www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Jika Sembako Tidak Disalurkan, Distributor akan Somasi Pemkab Kepulauan Meranti
 
PHE Terjunkan Personel Atasi Karhutla, Fasilitas Operasi Aman
Rabu, 18 September 2019 - 12:29:14 WIB
Tim Operasi Keadaan Darurat (OKD) PHE Kampar yang didukung personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menangani Karhutla di sekitar wilayah operasi.
Tim Operasi Keadaan Darurat (OKD) PHE Kampar yang didukung personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menangani Karhutla di sekitar wilayah operasi.

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) memastikan titik api akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sekitar wilayah operasi PHE Kampar telah terkendali dan fasilitas produksi berjalan normal.

Sejak 11 September 2019, PHE telah menugaskan 30 Tim Operasi Keadaan Darurat (OKD) PHE Kampar yang didukung 100 personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menangani Karhutla di sekitar wilayah operasi. Mereka sigap mengerahkan peralatan dan logistik untuk memadamkan api di 5 titik sekitar wilayah sumur EKA 19, 27, 34, 47 dan PDK#08 di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.
 
Sejumlah peralatan yang digunakan adalah 2 unit fire truck PHE Kampar dan 3 unit vaccum truck PHE Kampar. Dalam kondisi tertentu di bantu  oleh beberapa unit fire truck dari PEP Lirik serta Perusahaan Sawit.

VP Relation PT Pertamina Hulu Energi, Ifki Sukarya menyatakan saat ini kebakaran di sekitar wilayah operasi PHE Kampar telah tertangani oleh Tim Operasi Keadaan Darurat Penanggulangan Kebakaran PHE Kampar bersama TNI. 

“Sampai saat ini titik api di sekitar fasilitas operasi PHE Kampar telah dapat  dikendalikan dan operasi produksi berjalan normal,”ujar Ifki.

Menurutnya, status penanganan Karhutla masih di level Tier 1 dan tim OKD berada di bawah Komando Field Manager dan General Manager. Ifki menuturkan hingga saat ini, Tim OKD PHE Kampar masih terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan memantau kondisi Karhutla di area sekitar sumur PHE Kampar.

Saat kunjungan kerja Kepala BNPB 11 September 2019, dimana terdapat Karhutla di area sekitar EKA#47, Tim OKD PHE Kampar sedang melakukan pemadaman di lokasi EKA#19 dan PDK#08 yang titik apinya lebih besar dan dekat dengan trafo. Menurutnya, apabila tidak segera teratasi akan menimbulkan potensi bahaya kebakaran yang lebih besar lagi dan shutdown sumur-sumur.

“Seluruh personel, area operasi dan peralatan penanggulangan berada dalam kondisi baik. Kami berharap situasi tetap terjaga aman dan terkendali,”Imbuh Ifki.

Untuk penanganan Karhulta, tambah Ifki, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) 1 juga telah memberikan bantuan kepada BPBD Riau berupa 1 unit refueller di bandara Japura.

Selain itu, Panglima TNI dan Kapolri melalui jajaran TNI/Polri yang ditugaskan di wilayah Dusun Air Kuning Kel. Kerumutan, Kecamatan Kerumutan juga memberikan dukungan penuh dengan meminta personel TNI/Polri untuk membantu masyarakat dari kebakaran dan asap, serta bersama sama menjaga Objek Vital Nasional pertambangan minyak Pertamina.   

“Dukungan dari berbagai pihak seperti TNI, Polri, dan BNPB akan memudahkan untuk mengatasi Karhutla sehingga kami dapat menjaga fasilitas operasi di Kampar,” pungkasnya.

Penulis : Andy Indrayanto
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiKelola Blok Rokan, Pertamina Targetkan Sumbang 60 Persen Produksi Minyak RI
Walikota Dumai ketua gugus tugas Covid-19 Dumai H. Zulkifli As menerima bantuan APD dari Pertamina Dumai.Hingga Medio Mei, Pertamina Peduli Telah Salurkan 1,3 Miliar Bantuan Covid-19 di Riau dan Jambi
Di tengah Pandemi Covid-19 pegawai Pertamina tetap bekerja memenuhi kebutuhan pasokan minyak Nasional.Beroperasi 24/7 di Masa Covid-19, Kilang Pertamina RU II Tetap Komitmen Pasok Kebutuhan Energi Nasional
   Pertamina Dumai melakukan disinfektan ruas jalan Kota Dumai untuk cegah penyebaran virus Corona.Pertamina Dukung Program Disinfeksi Ruas Jalan Kota Dumai Cegah Penularan Covid-19
Pertamina menyerahkan bantuan ke panti asuhan An Nuur Kota DumaiPeringati Nuzulul Quran di Masa Pandemi, Pertamina Santuni 500 Anak Yatim
SPBU.Mahal, Pertamina Disarankan hanya Jual 4 Jenis BBM

 
Berita Lainnya :
  • Jika Sembako Tidak Disalurkan, Distributor akan Somasi Pemkab Kepulauan Meranti
  • Jelang Perayaan Kemerdekaan, Smartfren Hadirkan Konser Virtual Interaktif dari 3 Negara
  • Ketua KNPI Kampar Ikut Tanam Jagung dan Cabai di Parit Baru
  • Kecelakaan Kapal, Dua Nelayan Rohil Masih Dalam Pencarian Tim SAR Gabungan
  • Di Tengah Pandemi Covid-19, Kapal Domestik Bakal Beroperasi Lagi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved