Dumai
Pemkab Dumai | DPRD Dumai | MAKLUMAT
 
 
+ INDEX BERITA

18:11 - Pemko Dumai Resmi Umumkan ...
19:23 - Studi Banding ke Dumai, Di...
19:31 - Wawako Bersama Danlanal Du...
18:07 - Danlanal Dumai Berharap Ti...
16:39 - Siap-siap, Pendaftaran CPN...
17:43 - Tim Yustisi Dumai Jaring 2...
17:41 - 22 Orang Terjaring Razia Y...
21:46 - Pelanggaran Turun 24,61 Pe...
19:11 - Cegah Terorisme, Pekan Dep...
21:58 - Hampir 10 Bulan Kosong, He...
10:43 - Walikota Dumai Lantik Herd...
17:51 - Buka Sosialisasi P4GN, Wal...
19:02 - Peringati Hari Sumpah Pemu...
15:08 - Walikota Dumai Hadiri Gran...
17:44 - Tinjau Sejumlah Proyek, Wa...
18:13 - Mulai Besok Ops Zebra 2019...
16:44 - Kuota CPNS 2019 Dumai hany...
18:38 - Wawako Dumai Ajak Perusaha...
18:33 - KPU Gelar Lomba Desain Log...
16:19 - Saat Pelantikan Presiden, ...
 
Tinjau Kawasan Arboretum Gambut Binaan Pertamina, Syamsuar: Layak Jadi Benchmark Bagi Wilayah Lain
Minggu, 13/10/2019 - 18:15:48 WIB
Gubernur Riau H. Syamsuar berdialog dengan ketua kelompok tani Tunas Makmur binaan Pertamina RU II saat meninjau kawasan Arboretum Gambut, Jumat (11/10/2019). FOTO: Bambang
Gubernur Riau H. Syamsuar berdialog dengan ketua kelompok tani Tunas Makmur binaan Pertamina RU II saat meninjau kawasan Arboretum Gambut, Jumat (11/10/2019). FOTO: Bambang
TERKAIT:

DUMAI - Gubernur Riau H. Syamsuar kunjungi Kawasan Arboretum Gambut yang berlokasi di Kampung Jawa Kelurahan Sungai Pakning, Jumat (11/10/2019). 

Arboretum gambut merupakan lokasi eduwisata yang dikelola Kelompok Tani Tunas Makmur  binaan PT Pertamina RU II Dumai - Sei Pakning.

Saat mengunjungi kawasan Arboretum gambut, Gubernur Riau didampingi Manejer Produksi Kilang Pertamina RU II Sungai Pakning Fajar Basuki, Deputi IV Badan Restorasi Gambut (BRG) Haris Gunawan, Asisten II Kabupaten Bengkalis Heri Indrapaja dan pejabat pemerintahan setempat lainnya. 

Di bawah payung program Kampung Gambut Berdikari, sinergi masyarakat Kampung Jawa dan Pertamina RU II Sei Pakning ini mulai dijalankan sejak 2013 hingga 2016 terkait kerjasama pemadaman karhutla, sejak 2015 Kampung Jawa pun telah bertransformasi dari titik rutin menjadi titik bebas karhutla. Pada 2017 mulai dilakukan pengembangan pemberdayaan masyarakat.

Ditemui saat berdialog dengan Kelompok Tani Tunas Makmur dan Tim Pertamina, Gubernur Riau H. Syamsuar menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat dan Pertamina yang telah ikut mendukung program pemerintah dalam penanggulangan permasalahan karhutla.

"Lahan yang dulunya sangat rawan kebakaran berhasil dijadikan kelompok masyarakat di Kampung Jawa sebagai kawasan yang memiliki manfaat tinggi. Tidak hanya secara ekonomi bagi para pengelola namun juga memiliki nilai pembelajaran yang tinggi bagi pelajar dan mahasiswa serta masyarakat yang hendak belajar mengenai keanekaragaman hayati maupun sejarah Kampung Jawa terbebas dari karhutla," kata Gubernur.

Syamsuar juga menyatakan dengan keberhasilan masyarakat Kampung Jawa dalam menghentikan karhutla sejak 2015, Program ini sudah sangat layak menjadi lokasi benchmark bagi wilayah lain di Provinsi Riau maupun Indonesia dalam hal optimalisasi lahan sebagai upaya mencegah karhutla dan memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi masyarakat. 

Lebih lanjut Syamsuar menyampaikan Program Kampung Gambut Berdikari ini cocok menjadi tempat pembelajaran bagi wilayah lain dikarenakan kreativitas kelompok masyarakat dalam memilih aktivitas di atas lahan yang rawan terbakar.

Sementara, Fajar Basuki Manajer Produksi Kilang Pertamina RU II Sei Pakning saat berikan penjelasan kepada Gubernur Riau menyatakan sejak 2017 pihaknya telah aktif kembangkan program Kawasan Gambut Berdikari ini dengan masyatarakat Kampung Jawa setelah sebelumnya secara aktif mendukung upaya pemadaman di lokasi yang sama mulai 2013 hingga 2015. 

Sebagai BUMN yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar, Program Kampung Berdikari ini menjadi bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan memenuhi keseluruhan dari 4 pilar TJSL Pertamina yakni Pertamina Hijau (Lingkungan), Pertamina Cerdas (Pendidikan), Pertamina Sehat (Kesehatan) dan Pertamina Berdikari (Pemberdayaan Masyarakat). 

"Alhamdulillah upaya kami untuk mendukung masyarakat Kampung Jawa terbebas dari karhutla disambut dengan baik. Melalui kelompok Tunas Makmur komunikasi yang terjalin sangat dinamis sehingga dapat menciptakan program unggulan yang bermanfaat bagi masyarakat", jelas Fajar. 

Tidak hanya berhenti di sini, tahun ini Pertamina juga tengah melalukan pengembangan program Pertanian Nanas Zero Waste yang memungkinkan anggota kelompok mengolah semua bagian tanaman nanas menjadi produk bernilai ekonomis dan pengembangan kurikulum Sekolah Cinta Gambut di 25 Sekolah Dasar di Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksmana serta melibatkan 3.295 siswa.

Ketua Kelompok Tunas Makmur Samsul menjelaskan ia dan 43 anggota kelompok yang 18 di antaranya adalah para ibu rumah tangga sehari-hari membagi tugas dalam menjalankan 3 sub program Kampung Gambut Berdikari yakni Kawasan Arboretum Gambut, Pertanian Nanas dan Olahan Tanaman Nanas. 

Khusus untuk Kawasan Arboretum Gambut, minat masyarakat semakin meningkat dalam mengunjungi kawasan seluas 1.1 Hektar ini.

"Tercatat setidaknya terdapat 1.500 pengunjung per bulan yang datang dari berbagai latar belakang khususnya pelajar dan mahasiswa menyaksikan secara langsung flora endemik dan dilindungi dari Provinsi Riau yakni Kantung Semar," kata Samsul

Penulis: Bambang
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Tak Izinkan Ibadah dalam Rumah, Upacara Keagamaan Odalan Dibubarkan Warga
  • Terbitkan Surat Edaran Terkait Bullying, Disdik Prkanbaru: Aktifkan Lagi Peran Guru Kelas dan BK
  • Peringati HKN ke-55, Puskesmas Rimba Melintang Gelar Senam Bersama
  • Kadisparporabud dan Ketua PBSI Lepas Atlet Bulutangkis Inhil
  • Kak Seto Minta Mendiknas Training Ulang Guru di Riau agar Paham UU Perlindungan Anak
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved