www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Begini Upaya Dishub Pekanbaru Tindak Truk Tonase Besar Melintas di Dalam Kota
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Polemik Plt Sekwan, Zulkifli Indra: Gubri Harus Ambil Sikap
Senin, 20 Juni 2022 - 15:49:45 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau, Zulkifli Indra
Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau, Zulkifli Indra

PEKANBARU - Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau Zulkifli Indra menyayangkan penunjukan pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Riau menimbulkan polemik. Akibatnya, banyak kegiatan terkendala termasuk pembayaran gaji honorer.

Zulkifli Indra mengatakan, hingga kini permasalahan ini belum menemukan titik terang. Oleh karena itu, dia mendesak Gubernur Riau Syamsuar mengambil sikap mengatasi masalah ini.

"Sampai tanggal 20 ini belum jelas lagi barang ini. Sebetulnya masalah antara Sekwan baru dengan Sekwan lama itu kan harus ada komitmen bersama gubernur. Dalam hal ini Gubernur jangan lepas tangan. Cari solusinya," kata Zulkifli, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, solusi masalah ini adalah putusan gubernur karena tak akan selesai kalau hanya DPRD Riau dan Plt Sekwan yang duduk bersama.

"Kita kasihan lihat pegawai honorer. Dan kontrak kegiatan Sekwan lama mungkin perlu pembayaran segala macam. Ini kan tak bisa diselesaikan karena masalah ini," kata dia.

Dia juga mengungkapkan bahwa banyak tenaga honorer yang mengadu kepadanya mengeluhkan gaji yang tak kunjung cair.

"Kemarin banyak honorer menjumpai saya waktu rapat komisi V dan III. Mereka mengeluh soal listrik, kredit, dll," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, Komisi I harus segera sampaikan persoalan ini ke Gubernur Riau agar kondisi ini tak berlarut-larut.

"Kalau sekarang mau keluar kota, SPj yang lama saja belum dibayarkan. Khusus pribadi, saya saja bermasalah. Awak baru lagi. Kosong. Kalau mau fotolah, gaji tinggal Rp33 ribu," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau Ade Agus Hartanto menyayangkan penunjukan Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) oleh Gubernur Riau Syamsuar tanpa dikonsultasikan dengan pimpinan fraksi sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 dan Tata Tertib DPRD Riau.

"Sebagai ketua BK DPRD Riau saya mengingatkan. Tugas saya menjaga amanah dan tata tertib. Karena saya sebagai ketua fraksi tak mendapat informasi tentang (penunjukan Plt Sekwan) itu. Jadi harus didudukkan bersama-sama," kata Ade yang juga menjabat Ketua Fraksi PKB.

Mengacu pada aturan tersebut, kata Ade, penunjukan Plt Sekwan harus diketahui pimpinan DPRD dan dikonsultasikan dengan fraksi-fraksi. Aturan tersebut dibuat agar ada keselarasan visi antara sekwan dengan lembaga legislatif.

Ade mengaku pihaknya tak mempermasalahkan siapa sosok yang ditunjuk sebagai Plt Sekwan karena itu hak prerogatif Gubernur. Namun, dia menilai proses penunjukannya melanggar prosedur yang ada.

"Sehingga tidak sepihak saja gubernur menunjuk siapa yang bertugas sebagai Plt sekwan. Apalagi tugas dan fungsinya melayani atau menunjang DPRD itu sendiri. Jadi, jangan sampai tidak sinkron antara DPRD dan sekwan," kata dia.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Satria

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
IlustrasiBegini Upaya Dishub Pekanbaru Tindak Truk Tonase Besar Melintas di Dalam Kota
Timnas Indonesia menjamu Vietnam dalam laga perdana Piala AFF U-19 2022Laga Perdana Piala AFF U-19 2022, Indonesia Ditahan Imbang Vietnam 0-0
PT PHE Kampar bersama sejumlah kader posyandu Desa Talang Sungai LimauCegah Stunting, PHE Kampar Gelar Pelatihan Olah MPASI di Desa Talang Sungai Limau Inhu
Head of Sales XL Axiata Greater Medan, Horas Lubis (tengah) bersama dengan KMI Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Muhammad Ilyas (ketiga dari kanan) pada saat acara penyerahan donasi laptop di Medan, Sumatera Utara, belum lama ini.Dukung Digitalisasi di Pedesaan, XL Axiata Donasi Laptop ke Puluhan Ponpes di 7 Provinsi
IlustrasiKeterbatasan Anggaran, Dishub Pekanbaru Tetap Lakukan Peremajaan PJU
  Politisi India Nupur SharmaPengadilan Tinggi India Sebut Pernyataan Nupur Sharma Hina Nabi Menyebabkan Kekacauan
IlustrasiCapai 625 Kasus, Ini Langkah Pemprov Riau Atasi Wabah PMK
Pasangan tim ganda putri Indonesia Apriyani dan FadiaKandaskan Korsel, Ganda Putri Indonesia Apriyani-Fadia Rebut Tiket ke Final Malaysia Open 2022
Sejumlah owner Coffee shop, barista, dan penggiat kopi di Kepulauan Meranti saat mengikuti Coffee Talk yang ditayangkan oleh Dikopi Coffee shop selatpanjang.Coffee Talk Bersama Dikopi Selatpanjang, Mengangkat Cita Rasa Kopi Liberika Meranti
IlustrasiPemprov Riau Kembali Buka Seleksi Beasiswa Prestasi dan Bidikmisi 2022, Ini Caranya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penandatanganan MoU dan Penghargaan Desa Bebas Api Asian Agri
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved