www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Hadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Master Plan Rampung, Program Dumai Smart City Siap Dijalankan
Selasa, 27 September 2022 - 16:35:35 WIB
Walikota Dumai H Paisal foto bersama usai menutup Bimtek tahap IV penyusunan Masterplan Smart City Kota Dumai di gebung Pendopo,  Selasa (27/9/2022).(foto: bambang/halloriau.com)
Walikota Dumai H Paisal foto bersama usai menutup Bimtek tahap IV penyusunan Masterplan Smart City Kota Dumai di gebung Pendopo, Selasa (27/9/2022).(foto: bambang/halloriau.com)

DUMAI - Kota Dumai terpilih menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang masuk dalam program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2023 Kemenkominfo RI.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Masterplan Smart City & Quick Win sudah dilaksanakan sebanyak 4 tahapan, sejak Juni 2022 lalu dan ditutup secara resmi oleh Walikota Dumai H Paisal di Gedung Pendopo Kota Dumai, Selasa (27/9/2022).

Penutupan bimtek itu ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama Dumai menuju Kota Pintar (smart city) oleh Walikota Dumai H Paisal, DPRD Kota Dumai, unsur Forkopimda Dumai, Asisten, Kepala OPD, Camat di lingkungan Pemko Dumai dan pimpinan BUMD di Dumai.

Kadiskominfotiksan Dumai H Khairil Adli mengungkapkan, bimtek dilaksanakan untuk menyusun masterplan Smart city Kota Dumai.

"Bimtek tersebut telah dilaksanakan sebanyak 4 tahapan, dimulai sejak Juni 2022 lalu dan berakhir pada hari ini Selasa (27/9/2022) yang ditutup secara resmi oleh Walikota Dumai," kata Adli.

Lanjutnya, akhir dari Bintek penyusunan masterplan Smart City, telah disepakati beberapa program untuk mendukung smart city di Kota Dumai yang akan dijalankan bersama untuk jangka waktu 1 tahun, 5 tahun hingga 10 tahun kedepan.

Lebih lanjut, Adli menjelaskan, Smart City merupakan penerapan dan pengimplementasian teknologi, informasi dan komunikasi secara inovatif, efektif dan efisien yang terintegrasi dengan menghubungkan infrastruktur fisik ekonomi dan sosial dalam sebuah daerah sehingga mampu meningkatkan pelayanan dan mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan sejahtera.

Untuk mendukung Smart City, Pemko Dumai menghadirkan narasumber dari Kemenkominfo RI Dr Kristoko Dwi Hartomo SKom MKom yang juga sebagainya ahli dalam penyusunan masterplan Smart City di Dumai.

Sementara, Dr Kristoko Dwi Hartomo mengatakan, Kota Dumai merupakan salah satu dari 50 kabupaten/kota yang terpilih dalam proses seleksi oleh Kemenkominfo, dan juga satu-satunya daerah di Provinsi Riau yang terpilih untuk menyusun masterplan kota smart city.

Dalam pelaksanaannya, tim ahli pembimbing, telah menghasilkan 4 draft buku, berisi analisis strategis Smart City Kota Dumai, dalam 5-10 tahun ke depan, kesiapan Kota Dumai dalam menyongsong perkembangan baik lokal ataupun secara global.

"Dengan Master Plan Smart City Kota Dumai, akan menentukan arah pembangunan kota cerdas kedepan, sesuai dengan perkembangan teknologi, perkembangan masyarakat dan lingkungan. Kesiapan infrastruktur dan aplikasi-aplikasi yang diperlukan, literasi kepada masyarakat dan kerjasama stakeholder terkait, semoga semua berjalan dengan baik kedepan," ungkapnya.

Kristiko menambahkan, Kota Dumai telah menghasilkan 6 tema besar yaitu quick win smart city dari tiga kali pelaksanaan bimtek, yaitu Si-Lawo (Smart Governance), Kampung Kuliner (Smart Branding), Si-Naker (Smart Economy), Sakti Q-RIS (Smart Living), Pengolahan Air Bersih dari Air Gambut (Smart Society) dan Khidmat Kebersihan (Smart Environment).

Walikota Dumai H Paisal memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Kominfo atas terlaksananya Bimtek yang dilaksanakan sebanyak 4 tahap dalam 4 bulan terakhir, dengan pendampingan dari Tenaga Ahli Smart City serta melibatkan Tim Pelaksana dan Dewan Kota Cerdas, sehingga telah tersusun dokumen masterplan Kota Dumai.

Lanjutnya, keterlibatan semua pihak dalam mewujudkan smart city menjadi kunci sukses berhasil tidaknya penerapan smart city di Kota Dumai. "Alhamdulillah, terimakasih kepada segenap stakeholder dan OPD terkait dapat ikut terlibat aktif dalam penyusunan dokumen masterplan Smart City Kota Dumai, mulai bimtek pertama sampai kepada bimtek keempat atau bimtek yang terakhir," pungkasnya.

Penulis: Bambang
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ketua Umum DPP GM BKAG, Samuel MarpaungHadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Ilustrasi.(int)Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Ruas jalan dalam Kota Pekanbaru rute TDSi 2022 ditutup sementara besok.(foto: bayu/halloriau.com)Besok City Race Pekanbaru, Mulai Jam 9 Rute Etape III TDSi 2022 Ditutup Sementara
Peserta TDSi Etape II melintas di Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.(foto: mcr)Warga Tenayan Raya Antusias Sambut Peserta TDSi 2022 di Etape II
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.(foto: int)Argentina Bakal Menang Meyakinkan Hadapi Australia Dini Hari Nanti
  Ilustrasi.(int)Gemini Harus Lebih Tenang, Pisces Tegas Jangan Mau Dimanfaatkan
Ilustrasi.(int)Cuaca Pekanbaru Hari ini Cerah, Pebalap Bakal Nyaman Gowes Etape III TDSi 2022
Ilustrasi.(int)CFD Pekanbaru Tetap Digelar Sampai Jam 9, Ini Rute TDSi 2022 Etape III
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)Hari Bhakti ke-77 PU, Gubri: Peresmian SPAM Durolis Tunggu Menteri PUPR
Telkomsel melakukan pengembangan dan perubahan layanan MyAds yang meliputi tampilan website, article page, offdeck display banner, report & insight campaign, dan diskon khusus komunitas.(foto: istimewa)Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru untuk Pengalaman Terbaik Beriklan Digital
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved