www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Mitigasi Kebakaran Tangki Akibat Kondisi Alam, PT KPI RU II Pasang Lightning Protection System
Senin, 29 Agustus 2022 - 10:10:17 WIB
PT KPI Dumai launching penangkal petir atau LPS sebagai langkah mitigasi kebakaran tangki akibat kondisi alam (foto/int)
PT KPI Dumai launching penangkal petir atau LPS sebagai langkah mitigasi kebakaran tangki akibat kondisi alam (foto/int)

DUMAI- Sebagai langkah mitigasi kebakaran tangki akibat kondisi alam khususnya sambaran petir, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai pasang Lightning Protection System di 30 titik di area kilang Dumai dan Sungai Pakning.

Penangkal petir atau Lightning Protection System (LPS) adalah suatu alat atau sistem rangkaian yang berfungsi untuk menangkap sambaran petir dan kemudian mengalirkan energi listrik dari sambaran petir tersebut ke Bumi.

Pekerjaan instalasi LPS ini merupakan salah satu rencana kerja utama PT KPI RU Dumai untuk peningkatan aspek safety dan pelaksanaan program Accelerated Preventive Response (APR) serta sebagai langkah tindak lanjut lesson learn dari kejadian di RU Cilacap dan RU Balongan.

Dalam laporannya, Manager Maintenance Execution, Ronald Pasaribu, mengatakan bahwa pekerjaan instalasi LPS ini sudah dimulai sejak 21 Maret 2022 lalu di 30 titik, yaitu 27 titik di area kilang Dumai dan 3 titik di area kilang Sei Pakning.

"Ketinggian tiang LPS adalah 36 meter dan 40 meter dengan sebaran titik instalasi pada area tank farm dan area proses, sesuai dengan koordinat pada assessment LAPI-ITB," ujar Ronald Pasaribu, Senin (29/8/2022).

Ronald Pasaribu melanjutkan bahwa pekerjaan instalasi LPS dengan risiko ketinggian ini dapat berlangsung dengan zero accident berkat sinergi dan ketaatan aspek safety antara kontraktor pelaksana, direksi pengawas, serta fungsi lain di internal RU Dumai yang terkait.

Dirinya memaparkan bahwa pekerjaan ini secara design dan quality telah memenuhi design dan quality acceptance dari Prof. Zoro selaku Tenaga Ahli Petir Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan commissioning yang dilaksanakan langsung oleh Prof Zoro dan team yang menyatakan "Accepted".

‎Seremonial selesainya pemasangan 30 titik LPS ditandai dengan pembunyian sirine oleh Pjs. General Manager RU II, Khabibullah Khanafie, pada Jumat (26/8) di Campo Blending-Oil Movement.

Hadir pula pada kesempatan tersebut jajaran tim manajemen PT KPI RU Dumai, Prof. Reynaldo Zoro selaku pakar petir Indonesia, serta VP Operation & Maintenance PT PBAS, Chudori.

Disamping itu sebagai bentuk rasa syukur atas selesainya pekerjaan tersebut, PT KPI RU Dumai secara simbolis memberikan santunan kepada Panti Asuhan Anak Yatim Piatu dan juga kepada perwakilan mitra kerja serta pekerja kontraktor yang terlibat dalam pekerjaan ini.

Khabibullah Khanafie mengapresiasi gerak cepat dan upaya sigap semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian pekerjaan pemasangan LPS pada titik koordinat yang telah ditentukan sesuai dengan Laporan Assessment Proteksi Petir oleh LAPI-ITB.

"Apresiasi kami sampaikan untuk Maintenance Execution sebagai pengawas dan PT PBAS sebagai kontraktor pelaksana atas kerja aman-nya (on safety). Apresiasi juga disampaikan atas penyelesaian pekerjaan yang sesuai standar (on quality), serta kepada semua fungsi internal PT KPI RU Dumai yang terlibat dalam pembangunan 30 tower LPS ini dari awal inisiasi pekerjaan hingga pekerjaan ini selesai," ujar Khabibullah Khanafie.

"Semoga dengan pembangunan LPS ini, PT KPI RU Dumai dan Sei Pakning semakin andal dan bisa menjadi garda terdepan untuk kemandirian enegi nasional serta meningkatkan daya saing global," tutupnya. (*)

Penulis: Bambang
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Seorang Polantas di lokasi kejadian kecelakaan maut Bus PMH vs motor di Simpang Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru.(foto: bayu/halloriau.com)Bus PMH vs Motor di Simpang Pasar Pagi Arengka Pekanbaru, Satu Orang Tewas
Dirjen Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika menyerahkan penghargaan kepada Head of Government Relations APRIL, Henky Setiawan Budyanto.(foto: istimewa)Terapkan Prinsip Industri Hijau, APRIL Kembali Terima Penghargaan dari Kemenperin
Kegiatan Goes to Campus Yayasan Rizki Bakti Negeri di Kampus UIN Suska Riau.(foto: diana/halloriau.com)Edukasi Ekonomi dan Kesehatan, Yayasan Rizki Bakti Negeri Goes to Campus di UIN Suska Riau
Ilustrasi.(int)Sore ini 23 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, 7 di Riau
  Ilustrasi.(int)Dapat Dana Hibah dari AS, Riau Bakal Bangun Jalan dan Dermaga Baru di Pulau Rupat
Dekan FEB UIR Dr Hj Eva Sundari SE MM CRBC, Wakil Direktur I Pascasarjana UIR Dr H Efendi Ibnususilo SH MH dan Wakil Dekan III FEB UIR Dr H Zulhelmy SE MSi AK CA ACPA saat menerima SK Mendikbudristekdikti untuk Prodi Magister Akuntansi.(foto: istimewa)Direstui Mendikbud, UIR Resmi Memiliki Prodi Magister Akuntansi
SVP-Head of Region Sumatera IOH, Fahd Yudhanegoro (kiri) dalam Collabonation Tour Medan.(foto: istimewa)Collabonation Tour Medan Hadirkan Isyana Sarasvati, Kunto Aji, dan Tuan TigaBelas
Ilustrasi.(int)Gajah Liar di Tol Pekanbaru-Dumai Bakal Dipasangi Kalung GPS dari Afrika
DLHK Riau berikan Jasa Prestasi untuk Sekolah Adiwiyata di Riau Expo 2022.(foto: mcr)DLHK Riau Kucurkan Rp92 Juta untuk 23 Sekolah Adiwiyata
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved