www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


PT KPI Sei Pakning Ajak Akademisi Peduli Lahan Gambut
Jumat, 07 Oktober 2022 - 17:48:02 WIB
PT KPI RU Sei Pakning telah menginisiasi program pengelolaan lahan gambut salahsatunya dibidang pertanian.(foto: bambang/halloriau.com)
PT KPI RU Sei Pakning telah menginisiasi program pengelolaan lahan gambut salahsatunya dibidang pertanian.(foto: bambang/halloriau.com)

Baca juga:

BPP Bengkalis Gelar Diseminasi Hasil Riset Mengurangi Prevalensi Stunting
TP BRGM DLHK Riau Bangun 37 Sekat Kanal Baru Sepanjang Tahun Ini
Bukan Cuma Rohil, 2 Hektare Lahan Gambut di Kuala Kampar Pelalawan Terbakar

DUMAI - Sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kepedulian dan kecintaan mahasiswa terhadap lahan gambut, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) Sei Pakning bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Riau (Unri) menyelenggarakan seminar nasional, Selasa (4/10/2022).

Seminar nasional yang dilaksanakan secara daring ini mengangkat tema Quo Vadis Restorasi Gambut di Indonesia Tantangan dan Peluang Menuju Ekosistem Gambut Berkelanjutan.

Tujuannya adalah untuk peningkatan literasi dan minat para akademisi untuk turut andil dalam penanganan kerusakan gambut, peningkatan kerjasama dengan stakeholders, serta sebagai langkah nyata bersama-sama memberikan ide dan gagasan dalam pengelolaan gambut.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Nurhidayanto menjelaskan, PT KPI RU Sei Pakning telah lama memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) terkait pengelolaan lahan gambut. Hal ini juga sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang diterapkan di PT KPI.

"PT KPI RU sei pakning telah menginisiasi banyak program mengenai pengelolaan lahan gambut, mulai dari revitalisasi dan konservasi kawasan mangrove pesisir gambut, pertanian lahan gambut ramah lingkungan, hingga pengolahan air gambut. Semua program tersebut dibalut dengan tajuk kilau permata pesisir gambut," jelas Nurhidayanto.

Seperti yang dijelaskan Manager Production Sei Pakning, Antoni R Doloksaribu dalam seminar tersebut, PT KPI RU Sei Pakning bersama masyarakat dan stakeholder terkait berhasil mengembangkan inovasi sosial berupa Triangle Mangrove Barrier (Trimba) yang berfungsi untuk menahan ombak, menangkap sedimen, hingga mendukung pertumbuhan bibit mangrove di pesisir. Mangrove Education Center juga dibangun sebagai pusat kegiatan masyarakat.

Selain itu, lanjut Antoni, inovasi sosial juga timbul untuk mengatasi permasalahan air bersih dan sanitasi yang layak bagi masyarakat, yaitu berupa Filtrasi Air Gambut (Filagam) yang berfungsi untuk mengolah sumber air baku menjadi air bersih.

Permasalahan di pesisir gambut tidak akan selesai jika tidak melestarikan wilayah daratan. Oleh karena itu, PT KPI RU Sei Pakning juga menginisiasi program Pertanian Lahan Gambut Ramah Lingkungan dengan inovasi Poligowo untuk metode penanaman serta inovasi alat injeksi pupuk FERIN agar pemupukan dua kali lebih cepat.

"PT KPI RU sei pakning berupaya untuk membuat inovasi program CSR berdasarkan permasalahan yang ditemui di lapangan sehingga hasilnya bisa memberikan dampak besar bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," sambung Antoni.

Selain Antoni R Doloksaribu, hadir pula pembicara lain seperti Dr Afni Zulkifli selaku Staf Ahli KLHK dan Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Unilak yang membawakan materi tentang Kebijakan Tata Kelola Gambut untuk Keadilan Ekologis dan Sosial, Dr Febri Yuliani SSos MSi selaku Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Fisipol Unri, serta Muhammad Ichsan Kabullah SIP MPA selaku Dosen Universitas Andalas.

"Apresiasi kami sampaikan kepada universitas riau serta seluruh narasumber dan peserta yang hadir pada seminar nasional kali ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semakin banyak praktisi dan universitas yang mendukung secara aktif pelestarian gambut di indonesia agar tetap lestari," tutup Antoni.

Penulis: Bambang
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Tersangka AM dan MT saat diamankan di Mapolsek Peranap.(foto: andri/halloriau.com)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Bupati Pelalawan, Zukri Misran saat hadiri magrib mengaji di Komplek Townsite II RAPP.(foto: andi/halloriau.com)Hadiri Magrib Mengaji di Townsite II RAPP, Ini Kata Bupati Pelalawan
Riau cerah hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah, Suhu 34°C
Anggota Bawaslu Kepulauan Meranti Rio Andika, M.Pd dan M. Hafit, S.Sos saat menyampaikan hasil pengawasan coklit pada Rapat Koordinasi Evaluasi Pengawasan Coklit Daftar Pemilih di Bawaslu Provinsi RiauKoordinasi Inten Dalam Pengawasan Coklit Pilkada Serentak 2024
Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal MIP.Jelang PSU, Ini Strategi Bawaslu Meranti untuk Mencegah Pelanggaran
  Ilustrasi harga emas Antam di Pekanbaru masih stagnan hari ini (foto/int)Harga Emas Antam di Pekanbaru Masih Stagnan, Ada Potensi Melonjak?
Titik panas di Riau hari ini yang tertinggi di Sumatera.(ilustrasi/int)Curah Hujan Menurun, Riau Menyala dengan 27 Titik Panas Pagi ini
Ketua Bawaslu, Syamsurizal saat Hadiri Rakornas di Medan.Mantabkan Persiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera
Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti, Iptu. Yhon Mabel, S.Tr.K., S.I.K., M.H.Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti Datangi Desa Tanjung Peranap
ilustrasi.Gugatan PKB Dikabulkan, MK Perintahkan KPU Lakukan PSU di TPS 002 Tanjungperanap Meranti
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved