www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pemilihan Ketua RW 12 Limbungan Baru Diulang, Camat Sebut Panitia Tak Mengacu Perwako
 
Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik Timur
Minggu, 14/10/2018 - 11:39:33 WIB
Foto : Kompas
Foto : Kompas

NUSA DUA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Tahun 2018 di Asia Pasifik Timur. Penghargaan ini diberikan di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (14/10/2018) malam.

Dilansir dari kompas.com, Anugerah Finance Minister of the Year East Asia Pacific ini diberikan atas kiprah Sri Mulyani mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang saat kembali menjabat Menkeu kedua kalinya. Kebijakan Sri Mulyani dianggap kredibel dan efektif.

Penghargaan ini diberikan oleh majalah Global Markets adalah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional.

Seperti ditulis Global Markets, Sri Mulyani mendapat tantangan terbesarnya saat datang kembali. Perekonomian Indonesia menawarkan potensi besar tetapi memberikan beban persoalan yang serius bagi Kementerian Keuangan.

Pengumpulan pajak telah lama menjadi masalah di Indonesia, namun pemerintah juga berjuang untuk membelanjakan uangnya.

“Bagi kami, reformasi di bidang perpajakan bukanlah kemewahan maupun pilihan. Itu adalah keharusan. Kita bersama dengan komunitas global berkomitmen dengan automatic exchange of information (AEOI) dan berkoordinasi dengan negara-negara untuk menghindari BEPS (Base Erotion and Profit Shifting). Kita terus berupaya meningkatkan kepatuhan pembayar pajak di Indonesia. Tidak ada negosiasi,” ujar Sri Mulyani saat menerima penghargaan.

Menurut Sri Mulyani, kebijakan fiskal dan anggaran negara, yang merupakan dua alat fundamental Kementerian Keuangan untuk mengarahkan pembangunan ekonomi, harus dapat dipercaya dan menjadi tulang punggung reformasi kebijakan.

“Dengan sinergi dan dukungan berbagai pemangku kepentingan, reformasi fiskal dapat dipertahankan dalam tiga aspek penting dari anggaran negara Indonesia, yaitu pendapatan, pengeluaran, dan pembiayaan. Semua bertujuan untuk membangun anggaran negara yang lebih sehat, penuh kehati-hatian, dan lebih produktif,” jelas Sri Mulyani.

Menurut Global Markets, Sri Mulyani telah mengatasi dua persoalan, yaitu pengumpulan pajak dan penyerapan anggaran pemerintah. Sri Mulyani juga berperan mengurangi kemiskinan, isu yang menjadi perhatian besarnya.

Sri Mulyani sebelumnya juga telah memperoleh beberapa penghargaan seperti Menteri Keuangan terbaik Asia 2006 oleh Emerging Markets Forum di Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF, Singapura 2006 dan Menteri Keuangan terbaik 2006 oleh majalah Euromoney. Ia juga dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes 2008, dan terakhir dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia pada World Government Summit di Dubai Februari 2018. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto bersama. Tingkatkan Sinergisitas, Empat Balai Besar Balitbangtan Adakan Koordinasi
Balitbangtan kembangkan pajale di lahan sawit yang ada di Kebun Sarolangun, Jambi.Balitbangtan Kembangkan Pajale di Lahan Sawit
Foto : KompasSri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik Timur
  Bimtek pasca panen untuk petani yang dilaksanakan di Bogor.Beri Nilai Tambah, Balitbangtan Latih Petani Cabai
IlustrasiUtang Pemerintah hingga Oktober 2018 Capai Rp 333,7 Triliun
Managing Director IMF Christine Lagarde menyaksikan musikus memainkan sasando saat berkunjung ke Paviliun Indonesia di arena pertemuan IMF-Bank Dunia, Bali, Rabu (10/10). Christine terpesona dengan berbagai budaya Nusantara. Foto : Liputan6IMF Ingatkan Risiko Utang Global dan Kerentanan Utang

 
Berita Lainnya :
  • Pemilihan Ketua RW 12 Limbungan Baru Diulang, Camat Sebut Panitia Tak Mengacu Perwako
  • Dampak Virus Corona Ekonomi Masyarakat Goyang, Pemko Pekanbaru Diminta Turunkan Bantuan
  • Imbas Lockdown Malaysia, Ribuan TKI Pilih Pulang ke Indonesia
  • DPC Partai Demokrat Rohul Bantu 42 Paket APD ke IDI dan Bagi 400 Sembako ke Warga
  • PKB Bengkalis Semprotkan Disinfectant di Kantor PWI
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    AET Travel PT Penjuru Wisata Negeri Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved