www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Habis Gelap, Terbitlah Pelalawan Terang
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pembangunan 2021 Diprediksi Minim, Pemulihan APBD Rohul Jadi Agenda Prioritas
Selasa, 23 Februari 2021 - 15:03:56 WIB
Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra
Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra

PASIR PANGARAIAN - Defisit Anggaran Daerah masih Jadi permasalahan dihadapi pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), bahkan sudah terjadi dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Pada tahun 2020, Pemerintah kembali mengalami defisit keuangan hingga mencapai Rp66 miliar. Kondisi itu tentu membebani APBD tahun 2021 yang harus disesuaikan terutama kewajiban pembayaran utang Pemkab Rohul ke pihak ketiga.

Sebagai lembaga Pengawas Pemerintah, DPRD Rohul tidak tinggal diam melihat kondisi defisit keuangan di Pemkab Rohul ini. DPRD beberapa kali memanggil TAPD untuk mendapatkan penjelasan terkait kondisi keuangan Rohul yang selalu dalam kondisi tidak sehat. 

Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuat kondisi fiskal daerah kian melemah. Di 2020 misalnya, ada SKB 2 menteri yang mengharuskan  daerah melakukan refocusing anggaran untuk menangani persoalan Covid-19.

Bukan hanya itu, Pemerintah Pusat melalui PMK  Berdasarkan Perpres Nomor 72 Tahun 2020 juga merilis turunnya angka bagi hasil khususnya DBH Migas untuk Rohul. Itu juga diperparah dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tidak tercapai maksimal dampak dari pandemi Covid-19.

"Penurunan PAD juga cukup mengalami dampak dari persoalan Covid-19 yang ditandai melemahnya ekonomi masyarakat, berdampak pula terhadap sektor PAD, yakni pajak daerah dan retribusi daerah," kata Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra.

Situasi keuangan Rohul yang tidak sehat diperkirakan akan kembali berlanjut pada tahun 2021. Hal itu ditandai dengan keluarnya PMK  yang didasarkan Perpres 113 Tahun 2020 tentang APBN 2021, dimana  Proyeksi Penerimaan dari sektor DBH migas untuk Rohul tahun 2021 jauh lebih rendah dibanding 2020 meskipun pada tahun 2020 DBH itu berkurang cukup signifikan.

"jadi ini situasi yang kita hadapi sekarang. persoalannya defisit keuangan, soalnya di Hulu sehingga mengakibatkan proyeksi penerimaan dan belanja itu tidak seimbang. Intinya sekarang, jangan kita saling menyalahkan. Kencangkan ikat pinggang agar kita bisa keluar dari persoalan ini," ujarnya.

Membantu Pemerintah memecahkan persoalan Defisit Keuangan, DPRD Rohul bersama TAPD lakukan pemetaan  kembali proyeksi penerimaan dan merasionalisasikan belanja pada APBD 2021 agar tidak terjadi kembali selisih proyeksi penerimaan di tahun 2021. Salah satu Rekomendasi DPRD menunda program kegiatan APBD 2021.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Bupati, beliau juga memiliki komitmen yang sama untuk pemulihan APBD sebagai agenda prioritas agar kedepan dalam membangun kita bisa lebih fokus dan leluasa tidak dihantui lagi persoalan defisit anggaran," jelas Wanda.

Selain penajaman proyeksi penerimaan serta rasionalisasi belanja, DPRD Rohul juga mendorong Pemkab Rohul untuk memaksimalkan potensi PAD yang ada. hal ini bertujuan agar belanja daerah bisa ditopang oleh sumber-sumber lain tidak hanya bergantung pada DBH.

"Ini tengah dilakukan pemerintah dan DPRD, sekarang membahas Ranperda Pajak Daerah dan Revisi Perda Investasi di Perumda Rohul Jaya. Kita harapkan melalui 2 Ranperda yang sedang dalam proses pembahasan tersebut dapat meningkatkan PAD kita kedepan," kata Wanda.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

BERITA LAINNYA    
IlustrasiHabis Gelap, Terbitlah Pelalawan Terang
IntToyota Raize dan Daihatsu Rocky Kebagian PPnBM 0 Persen
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Selatpanjang, Khairul Bahri Siregar yang didampingi Kepala Seksi Binadik, Haidi Zamri menyampaikan usulan izin klinik di Lapas itu kepada Kepala Dinas Kesehatan, dr Misri HasantoOptimalkan Layanan Kesehatan, Lapas Selatpanjang Usulkan Izin Klinik
BRK gelar RUPS-LB. Salah satu agendanya membahas konverasi ke syariah.BRK Gelar RUPS-LB, Diantaranya Bahas konversi ke Syariah
AshantyAshanty Diperbolehkan Isolasi Mandiri di Rumah Usai Lewati Masa Kritis
  Yamaha Gear 125 MultigunaYamaha Gear 125 Multiguna Hadir untuk Konsumen di Pasar Dangoe-dangoe Rohul
 New Pajero SportMengintip Varian Tertinggi New Pajero Sport, Ternyata Ini yang Bikin Istimewa
IlustrasiBertambah 49 Kasus, Angka Kesembuhan Riau Hari Ini Lebih Tinggi
IlustrasiCepat Tukar! Kartu Debit 'Gesek' BNI Diblokir 1 Mei
Proses pendinginan yang dilakukan di lahan bekas terbakar Desa Tenggayun Raya, Kecamatan Rangsang PesisirDiduga Gara-gara Puntung Rokok, Dua Hektar Lahan di Desa Tenggayun Raya Membara
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved