www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Ketua PN Bengkalis: Bila Ada yang Keberatan Vonis Bongku Ada Upaya Hukum, Jangan Giring Opini
 
PLN Suplai Listrik ke Perumahan, Pertamina RU II Hemat 1,6 Miliar per-Bulan
Jumat, 22 Februari 2019 - 12:06:30 WIB
Launching pamanfaatan listrik PLN di kawasan Komplek Pertamina RU II Bukit Datuk Dumai.
Launching pamanfaatan listrik PLN di kawasan Komplek Pertamina RU II Bukit Datuk Dumai.

DUMAI - PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai wujudkan sinergi BUMN bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) terkait pemanfaatan listrik PLN di lingkungan Pertamina RU II.

Dari sinergi BUMN ini Pertamina RU II  akan menghemat anggaran hingga Rp 1,6 miliar per-bulan. Penghematan tersebut diperoleh dari pengurangan biaya penyediaan bahan bakar (fuel oil) untuk pembangkit listrik yang digunakan untuk keperluan operasional.

Launching kerjasama dipimpin langsung oleh General Manager Pertamina RU II Nandang Kurnaedi dan turut disaksikan Senior Manager PLN WRKR Busran La Bintang di Kawasan Perumahan Pertamina Bukit Datuk, Kamis (21/2/2019).

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sebelumnya telah ditandatangani oleh Direktur Pengolahan Pertamina Budi Santoso Syarif bersama dengan Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman, di Kantor Pusat PLN di Jakarta Agustus tahun lalu.

Dalam sambutannya, Nandang menyatakan kerjasama antara Pertamina dan PLN di RU II Dumai tahap pertama ini ditandai dengan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) pada tanggal 6 Desember 2018.

Pada tahap awal, PLN memberikan layanan listrik untuk kawasan Bukit Datuk dengan daya 5540 kVA menggunakan tegangan menengah 20 KV.

Selain menghasilkan penghematan biaya penyediaan listrik, Nandang menyatakan kerjasama ini akan memberikan manfaat tambahan bagi kilang RU II yakni penuruan kebutuhan fuel oil yang sebelumnya digunakan untuk menghasilkan listrik, kini dapat diubah menjadi produk yang lebih bernilai seperti solar.

“Sebagai objek vital nasional yang memasok hingga 20 persen kebutuhan energi nasional, kerjasma pemanfaatan listrik PLN ini menjadikan RU II Pertamina dapat lebih fokus melaksanakan operasional dan pemeliharaan Kilang," ungkap Nandang.

Lebih lanjut Nandang menjelaskan, dari sisi efisiensi tentunya perpindahan pasokan listrik dari Kilang RU II ke PLN memberikan efek signifikan secara penghematan biaya.

Menurutnya dengan penggunaan sumber listrik baru ini, penghematan biaya operasional bisa mencapai 1,6 miliar per bulannya atau menurun hingga 25 persen.

“Ke depannya, pemanfaatan listrik PLN ini akan kami lakukan pula di area perkantoran sehingga kami mengaharapkan PLN bisa terus mengembangkan jaringan dan kualitas listriknya sehingga pasokan listrik benar-benar handal dan dapat menunjang efisiensi operasional kilang," tambah Nandang.

Menanggapi hal tersebut, Senior Manager Niaga PLN WRKR Busran La Bintang menegaskan akan memberi pelayanan prima kepada Pertamina sehingga mendukung efektifitas operasional kilang dalam memenuhi kebutuhan energi Nasional.

Dengan paket kerjasama yang dilakukan, PLN telah menyiapkan strategi khusus dalam supply tenaga listrik yang dialokasikan dari 2 gardu induk yakni gardu induk Pelintung dan Purnama.

"Intinya support full akan kami berikan kepada Pertamina sebagai wujud impelentasi sinergi BUMN. Ke depannya kami siap untuk melakukan kerjasama tahap selanjutnya dengan kehandalan jaringan listrik kami yang sudah mencakup seluruh area Riau dan Kepulauan Riau hingga seluruh Indonesia," pungkas Busran.

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kasi PLI, Bea Cukai Dumai, Gatot Kuncoro (kiri) memberikan keterangan pemblokiran IMEI HKT ilegal di kantor BC Dumai.Awas Diblokir, Cek IMEI Ponsel Sebelum Beli Jangan Tergiur Harga Miring
Tol Permai.Tol Permai Bisa Potong Waktu Perjalanan 6 Jam Pekanbaru-Dumai Jadi Cuma 3 Jam Saja
Pertamina menyerahkan bantuan ke panti asuhan An Nuur Kota DumaiPeringati Nuzulul Quran di Masa Pandemi, Pertamina Santuni 500 Anak Yatim
  Pertamina salurkan Rp420 juta pinjaman modal untuk usaha kecil dan mikro di DumaiPertamina Salurkan RP420 Juta Pinjaman Modal untuk Usaha Kecil dan Mikro di Dumai
Walikota Dumai ketua gugus tugas Covid-19 Dumai H. Zulkifli As menerima bantuan APD dari Pertamina Dumai.Hingga Medio Mei, Pertamina Peduli Telah Salurkan 1,3 Miliar Bantuan Covid-19 di Riau dan Jambi
Di tengah Pandemi Covid-19 pegawai Pertamina tetap bekerja memenuhi kebutuhan pasokan minyak Nasional.Beroperasi 24/7 di Masa Covid-19, Kilang Pertamina RU II Tetap Komitmen Pasok Kebutuhan Energi Nasional

 
Berita Lainnya :
  • Ketua PN Bengkalis: Bila Ada yang Keberatan Vonis Bongku Ada Upaya Hukum, Jangan Giring Opini
  • Masih Tahap Penyelidikan, Dugaan Penyimpangan Proyek Jalan di Meranti Diusut Kejati Riau
  • Sempat Ditemukan Belatung, Ikan Kalengan Bantuan Pemkab Meranti Ditarik dan Diganti
  • Lebaran di Tengah Covid-19, Trafik Data XL Axiata Naik 25%
  • Ikuti Rapat Paripurna Ranperda RDTR Kawasan Perkotaan Siak, Bupati Apresiasi Dukungan Pansus DPRD
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved