www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Riau Peringkat Dua Se Indonesia
 
Pipa Transmisi Pertagas Duri - Dumai Alirkan Gas, RU II Dumai Hemat Biaya Operasional hingga 40 Persen
Kamis, 25 April 2019 - 11:24:32 WIB
Kilang minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai.
Kilang minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai.

DUMAI - Proyek pipa transmisi gas Duri-Dumai PT Pertamina Gas atau Pertagas tahap II secara resmi telah mengalirkan gas (gas in) ke Refinery Unit II Dumai PT Pertamina (Persero).

Proyek yang dimulai pembangunannya sejak November 2017 ini, semakin memperkuat komitmen Pertamina grup dalam mendukung pembangunan infrastruktur nasional.

“Kita sudah commisioning per tanggal 14 April 2019,” ujar Corporate Secretary Pertagas, Fitri Erika, Rabu (24/4/2019).

Pada tahap ke II, pipa gas sepanjang 67 km dibangun untuk memenuhi kebutuhan kilang RU II Dumai Pertamina. Untuk sementara, pipa gas transmisi ini akan mengalirkan gas ke RU II Dumai sebesar 22.7 MMSCFD. "Ke depan ram up ke 57 MMSCFD dan maksimal di 170 MMSCFD," jelasnya.
 
Pada tahap I, kata Erika, proyek pipa gas transmisi Duri-Dumai sudah mengalirkan gas ke konsumen PT PGN Tbk, sejak 24 November 2018 lalu. 

“Proyek ini merupakan Pipa Transmisi Open Acces   untuk saat ini pemakainya  hanya  konsumen PGN dan Pertamina RU II Dumai,” ujarnya.

Sementara itu, pasokan gas yang mengalir berasal dari sumber di gas Blok Bentu (dioperasikan oleh PT EMP Tbk), Blok Corridor (dioperasikan oleh ConocoPhillips), dan Blok Jambi Merang (dioperasikan oleh Pertamina).

Proyek pipa transmisi gas Duri-Dumai merupakan KSO (Kerjasama Operasi) antara Pertagas dan PGN. Pipa dengan kapasitas alir 268 MMSCFD ini memiliki diameter 24 inchi.

Konstruksi dilakukan dua tahap.  Pada tahap 1 membentang dari St. Duri ke LBCV 4 (Line Break Control Valve) dan selanjutnya dilanjutkan tahap 2 dari LBCV 4 ke RU II Dumai.

Terpisah Unit Manager Comm. Relations & CSR RU II Dumai Muslim Dharmawan mengatakan, terkait proyek gas in dari Pertagas ini, menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi kilang, khususnya pada aspek pemenuhan bahan bakar operasional kilang.

Sebelumnya, bahan bakar dipasok secara internal dengan menggunakan fuel oil, naptha dan fuel gas yang diproduksi RU II Dumai. Katanya

“Pemanfaatan gas eksternal ini merupakan salah satu strategic initiatives RU II Dumai untuk meningkatkan Gross Refinery Margin yang sejalan dengan estimasi 40 persen penghematan fuel cost," terangnya.

Ditambahkannya, mempersiapkan kilang dalam menggunakan asupan fuel baru, RU II Dumai juga melaksanakan beberapa penyesuaian.
 
Pada fase pertama, RU II mengembangkan Press Reducing System untuk mulai mengalirkan gas eksternal ke kilang sehingga tekanan dapat diturunkan dari 25 kg/cm2g menjadi 6 kg/cm2g dan dapat menyesuaikan sistem fuel gas eksisting yang beroperasi pada 3.5 kg/cm2g.

Diikuti dengan fase 2 yakni pembangunan Gas Treating untuk menyesuaikak kandungan gas dengan sistem fuel gas yang sudah ada.

“Kick off pengerjaan sarfas kami laksanakan pada Juli 2018 dan selesai Maret 2019.  Dan pada 14 April, mulai dijalankan gas in dari Pertagas yang secara bertahap akan mulai disalurkan sebagai fuel ke seluruh unit di Kilang RU II Dumai," pungkasnya.

Penulis : Bambang
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Walikota Dumai ketua gugus tugas Covid-19 Dumai H. Zulkifli As menerima bantuan APD dari Pertamina Dumai.Hingga Medio Mei, Pertamina Peduli Telah Salurkan 1,3 Miliar Bantuan Covid-19 di Riau dan Jambi
Pertamina menyerahkan bantuan ke panti asuhan An Nuur Kota DumaiPeringati Nuzulul Quran di Masa Pandemi, Pertamina Santuni 500 Anak Yatim
Vice President Sumatra Operations PT CPI Nurhasan memberikan bantuan ke Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bengkalis.SKK MIGAS - Chevron Distribusikan Bantuan Covid-19 ke 7 Kabupaten/Kota di Riau
  Walikota Firdaus, Dr Firdaus ST MT didampingi Area Manager EMP Bentu & Korinci Baru Ltd, Yoyok S Purwanto, menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada Camat Tenayan Raya, Indah Vidya Astuti, SSTP di Posko Covid-19 PekanbaruSKK Migas – EMP Bentu & Korinci Baru Ltd Serahkan Bantuan Sembako ke Pemko Pekanbaru
Di tengah Pandemi Covid-19 pegawai Pertamina tetap bekerja memenuhi kebutuhan pasokan minyak Nasional.Beroperasi 24/7 di Masa Covid-19, Kilang Pertamina RU II Tetap Komitmen Pasok Kebutuhan Energi Nasional
SPBU.Mahal, Pertamina Disarankan hanya Jual 4 Jenis BBM

 
Berita Lainnya :
  • Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Riau Peringkat Dua Se Indonesia
  • Peneliti Ungkap Bahaya Virus Corona yang Dapat Merusak Testis
  • Perbaikan JTM, Besok Terjadi Pemadaman Listrik di 27 Desa/Kelurahan Se Bengkalis
  • Penambahan Kasus Kembali Nihil, 1 Pasien Covid-19 Meranti Sembuh
  • Alasan Kulit Balita Jadi Sasaran Empuk Gigitan Nyamuk
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved