www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Pembangunan Kota Pekanbaru Butuh Peran Aktif Pengusaha Muda
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
2021, Proyek SPAM di Dumai Masih Digarap Lewat Skema KPBU
Rabu, 13 Januari 2021 - 15:24:43 WIB
Plh Walikota Dumai Herdi Salioso didampingi Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Dumai, Riau Satria, menghadiri launching penyaluran air minum kapasitas 50 Liter/Detik di Kelurahan STDI Dumai baru-baru ini.
Plh Walikota Dumai Herdi Salioso didampingi Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Dumai, Riau Satria, menghadiri launching penyaluran air minum kapasitas 50 Liter/Detik di Kelurahan STDI Dumai baru-baru ini.

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas PUPR terus melanjutkan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Dumai.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Dumai, Riau Satria mengatakan, tahun 2021 proyek tersebut masih digarap lewat skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas PUPR terus melanjutkan proyek SPAM, tahun ini proyek tersebut masih digarap lewat skema KPBU," kata Riau Satria di ruang kerjanya, Rabu (13/1/2021).

Dijelaskannya, proyek penyediaan air minum masih akan menjadi fokus pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga Dumai.

"Untul itu proyek tersebut tahun ini masih terus dilanjutkan dan SPAM tahun ini merupakan lanjutan SPAM sebelumnya yang dibangun dengan skema KPBU yaitu Kerja Sama Operasi (KSO) antara PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan  PT Adaro Tirta Mandiri, dan tahun ini masuk tahap IB," terangnya
 
Melalui Skema KPBU, semua biaya ditanggung oleh swasta dan tidak ada dukungan pembiayaan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menggarap proyek ini.

Riau menambahkan, bahwa untuk tahun 2021, pihak perusahaan menganggarkan sekitar Rp200 miliar untuk kapasitas 200 liter/detik.

Proyek SPAM 2021 tersebut difokuskan untuk warga yang berada di Kelurahan Purnama, dan Kelurahan Bansal Aceh serta kawasan industri di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai.

Saat ini sudah masuk tahap penyusunan DED lalu akan dilanjutkan pemasangan instalasi pipa dari IPA (Instalasi Pengolahan Air) di Bukit Timah menuju kawasan industri lubuk gaung sepanjang 26 kilometer dan proyek tersebut akan di kerjakan oleh PT Dumai Tirta Persada anak perusahaan konsorsium PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan  PT Adaro Tirta.

Selain skema KPBU, tahun ini Pemerintah Kota Dumai juga mendapat bantuan dari Bank Dunia sebesar Rp43 miliar.

"Bantuan tersebut untuk proyek SPAM kapasitas 50 liter/detik untuk 4000 sambungan rumah (SR) yang ditargetkan selesai Juni 2021 mendatang," terangnya.

"SPAM Bank Dunia menyasar 4000 SR di 4 kelurahan yaitu Kelurahan Jayamukti, Kelurahan Bumi Ayu, Kelurahan Teluk Binjai dan Kelurahan Bukit Datuk," pungkasnya.

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

BERITA LAINNYA    
Penyerahan plakat dari HIPMI Kota Pekanbaru kepada Walikota Pekanbaru yang diterima El Syabrina.Pembangunan Kota Pekanbaru Butuh Peran Aktif Pengusaha Muda
IlustrasiJika Ada Perubahan UU, Pilkada Pekanbaru Digelar 2022
IlustrasiSiram Tanaman dengan Susu, Ini Khasiatnya
  Doni MonardoMasyarakat Diminta Waspada, Doni Monardo Duga Dirinya Terinfeksi Corona Saat Makan
El SyabrinaSiapkan Regulasi Pungut Retribusi, Pemko Pekanbaru Bakal Tata PKL
DPRD RiauMahasiswa Minta DPRD Riau Perjuangkan Blok Rokan
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved