diblokir, Cek IMEI Ponsel Sebelum Beli Jangan Tergiur Harga Miring
Suasana virtual presscon kesiapan jaringan dan layanan Telkomsel jelang periode Ramadhan dan Idul Fitri dengan menggunakan aplikasi CloudX di Jakarta, Selasa (21/4). Foto IST Telkomsel Fokus Hadirkan Kenyamanan Akses Broadband bagi Pelanggan
PT RAPP raih penghargaan sebagai perusahaan Pengguna Jasa Terbaik dari Bea Cukai.Bea Cukai Apresiasi PT RAPP Sebagai Perusahaan Pengguna Jasa Terbaik
  Telkomsel kini hadirkan solusi Mobile Security yang memungkinkan karyawan untuk bekerja #DiRumahTerusAman serta menjaga produktivitasnya di mana pun dan kapan pun. Foto IstTelkomsel Ajak Pelanggan Enterprise Tingkatkan Produktivitas dan Keamanan Saat WFH
Sebagai one-stop digital customer touch point, pelanggan dapat memenuhi seluruh kebutuhannya melalui MyTelkomsel. Jika pelanggan dengan keterbatasan memori ponsel, aplikasi MyTelkomsel yang lebih ringkas yaitu MyTelkomsel Lite. Aplikasi MyTelkomsel Hadirkan Versi Terbaru untuk Tingkatkan User Experience
Direktur HCM Telkomsel, Irfan A. Tachrir saat menjelaskan Connecting Talents & Opportunities in 4.0 Era dalam acara program talk show Talks@Telkomsel di Bandung. Revolusi Industri 4.0 didominasi oleh perubahan yang begitu cepat serta pemanfaatan teknologi digital yang begitu kental. Oleh karena itu, talenta muda perlu menyesuaikan kapabilitasnya sesuai dengan fenomena tersebut.“Talks@Telkomsel”, Diskusikan Kesempatan bagi Talenta Anak Muda untuk Era 4.0

 
Berita Lainnya :
  • Lagi, Citilink Indonesia Stop Sementara Penerbangan
  • Dark Joke Fizi di Serial Upin Ipin Jadi Trending Topic Indonesia
  • DBD di Pekanbaru Capai 380 Kasus, 373 Sembuh 6 Lainnya Masih Dirawat
  • Liga Inggris Sepakat Digelar 17 Juni: Man City vs Arsenal
  • Dapat Setoran Modal Rp255 M, BNI Syariah Naik Jadi Buku III
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved