www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Hadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Produksi Perikanan Lokal Baru Mampu Penuhi 3 Persen Kebutuhan Kota Dumai
Minggu, 30 Januari 2022 - 20:22:09 WIB
Sekda Dumai, H. Indra Gunawan menyerahkan bantuan kepada warga Dumai yaitu makanan dari olahan ikan pada acara peringatan Hari Ikan Nasional.
Sekda Dumai, H. Indra Gunawan menyerahkan bantuan kepada warga Dumai yaitu makanan dari olahan ikan pada acara peringatan Hari Ikan Nasional.

DUMAI - Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai, Mukhlis Suzantri menyebut kebutuhan ikan untuk konsumsi masyarakat di Kota Dumai terbilang sangat tinggi.

Setiap tahun jumlahnya mencapai 14.000 ton. Sementara daya produksi dari budidaya perikanan baik ikan air tawar dan air laut di masyarakat hanya cukup memenuhi 3 persen saja. Akibatnya, Dumai harus mengandalkan pasokan ikan dari luar daerah.

Dijelaskannya, kebutuhan ikan di Dumai banyak di pasok dari daerah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kabupaten Kuansing, Kabupaten Rohil, Bengkalis dan Pulau Rupat.

"Kebutuhan ikan di Dumai per tahun mencapai 14.000 ton. Sementara daya produksi dari budidaya perikanan lokal hanya cukup memenuhi 3 persen saja. Akibatnya, Dumai harus mengandalkan pasokan ikan dari luar daerah tersebut," kata Mukhlis, Minggu (30/1/2022).

Dari data tersebut, Mukhlis menilai usaha dan pangsa pasar budidaya perikanan di Dumai masih sangat potensial dan menjanjikan.

Untuk itu, kami dari Dinas Perikanan Kota Dumai berupaya membantu para nelayan untuk meningkatkan hasil tangkap ikan. Selain membantu alat tangkap dan kapal tangkap ikan, Pemerintah juga kerap menyerahkan bantuan benih ikan.

Harapan kami, bantuan yang diberikan mampu meningkatkan produksi ikan lokal untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan di Kota Dumai. Agar ke depan Dumai tidak lagi bergantung pada pasokan ikan dari luar daerah.

Lebih lanjut Mukhlis mengatakan, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perikanan sejak 2021 telah menyerahkan bantuan kepada para nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) berupa kapal bermotor GT2 sebanyak dua unit yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2021.

Kapal yang diberikan berbahan fiber glass, dilengkapi dengan sarana dan prasarana lengkap serta modern untuk menunjang aktivitas penangkapan ikan di laut. Adapun kelompok penerima adalah KUB Mundam Jaya di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

"Harapan kami, dengan diberikannya bantuan berupa kapal kepada kelompok penerima, dapat memotivasi. Terutama anggota KUB Mundam Jaya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas nelayan terkait kondisi pandemi Covid-19 saat ini, serta meningkatkan produksi perikanan Kota Dumai." ujar Mukhlis.

Selain itu, di Tahun 2021 pemerintah juga menyerahkan bantuan 180 kotak jaring apung bagi kelompok nelayan di Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan.

Penulis: Bambang
Editor: Ardian

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ketua Umum DPP GM BKAG, Samuel MarpaungHadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Ilustrasi.(int)Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Ruas jalan dalam Kota Pekanbaru rute TDSi 2022 ditutup sementara besok.(foto: bayu/halloriau.com)Besok City Race Pekanbaru, Mulai Jam 9 Rute Etape III TDSi 2022 Ditutup Sementara
Peserta TDSi Etape II melintas di Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.(foto: mcr)Warga Tenayan Raya Antusias Sambut Peserta TDSi 2022 di Etape II
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.(foto: int)Argentina Bakal Menang Meyakinkan Hadapi Australia Dini Hari Nanti
  Ilustrasi.(int)Gemini Harus Lebih Tenang, Pisces Tegas Jangan Mau Dimanfaatkan
Ilustrasi.(int)Cuaca Pekanbaru Hari ini Cerah, Pebalap Bakal Nyaman Gowes Etape III TDSi 2022
Ilustrasi.(int)CFD Pekanbaru Tetap Digelar Sampai Jam 9, Ini Rute TDSi 2022 Etape III
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)Hari Bhakti ke-77 PU, Gubri: Peresmian SPAM Durolis Tunggu Menteri PUPR
Telkomsel melakukan pengembangan dan perubahan layanan MyAds yang meliputi tampilan website, article page, offdeck display banner, report & insight campaign, dan diskon khusus komunitas.(foto: istimewa)Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru untuk Pengalaman Terbaik Beriklan Digital
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved