Dumai
Pemkab Dumai | DPRD Dumai | MAKLUMAT
 
 
+ INDEX BERITA

19:44 - Lagi, 67 TKI dari Malaysia...
17:45 - Satu Lagi PDP Virus Corona...
14:45 - Imbas Lockdown Malaysia, R...
09:56 - Jumlah PDP Virus Corona di...
18:49 - 61 TKI dari Malaysia Tiba ...
18:22 - Cegah Corona, Polres Dumai...
08:58 - Disinfeksi Hari ke-2 PT Pe...
21:17 - 21 TKI dari Malaysia Tiba ...
17:47 - Ratusan WNI asal Malaysia ...
17:16 - Cegah Penyebaran COVID-19,...
14:24 - Stok APD di RSUD Kota Duma...
21:01 - Cegah Covid-19, Pertamina ...
20:28 - Jumlah ODP Virus Corona di...
16:58 - Pemko Dumai Lakukan Penyem...
15:03 - Jumlah PDP dan ODP Virus C...
11:01 - Antisipasi Corona, Wako Du...
08:29 - Siaga Covid-19, Pertamina ...
18:08 - 308 Peserta Tes SKD CPNS D...
16:47 - Pemko Dumai Hari Ini Resmi...
15:22 - Bahas Antisipasi Virus Cor...
 
Kurangi Sampah Plastik, Zul As Ajak Masyarakat Budayakan Gunakan Tumbler
Kamis, 27/02/2020 - 19:29:40 WIB
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi pungut sampah plastik pada acara peringatan hari peduli sampah Nasional 2020 yang di taja Pertamina RU II Dumai Sabtu (22/2).
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi pungut sampah plastik pada acara peringatan hari peduli sampah Nasional 2020 yang di taja Pertamina RU II Dumai Sabtu (22/2).
TERKAIT:

DUMAI - Untuk mengurangi sampah plastik, Walikota Dumai  H Zulkifli AS  mengajak masyarakat budayakan menggunakan tumbler.

Pesan itu disampaikan walikota saat membuka acara peringatan hari peduli sampah Nasional tahun 2020 di Camp Fire Pertamina RU II jalan Putri Tujuh Dumai, Sabtu (22/2) akhir pekan kemarin.

"Sebagai salah satu upaya menjaga lingkungan dari pencemaran botol plastik, saya mengajak masyarakat budayakan menggunakan Tumbler," kata Walikota. 

Dijelaskan Walikota, plastik salah satu musuh terbesar lingkungan, termasuk botol plastik bekas minuman, terlebih Indonesia menjadi sorotan karena sampah plastik.

Kebanyakan sampah plastik berakhir di laut, yang jelas dapat merusak lingkungan, tentunya pengurangan penggunaan plastik harus dilakukan. 

Melalui momentum hari sampah Nasional, ia mengajak masyarakat Dumai, ‎untuk diet plastik, atau mengurangi  penggunan plastik dalam aktivitas sehari-hari. 

Mmenurut Zul As, pengurangan penggunaan sampah pelastik ini tentunya akan berdampak baik bagi lingkungan, melihat banyak hewan dan biota laut yang menjadi korban sampah plastik. Untuk itulah pemko Dumai mengajak masyarakat diet Plastik. 

"Kita berharap dengan mengurangi penggunaan plastik kita bisa menyelamatkan lingkungan, terkhusus untuk Dumai," harap Walikota. 

Wako juga mengajak setiap orang ikut mengkampanyekan pengurangan penggunaan plastik dimulai dari diri sendiri. "Nantinya juga akan ada himbauan gerakan pengurangan penggunaan plastik di instasi Pemko Dumai. Kita akan ajak seluruh Pegawai di lingkungan Pemko Dumai menggunakan Tumbler, tidak lagi menggunakan air mineral yang berwadahkan plastik," kata Wako.

‎Menurutnya, untuk merubah kebiasaan, memang tidak mudah, namun pihaknya mencoba untuk merubah kebiasan menggunakan plastik sekali pakai, dengan membawa peralatan yang bisa dipakai secara terus menerus.

"Membawa botol minuman sendiri itu keren. Selain turut serta menjaga lingkungan juga baik untuk kesehatan, juga lebih ekonomis," sebut Wako. 

Dirinya berharap kedepan, setelah sedikit demi sedikit kebiasaan penggunaan plastik sekali pakai dilaksanakan, sampah pelastik bisa berkurang di kota Dumai.

Wako mengaku, sebagai daerah yang kerap dijuluki sebagai Kota Industri, pihaknya memiliki tugas yang lebih berat dalam menciptakan kondisi lingkungan yang lebih nyaman bagi masyarakat Dumai. 

Ia menambahakan, selain mengimbau penggunaan plastik tekait sampah, pihaknya juga melaksanakan pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang khusus menangani persoalan sampah. 

"Sampah membawa dampak yang besar bagi keberlangsungan hidup kita dan sampah rumah tangga menjadi penyumbang terbesar sampah di negara kita. Pemerintah Kota Dumai telah memiliki serangkaian program pengendalian sampah. Namun demikian, persoalan sampah tidak hanya menjadi peran pemerintah dan dibutuhkan sinergi yang baik dengan masyarakat," pungkasnya.

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Lagi, 67 TKI dari Malaysia Tiba di Pelabuhan Dumai
  • Telantarkan TKI, Bupati Irwan Akan Stop Rute Kapal ke Selatpanjang
  • Satu dari 7 Pasien Positif Corona di Sumbar Meninggal Dunia
  • Selama Wabah Corona, Pemko Diminta Pastikan Ketersediaan Pangan dan Anggaran Aman
  • Cegah Corona, DPW FPI Kepulauan Meranti Semprot Disinfectant di Masjid dan Musala
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved