Dumai
Pemkab Dumai | DPRD Dumai | MAKLUMAT
 
 
+ INDEX BERITA

10:36 - Raih Juara Harapan, Patra ...
16:55 - Pertamina Dumai Gelar Peri...
18:39 - Walikota Dumai Perkenalkan...
16:07 - Wujud Kepedulian Terhadap ...
18:22 - Spanduk di Dumai Bertulisk...
17:32 - KPU Dumai Buka Pendaftaran...
17:40 - Kapolda Riau Ajak Masyarak...
16:25 - Kapolda Riau Lepas Peserta...
19:10 - Lima Tahun Menumpang, Kini...
16:46 - Polres dan Pemko Dumai Uji...
18:52 - Nelayan Tanjung Palas Tera...
17:25 - Diduga Kerap Jadi Tempat M...
19:25 - Pemko Dumai Klaim Angka St...
20:14 - Virus Corona Sampai ke Sin...
19:33 - Pemko Dumai Tetapkan Statu...
10:09 - Tim SAR Gabungan Turun Car...
17:36 - Wako Dumai Zul As Terima P...
14:41 - Tidak Ikut Ujian TKD, ‎5...
09:12 - Heboh Isu Virus Corona di ...
18:59 - DLHK Dumai Ajak Masyarakat...
 
Pertamina Sambut Baik Gelaran FGD tentang Green Coke
Rabu, 29/01/2020 - 18:45:28 WIB
Gempa Kota Dumai gelar FGD bertema Green Petroleum Coke, Ada Apa? di Gedung Pendopo Dumai Selasa (28/1/2020).
Gempa Kota Dumai gelar FGD bertema Green Petroleum Coke, Ada Apa? di Gedung Pendopo Dumai Selasa (28/1/2020).
TERKAIT:

DUMAI - Untuk menjawab keingintahuan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda dan Mahasiswa (Gempa) Kota Dumai, Pertamina RU II penuhi undangan Focus Group Discussion (FGD) bertema "Green Petroleum Coke, Ada Apa?"

FGD dihadiri Walikota Dumai, H Zulkifli AS, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Satrio Wibowo, Perwakilan PT Pertamina RU II, tokoh masyarakat dan mahasiswa di Gedung Pendopo Dumai, Selasa (28/1/2020).

Ditemui di sela kegiatan, Pjs Unit Manager Comm. Relations & CSR Pertamina RU II Didi Andrian menyatakan pihaknya mendapat undangan FGD dari Gempa, Senin (27/1/2020).

Walaupun disampaikan dalam waktu singkat oleh panitia pihaknya tetap menyambut baik inisiasi pelaksanaan kegiatan ini dikarenakan dapat menjadi momen bagi Pertamina RU II untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai produk Green Coke, baik proses pengolahan hingga spesifikasi produknya.

Selain itu, melalui FGD ini Pertamina RU II juga dapat mendengarkan aspirasi dan informasi dari rekan-rekan mahasiswa maupun masyarakat terkait keberadaan kilang Pertamina sebagai salah satu Objek Vital Nasional (Obvitnas) yang berada di Kota Dumai.

"FGD ini merupakan momen yang baik bagi kami untuk kembali memperkenalkan program Green Coke yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat khususnya rekan-rekan mahasiswa sehingga menimbulkan banyak kesalahpahaman. Untuk itu kami sampaikan apresiasi kepada Gempa atas inisiasi yang telah dilakukan," jelas Didi.

Pada sesi penjabaran Pertamina RU II, pihaknya memulai penjelasan mengenai proses produksi Green Coke yang merupakan produk akhir dari seluruh proses pengolahan di Kilang RU II.

Berbeda dengan proses utama yang menggunakan reaksi dengan bahan kimia, Green Coke yang dihasilkan dari unit di kilang bernama Delayed Coking Unit (DCU) diolah menggunakan prinsip Thermal Cracking.

Thermal Cracking sendiri merupakan proses pemecahan rantai hidrokarbon dari senyawa rantai panjang menjadi hidrokarbon dengan rantai yang lebih kecil menggunakan bantuan panas dan tanpa menggunakan bantuan bahan kimia.

"Hal yang perlu kami luruskan di sini adalah Green Coke merupakan produk hasil Kilang RU II yang kami pasarkan sebagaimana produk BBM seperti avtur ataupun solar jadi bukan merupakan limbah. Di lingkungan Pertamina, produk ini spesifik dihasilkan oleh Kilang RU II namun di perusahaan lain maupun kilang luar negeri, Green Coke merupakan produk yang cukup umum ditemui," imbuh Didi.

Penjelasan kemudian dilanjutkan terkait karakteristik produk Green Coke yang berdasarkan PP 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah B3 tidak termasuk ke dalam kategori Limbah B3.

Menunjang hal tersebut, Pertamina RU II juga telah menjalankan beberapa uji karakteristik yang salah satunya melibatkan laboratorium penguji bersertifikat Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang secara umum menyatakan bahwa Green Petroleum Coke adalah produk turunan pengolahan minyak bumi yang memiliki karakteristik dan kandungan non toxic (tidak beracun), non hazardous material (bukan barang berbahaya) dan stabil.

"Kami datang pada FGD ini membawa Ahli Lingkungan dan Engineer yang sehari- hari mengurusi produk Green Coke. Harapannya dengan penjelasan yang berdasarkan data dan fakta, rekan-rekan mahasiswa dapat memperoleh gambaran dan pemahaman yang lebih baik mengenai Green Coke", tambah Didi.

Terkait dengan pengelolaan lingkungan khususnya dalam rantai proses hulu ke hilir dari pengolahan Green Coke, Didi menjelaskan Pertamina RU II bekerja di bawah izin lingkungan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Lebih lanjut dijelaskan berdasarkan komitmen izin lingkungan hidup yang dijalankan Pertamina RU II, secara berkala wajib dilaporkan berbagai aspek terkait kualitas lingkungan di antaranya meliputi pemantauan kualitas udara, tanah hingga buangan air.

Berdasarkan data yang dirangkum dari pemantauan aspek kualitas udara ambient pada tahun 2018 dan 2019 didapatkan hasil yang menyatakan kualitas udara baik berada jauh di bawah baku mutu udara ambient sebagaimana tertuang dalam PP No. 41 Tahun 1999. Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan apakah operasional kilang RU II memberikan dampak terhadap lingkungan," tutupnya.

Penulis: Bambang
Editor: Yusni

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Bupati Rohil Serahkan Sertifikat Bagi Kepsek 3T dan Guru Pendamping Muda
  • Pemkab Rohul Susun KLHS RPJMD 2021-2024
  • Hadiri Temu Ramah Polda Riau, Hamdani: Kita Apresiasi Kinerja Kapolda
  • Telah Diputuskan Pemerintah, Proses Transisi Pengelolaan Blok Rokan Masih Ngadat
  • Kirim Surat ke Raja Malaysia, Mahathir Mengundurkan Diri Sebagai PM
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved