www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Bantuan Infrastruktur Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Pendidikan di Pulau Padang
 
Tingkatkan Sinergisitas, Empat Balai Besar Balitbangtan Adakan Koordinasi
Sabtu, 04 Mei 2019 - 14:44:07 WIB
Foto bersama.
Foto bersama.

JAKARTA - Untuk meningkatkan sinergisitas, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menggelar Rapat Kerja (Raker) Terpadu Empat Balai Besar di Bandar Lampung pada 1-2 Mei 2019. 

Raker bertujuan meningkatkan konsolidasi dan sinergitas potensi sumber daya yang ada pada masing masing Balai Besar, dan agar setiap Balai Besar mampu mengakselerasi perakitan sekaligus hilirisasi inovasi pertanian modern, utamanya dalam mendukung program strategis Kementerian Pertanian (Kementan).

Keempat Balai Besar Balitbangtan yang mengikuti Raker adalah Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BB Mektan), Balai Besar Penelitian dan pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen), dan Balai Besar Penelitian Veteriner (BBalitvet). Empat Balai Besar tersebut memiliki peran strategis dalam konstelasi pembangunan pertanian di Indonesia, khususnya dalam penciptaan teknologi maju (advanced technology) pada era pertanian modern.  Bioteknologi, mekanisasi, nanoteknologi, biosecurity merupakan bidang ilmu yang mampu mengakselerasi penciptaan inovasi dalam mendukung pembangunan pertanian masa depan. 

Ketua Panitia Ir Mastur, MSi, PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraaan Raker bertujuan untuk meningkatkan sinergisme yang berkesinambungan antar unit kerja lingkup Balai Besar, dengan Puslit Komoditas serta dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) seluruh Indonesia agar output, manfaat dan dampak dari inovasi yang dihasilkan mampu mewujudkan visi Kementan dalam meningkatkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani dapat tercapai.

Raker yang mengangkat tema “Konsolidasi Sumber Daya, Akselerasi Perakitan dan Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian Modern Mendukung Program Strategis Kementan” ini dibuka oleh Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. Raker dihadiri 200 orang peserta yang terdiri atas para undangan, yaitu Pemerintah Daerah, DPRD Provinsi Lampung, Kapus/Ka BB lingkup Balitbangtan, Narasumber dan peserta dari UK/UPT lingkup Balitbangtan, yaitu pejabat struktural, koordinator program, ketua kelompok peneliti/perekayasa, peneliti, penyuluh dan perekayasa dan staf administrator.

Fadjry dalam sambutan dan arahannya menyampaikan pentingnya konsolidasi dan sinergisitas antar Balai Besar dalam dalam hal konsolidasi sumber daya, akselerasi perakitan dan hilirisasi inovasi teknologi pertanian modern mendukung program strategis Kementan. “Raker diharapkan agar dapat dilaksanakan secara terpadu meliputi beberapa UK/UPT/satker terkait sehingga menjadi lebih efektif dan efisien,” imbuhnya.

Menurut Fadjry, sudah saatnya Balitbangtan menunjukkan dan mendorong produk-produk inovasi yang dihasilkan diproduksi secara masif agar dikenal dunia luar. Balitbangtan harus bisa menjadi pemimpin dalam penelitian strategis nasional, khususnya untuk komoditas tanaman pangan.

Semua level managemen lingkup Balitbangtan, lanjutnya, harus bijak dalam menyikapi penerapan peraturan yang dinilai kurang mengakomodasi kemanfaatan yang akan diperoleh bagi institusi, serta mampu berpikir secara besar (think big) sehingga mampu membuat terobosan-terobosan besar untuk perubahan dan lompatan besar ke depan.

Fadjry juga mengajak untuk mengedepankan program dan kegiatan corporate lingkup Balitbangtan, dan tidak boleh sendiri-sendiri. Dalam upaya pemerintah untuk memaksimalkan hasil-hasil penelitian tidak hanya didukung oleh peningkatan anggaran, namun ke depan lembaga penelitian harus bersinergi dengan lembaga penelitian lintas kementerian/lembaga lainnya.

“Upaya ini dilakukan agar tidak menciptakan ego sektoral antar lembaga penelitian, sehingga hasil-hasil penelitian mampu menunjang visi dan misi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan petani,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balitbangtan memberikan penghargaan kepada 24 orang PNS berprestasi, yaitu 8 peneliti/perekayasa, 8 teknisi litkayasa serta 8 tenaga fungsional umum. (rilis)

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi: Uang basah.Bagi Warga yang Duitnya​ Rusak Terendam Banjir Bisa Ditukar Gratis Loh !
Penandatanganan Nota Kesepahaman.Jakarta Future Exchange dan Asia Pacific Exchange Teken MoU
Wakil Presiden Jusuf KallaJK Nilai Gagasan Masukkan Maskapai Asing Tak Otomatis Turunkan Tiket Pesawat
  SPBU milik Pertamina.Jakarta Dikepung Banjir, 7 SPBU Pertamina Terpaksa Tutup
Program Serasi Kementan.Serasi, Ujung Tombak Program Kementan
IlustrasiMelalui 4 Mode Transportasi, Telkomsel Berangkatkan 7.000 Pelanggan Mudik Bareng Gratis

 
Berita Lainnya :
  • Bantuan Infrastruktur Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Pendidikan di Pulau Padang
  • Warga Pekanbaru Keluhkan Tagihan Listrik Naik Drastis, Biasa Rp200 Ribu Malah Jadi Rp800 Ribu
  • Begini Bentuk Kursi Pesawat Anti-Corona, Diklaim Aman Buat Penumpang
  • Bahaya Sampah Plastik di Laut
  • Tagihan Listrik Warga Kota Selatpanjang Membengkak, Ini Tanggapan PLN
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved