www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Protes Risnandar Mahiwa Jadi Pj Walikota Pekanbaru, Ruslan Tarigan: Apa Hebatnya?
Rabu, 22 Mei 2024 - 15:56:18 WIB

PEKANBARU - Teka teki siapa sosok pengganti Pj Walikota Pekanbaru Muflihun terjawab sudah. Setelah Kemendagri RI secara resmi menunjuk Risnandar Mahiwa S.STP MSi, menjadi Pj Walikota Pekanbaru menggantikan Muflihun yang habis masa jabatannya.

Penunjukan Risnandar, sesuai salinan SK No:100.2.1.3.1122 Tahun 2024, yang diteken Plh Kabiro Umum Kemendagri, Evan Nur Setya Hadi, tertanggal 20 Mei 2024.

Dengan dikeluarkannya nama Risnandar Mahiwa S STP MSi, menjadi Pj Walikota Pekanbaru "menolak" tiga nama yang telah diajukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan satu nama yang diajukan DPRD Pekanbaru.

Pemprov Riau mengusulkan tiga nama untuk Pj Wako Pekanbaru yakni, Eva Revita, Emri Juli Arnis, dan Indra Pomi Nasution. Sementara DPRD Pekanbaru mengusulkan Sekretaris DPRD Hambali ke Kemendagri.

Atas keputusan tersebut, DPRD Kota ikutan angkat suara. Seperti yang disampaikan anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan. Ia menilai kota Pekanbaru memiliki sosok kepala daerah yang masih bisa dihandalkan dan lebih mengetahui kondisi masyarakat kota bertuah, namun tidak digubris oleh Kementerian.

Mendagri lebih memilih sosok Pj dari pemerintah pusat. Selain tidak ada ikatan emosional dengan pejabat Pemko Pekanbaru, juga akan mulai pekerjaan di kota ini dari nol.

Belum lagi Risnandar sendiri selama jadi ASN, belum pernah bertugas di Kota Pekanbaru, bahkan di Riau. Tentunya ini terkesan mengabaikan kepentingan daerah.

"Kok pusat seenaknya saja mengirimkan orang ke sini. Perlu diketahui, Kota Pekanbaru bukan dalam kondisi darurat sekarang. Nggak perlu orang pusat di tempatkan di sini. Kami punya orang-orang terbaik yang diusulkan kemarin. Kenapa tidak digubris," tegas Ruslan Tarigan, Rabu (22/5/2024).

Politisi senior ini sebenarnya mengkhawatirkan, pejabat yang ditunjuk Kemendagri bukan orang lokal Pekanbaru, akan berdampak buruk pada pembelanjaan APBD nantinya.

Kekhawatiran itu muncul, karena alasan sang pejabat tidak tahu seluk-beluk Kota Bertuah ini, juga akan lama tune-nya dengan pejabat kota. Sementara banyak permasalahan yang belum tuntas, yang perlu diperbaiki dan dikerjakan ke depannya. Belum lagi nanti akan ada biaya perkenalan selama tiga bulan, yang diambil dari APBD.

"Masalah sampah yang masih amburadul, jalan rusak, banjir dan persoalan yang menyentuh masyarakat lainnya. Kalau pejabat luar dengan waktu sedikit menjabat, patut kita pertanyakan sistem kerjanya. Apa pula jaminannya, jika tidak terlaksana. Karena setelah menjabat, dia pergi tanpa rasa bersalah. Apa hebatnya pejabat pusat itu," kata Ruslan.

"Apalagi selama ini, Kota Pekanbaru belum pernah dipimpin Pj pejabat dari luar Pekanbaru, Riau. Mulai dari Pak Syamsurizal, Pak Edwar Sanger dan terakhir dua kali Pak Muflihun. Ini harus kami ingatkan. Kita punya daerah, kok mau diatur pusat seenaknya" tuturnya.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hotspot masih menyala di Pulau Sumatera (foto/int)Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
ilustrasi NPWP.Cara Cek NIK Sudah Padan dengan NPWP atau Belum
Syamsuar, Edy Natar dan Muhammad Nasir.Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024
Kapolda ajak Bupati Sintong dan Wabup Sulaiman salam damai.Sempat Nyaris Adu Jotos, Bupati-Wabup Rohil Didamaikan Kapolda Riau
Bakar tongkang di Bagansiapiapi, Rohil.(foto: mcr)Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
  (ki-ka) Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung Nugroho, Ida Yulita, dan mantan Pj Wako Muflihun (foto/int)Adu Elektabilitas Jelang Pilwako: Agung Nugroho dan Ida Teratas, Muflihun Ungguli Dr Ikhsan
Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
ilustrasi.PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Program TMC di Riau.(foto: mcr)Tahap Kedua TMC di Riau, Sudah 6.400 Kg Garam Disemai
Rektor Umri, Saidul Amin.(foto: mcr)Umri Rayakan Milad Ke-16 dengan Serangkaian Acara Penting
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved