www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pelajar Luka-luka Tersambar Petir saat Main HP sambil Dicas
 
OJK Nyatakan Kinerja Sektor Keuangan Sepanjang 2018 Positif
Kamis, 17/01/2019 - 11:00:30 WIB
OJK.
OJK.

PEKANBARU - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan stabilitas sektor jasa keuangan selama 2018 dalam keadaan terjaga dan optimis tren positif kinerja sektor keuangan akan berlanjut di 2019.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, sepanjang tahun 2018, kondisi perekonomian nasional terpantau sehat dan stabil, yang tercermin di antaranya dari ekonomi nasional tumbuh sekitar 5,15 persen dan inflasi terkendali di level 3,13 persen.

"Sektor jasa keuangan juga tercatat stabil dan sehat, yang merupakan modal penting bagi industri jasa keuangan untuk dapat tumbuh lebih baik dan meningkatkan perannya sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi," kata Wimboh, Rabu (16/1/2019).

Dikatakannya, OJK memahami bahwa tantangan yang dihadapi pada tahun 2019 tidak lebih mudah dibanding 2018. Untuk itu, OJK akan terus berusaha memfasilitasi dan memberikan kemudahan dalam mendukung sektor-sektor prioritas pemerintah, melalui kebijakan dan inisiatif yang akan difokuskan pada lima area.

Pada 2018 OJK mencatat intermediasi sektor keuangan dapat terjaga dengan baik, seperti pada angka pertumbuhan kredit perbankan yang terus melanjutkan tren peningkatan sebesar 12,9 persen, tumbuh signifikan dibandingkan 2017 sebesar 8,24 persen. Demikian juga kinerja intermediasi lembaga pembiayaan, yang diperkirakan tumbuh di sekitar 6 persen.

"Capaian 2018 lalu, merupakan modal penting bagi industri jasa keuangan untuk tumbuh lebih baik dan meningkatkan perannya sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi dan katalis keberhasilan reformasi struktural," sebutnya.

Masih kata Wimboh, untuk 2019 OJK optimis tren perbaikan perekonomian dan kinerja sektor jasa keuangan yang positif akan terus berlangsung. Perekonomian diperkirakan mampu tumbuh 5,3 persen dengan inflasi yang terjaga relatif rendah di level 3,5 persen.

Kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan diperkirakan tumbuh kuat dengan pertumbuhan kredit perbankan di kisaran 13,1 persen dengan Rasio NPL diproyeksi turun di akhir tahun 2019. Pertumbuhan dana pihak ketiga diperkirakan meningkat jadi 8-10 persen.

Optimisme ini juga turut diperlihatkan oleh pelaku perbankan yang tercermin dalam Rencana Bisnis Bank 2019, yang menargetkan ekspansi kredit dan Dana Pihak Ketiga masing-masing sebesar 12,06 persen dan 11,49 persen.

Di pasar modal, OJK memproyeksi tambahan 75-100 emiten baru di tahun 2019, yang akan di dominasi oleh emisi obligasi atau suku korporasi, dengan penghimpunan dana diperkirakan berkisar Rp200 triliun sampai Rp250 triliun.

Di Industri Keuangan Non Bank, pertumbuhan aset asuransi jiwa dan asuransi umum masing-masing diperkirakan tumbuh sebesar 10-13 persen dan 14-17 persen. Aset perusahaan pembiayaan tumbuh 8-11 persen. Sementara, aset dana pensiun diperkirakan tumbuh moderat, sekitar 7-9 persen untuk Dana Pensiun Pemberi Kerja dan sekitar 13-16 persen untuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Penulis: Novi Kawandi
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Bank Riau KepriOJK Riau Minta Bank Riau Kepri segera Serahkan Berkas Calon Dirut
Media Gathering OJK Riau diisi dengan diskusi yang hadirkan narasumber dari OJK dan BroSisPKU.OJK Riau Gelar Media Gathering dengan Wartawan Pekanbaru
Waspada Fintech Ilegal.OJK Terus Ingatkan Warga Bahaya Gunakan Jasa Fintech Ilegal, Ada yang Foto Bugil Disebar
  BRKUji Kelayakan dan Kepatutan, OJK Belum Terima Nama Calon Komut dan Dirut BRK
Penandatanganan Nota Kesepahaman.Jakarta Future Exchange dan Asia Pacific Exchange Teken MoU
IlustrasiSri Mulyani Usulkan Kenaikan Iuran BPJS 100 Persen, Solusi Tambal Defisit BPJS

 
Berita Lainnya :
  • Pelajar Luka-luka Tersambar Petir saat Main HP sambil Dicas
  • Sempat Kabur, Pria Pemilik Sabu Akhirnya Digelandang ke Polsek Kelayang
  • Terabaikan, Kubangan Berlumpur di Jalan Pinang Ujung Pangkalan Kerinci Ini Tak Pernah Tersentuh Pembangunan
  • Hadir di Pekanbaru, Suzuki XL7 Berikan Pengalaman Berkendara Luar Biasa
  • Tersesat 34 Hari di Hutan, Ibu dan Anak Ini Bertahan Hidup Makan Buah Liar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    APPI Riau Gelar Forum Grup Discussion
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved