www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Digelar Juni, Rencana CFD Pekanbaru Masih Tahap Usulan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tingkat Konsumsi Ikan Masih Rendah, Dinas Perikanan Dumai Sosialisasikan Gemarikan
Rabu, 11 November 2020 - 18:09:22 WIB
Walikota Dumai H. Zulkifli As saat membuka Sosialisasi Gemarikan untuk mencegah stunting di Ballroom Hotel Grand Zuri Dumai belum lama ini.
Walikota Dumai H. Zulkifli As saat membuka Sosialisasi Gemarikan untuk mencegah stunting di Ballroom Hotel Grand Zuri Dumai belum lama ini.

DUMAI - Dinas Perikanan Kota Dumai melakukan sosialisasi angka konsumsi ikan oleh masyarakat di aula Laboratorium ikan Provinsi Riau, Rabu (11/11/2020). 

Dari pertemuan tersebut terungkap angka konsumsi ikan di Kota Dumai, pada  2019 mencapai 45,51 Kg/kapita, angka tersebut masih jauh di bawah target Nasional sekitar 56,39 Kg per kapita. 

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah terus melakukan sosialisasi agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan air tawar maupun dari laut. 

Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai, Afifuddinsyah, didampingi Kepala Seksi Pengawasan Usaha Perikanan Tri Iriani mengaku, bahwa ‎angka konsumsi ikan di Kota Dumai, masih jauh dari target nasional, meskipun Dumai, termasuk wilayah pesisir. 

"‎Angka konsumsi ikan di Kota Dumai, pada  2019 mencapai 45,51 kg/kapita, angka tersebut masih jauh di bawah target Nasional sekitar 56,39 kg per kapita, tentunya ini banyak faktor yang mempengaruhinya, selain ekonomi, tentunya karena masyarakat Dumai, sudah heterogen," katanya. 

Dirinya mengaku, ‎jika masyarakat yang sehari-harinya berada di pesisir pantai tentunya akan mengkonsumsi ikan, sedangkan masyarakat yang berada di kota, kebanyakan mengkonsumsi ayam dan lainya.  

Ia menjelaskan, di Dumai, ada  4 kelurahan tingkat konsumsi ikan masih belum maksimal di antaranya Kelurahan Purnama, Kelurahan Gurun Panjang, Kelurahan Bagan keladi dan Kelurahan Kampung Baru.

Menurutnya, kurangnya daya konsumsi ikan di empat kelurahan itu lebih dominan pada faktor air memiliki kadar asam cukup tinggi sehingga warga tak bisa membudidaya ikan air tawar. Kalaupun ada, jumlahnya  tidak maksimal dibanding jumlah penduduk disana.

"Dumai bukan daerah penghasil ikan terbesar tak seperti Medan dan Sumbar. Kita hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar 30-40 persen sementara selebihnya di pasok dari luar daerah," imbuhnya.

Untuk meningkatkan daya konsumsi ikan, tambahnya, perlu dilakukan sosialisasi GEMARIKAN atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan yang bertujuan untuk mengkampanyekan agar makan ikan sejak dini dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pengembangan dan kecerdasan otak. 

"Untuk mendukung program Gemarikan, pemerintah terus melakukan sosialisasi konsumsi ikan untuk kecerdasan bangsa dan peningkatan pemanfaatan dan pendayagunaan potensi Perikanan," sebutnya.

Diakuinya, Dinas Perikanan mencoba merangkul pihak Terkait seperti perhotelan, rumah makan, pondok pesantren, rumah tahanan, serta catering untuk mendapatkan data dan informasi jumlah konsumsi ikan agar data lebih akurat. 

"Dan ditegaskannya, mengkonsumsi ikan dapat meningkatan imunitas tubuh, Ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan imunitas serta vitamin D dan B kompleks yang mampu mencegah berbagai penyakit, dan berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh," pungkasnya.

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Car free day (CFD) Pekanbaru Digelar Juni, Rencana CFD Pekanbaru Masih Tahap Usulan
Dua Warga Pakistan Dideportasi, Hidup di Indonesia Modal Minta Sumbangan ke MasjidDua Warga Pakistan Dideportasi, Hidup di Indonesia Modal Minta Sumbangan di Masjid
Ilustrasi Ini Sebabnya Pengendara SUV Semacam Fortuner-Pajero Sport Suka Arogan
Ketua PASI Riau lantik pengurus PASI Inhu periode 2022-2026. Pengurus PASI Inhu Periode 2022-2026 Resmi Dilantik
Ilustrasi Sebagian Riau Berpotensi Hujan Nanti Malam, Siang Diprediksi Cerah Berawan
  Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso. Jukir Tak Pakai Atribut dan Karcis, Dishub Minta Jangan Bayar
Bupati Rokan Hilirhadiri Festival Tunggang Langgang yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Daerah. Hadiri Festival Tunggang Langgang, Bupati Rohil Minta Kesenian Terus Dikembangkan
Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, bertemu dengan pejabat Palestina di Tepi Barat. Turki Perbaiki Hubungan Diplomatik dengan Israel, Sebut Bisa Bantu Palestina
Pengungsi RohingyaPengungsi Rohingya Kabur, Bakesbangpol Pekanbaru: Diperkirakan ke Malaysia
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut Lapor Jokowi: Ada Perusahaan Kuasai 500 Ha Sawit, Tapi Kantornya di Luar Negeri
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Paguyuban Balai PPW Riau Anjangsana ke Panti Asuhan di Pekanbaru
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved