www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bersama Polresta Pekanbaru, Capella Honda Riau Ajak Kartini Muda Cari Aman
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Forkopimda Dumai Teken Deklarasi Dumai Bebas Asap 2020
Selasa, 17 Desember 2019 - 20:53:47 WIB
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi mengecek peralatan pemadam karhutla usai menandatangani deklarasi Dumai bebas asap 2020 di halaman Polres Dumai.
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi mengecek peralatan pemadam karhutla usai menandatangani deklarasi Dumai bebas asap 2020 di halaman Polres Dumai.

Baca juga:

Hotspot Riau Terdeteksi di Siak dan Rohil Pagi Ini
Termasuk Riau, Hotspot Sumatera Terdeteksi di Delapan Provinsi
Awal Pekan, Hotspot Riau Terdeteksi di Rohil dan Bengkalis

DUMAI - Sebagai  bentuk keseriusan dalam menanggapi permasalahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kota Dumai, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Dumai,  menggelar apel kesiapan penanganan Karlahut serta deklarasi Dumai bebas dari asap 2020, di halaman Polres Dumai, Selasa (17/12/2019).

Walikota Dumai Drs H Zulkifli As, M.Si didampingi Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, Ketua DPRD Dumai Agus Purwanto, serta seluruh unsur TNI dan Polri memimpin langsung deklarasi tersebut.

Walikota mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen bersama untuk mencegah terjadinya Karlahut. "2020 Dumai harus bebas dari asap," ungkap walikota.

"Untuk mensukseskan tujuan tersebut, harus didukung semua pihak terkait termasuk masyarakat, mari bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran lahan," harap walikota. 

Lanjutnya, seluruh unsur mempunyai peranan dalam menangani permasalahan kebakaran hutan dan lahan. Melalui deklarasi ini kita harapkan seluruh unsur mulai dari RT, Kelurahan hingga Kecamatan memberikan kontribusi dalam pencegahan maupun penanganan jika terjadinya Karhutla.

Diakuinya, permasalahan utama penanganan karlahit adalah sumber air. Petugas di lapangan sering kesulitan mendapatkan air untuk memadamkan api.

Walikota juga mengimbau masyarakat yang memiliki lahan rawan terbakar agar membuat embung agar saat terjadi kebakaran mudah memadamkannya.

Sementara, Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira menambahkan, pihaknya berkomitmen dalam penegakan hukum terhadap pelaku kebakaran hutan dan lahan.

"Ada 10 kasus kebakaran yang kita tangani dan masih dalam proses hukum. Dimana 8 kasus sudah P21 dan 2 kasus lainnya dalam proses," kata Kapolres.

Ia menambahkan, bahwa 10 kejadian kebakaran itu merupakan lahan milik masyarakat dimana mayoritas para pelaku merupakan pemilik lahan yang terbakar.

Untuk itulah, tambahnya, dengan komitmen bersama dalam penanganan Karhutla kedepannya para pemilik lahan diinstruksikan harus memiliki embung di sekitar lahannya, mengingat sumber air menjadi kendala utama dalam penangan kebakaran. 

Penulis: Bambang
Editor: Yusni Fatimah



   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Capella menggelar kegiatan seminar untuk Kartini muda dari SMK N 7 Pekanbaru (foto/ist)Bersama Polresta Pekanbaru, Capella Honda Riau Ajak Kartini Muda Cari Aman
Indosat catat lonjakan trafik data sepanjang Hari Raya Idulfitri (foto/int)IOH Catat Lonjakan Trafik Data 17% Selama Lebaran Idulfitri
Ilustrasi pekerja curi mobil bos di Batam, Kepulauan Riau (foto/int)Pura-pura Temukan Mobil Bos, Karyawan di Batam Minta Imbalan Rp20 Juta
Ketum PSSI, Erick Thohir bersama Shin Tae-yong makan bersama (foto/IG)Akhirnya Kontrak Shin Tae-yong Diperpanjang di Timnas Indonesia
Gedung BRK Syariah (foto:int) Seleksi Dirut Sepi Peminat, Komisi III DPRD Riau Beri Dua Opsi Pada Pemprov Riau
  Kepala Kemenag Pelalawan, Drs H Jisman, MAH (foto/int)Tahun Ini, Pemkab Pelalawan Berangkatkan 336 Calon Jamaah Haji
Dinas PUPR-PKPP Riau telah memperbaiki kerusakan di Jalan Kartama, Kota Pekanbaru untuk fungsional. Jalan Kartama Pekanbaru yang Rusak Sudah Fungsional
Politisi partai Demokrat, Agung Nugroho (foto:ist) Makin Mengerucut, Siapa Bacalon Wawako Pekanbaru yang Bakal Dampingi Agung Nugroho di Pilkada?
Mantan Kepala BPBD Deli Serdang menjadi tersangka korupsi kegiatan sosialisasi (foto/int)Rugikan Negara Rp856 Juta, Mantan Kepala BPBD Deli Serdang Jadi Tersangka Korupsi
Raja Baut bagikan ribuan sembako untuk masyarakat Bagansiapiapi, Rohil (foto/Afrizal)Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved