www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
DKPP Dumai Sudah Suntikkan 1.400 Vaksin PMK Tahap II
Selasa, 09 Agustus 2022 - 21:13:34 WIB
Tim Satgas PMK Dumai menyuntikkan vaksin PMK untuk hewan ternak.(foto: bambang/halloriau.com)
Tim Satgas PMK Dumai menyuntikkan vaksin PMK untuk hewan ternak.(foto: bambang/halloriau.com)

DUMAI - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai telah menyuntikkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap II kepada 1.400 hewan ternak jenis sapi.

Vaksin PMK untuk hewan ternak berkuku belah sebagai upaya mencegah penularan pada hewan ternak di Kota Dumai.

Kepala DKPP Kota Dumai, Nurzerwan melalui Kasi Kesehatan Hewan DKPP Dumai, DRH Rizqi Munarok mengungkapkan, untuk vaksin PMK tahap kedua dari Kementerian sebanyak 1.400 vaksin, sudah disuntikan seluruhnya.

"Penyuntikan vaksin tahap kedua sudah dimulai sejak Selasa (2/8/2022), dan saat ini Selasa (9/8/2022), sudah selesai dilaksanakan," kata Rizqi Munarok.

"Vaksinasi tahap II, sudah disuntikan kepada kelompok peternak yang berada dibinaan DKPP Dumai dan untuk individu belum bisa dilaksanakan karena keterbatasan dari vaksin itu sendiri," terangnya.

Rizqi mengaku, saat ini pihaknya masih menunggu vaksinasi PMK tahap III. Secara keseluruhan, Dumai membutuhkan sekitar 5.000 vaksin, agar hewan ternak baik milik kelompok maupun masyarakat dapat divaksinasi. "5.000 dosis vaksin itu hanya terpenuhi untuk hewan sapi atau kerbau saja, tidak termasuk kambing dan domba," sebutnya.

"Target utama dilakukan vaksinasi ini adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi hewan ternak, jika ada ditemukan hewan ternak yang terinfeksi PMK, setidaknya penyebaran bisa dihentikan dengan vaksinasi," harapnya.

Ia menuturkan, hingga saat ini Tim Satgas PMK Dumai ‎terus mengawasi hewan ternak, serta memperketat terhadap lalu lintas keluar masuk hewan berkuku genap atau belah yang sangat rentan terhadap penyakit PMK.

Tim Satgas PMK Dumai, juga gencar melakukan pengambilan sampel untuk memastikan hewan ternak berkuku belah aman dari PMK, dan jika ditemukan bisa segera diambil langkah cepat dan akurat, agar penyebaran tidak terjadi.

"Kepada peternak agar selalu waspada dan cepat tanggap terhadap hewan ternaknya, apabila ada gejala mencurigakan terhadap hewat ternak segera laporkan kepada Dokter hewan, atau Dinas terkait," pungkasnya.

Penulis: Bambang
Editor: Barkah

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Bupati Meranti, H M Adil melakukan MoU PPID Meranti.(foto: istimewa)Bupati dan OPD Pemkab Meranti MoU Dorong Keterbukaan Informasi Publik
Pembukaan sosialisasi PMK di Kabupaten Kepulauan MerantiSosialisasi Cegah PMK dibuka Kalaksa BPBD Riau, Meranti masih Zero Case
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Ketua DPC Gerindra Rohil Syafrudin IputSyafrudin Iput Ungkap Dua Syarat Utama Caleg yang Diusung Gerindra
Ketua PWI Riau Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau: Anggota Muda yang Tak Ikut UKW Kartunya Tak Bisa Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved