www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Komisi II Panggil Disperindag Bahas Progres Pedagang Pasar Cik Puan di Kios Sementara
Senin, 05 Juni 2023 - 17:08:36 WIB

PEKANBARU - Komisi II DPRD Kota Pekanbaru menggelar rapat dengar pendapat dengan Disperindag Kota Pekanbaru, mempertanyakan kondisi para pedagang Pasar Cik Puan pasca kebakaran beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, Komisi II juga mempertanyakan penempatan ratusan kios sementara yang sudah dibangun Pemko Pekanbaru.

Pasalnya, Komisi II mengetahui pedagang masih enggan menempati kios yang disediakan, mengingat belum ada aliran listrik dari PLN.

Dari informasi yang disampaikan Disperindag usai RDP Senin (5/6/2023) siang, diketahui pihak PLN UP3 Pekanbaru sudah memasang beberapa tiang listrik di area kios baru Pasar Cik Puan Pekanbaru, hanya tinggal menarik kabel ke masing-masing kios, agar listrik menyala.

Meski saat ini kios belum dialiri listrik, tidak harus membuat para pedagang risau. Sebab, Disperindag Pekanbaru dan PLN memastikan, dalam waktu dekat listrik dipasang di kios.

"Targetnya sesegera mungkin kios-kios yang ada sudah teraliri listrik, dan maunya pedagang juga begitu, karena saat ini sebagai pedagang juga sudah mulai mengangsur barang-barang masuk kedalam kios," ujar Kadisperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin.

Diakui Zulhelmi lambannya pemasangan listrik di area kios yang dibangun, terkendala tunggakan tagihan listrik yang dilakukan pedagang lama kepada PLN yang mencapai Rp106 juta.

"Kami sudah lakukan pendataan dan diskusi dengan pihak PLN, kami sepakat untuk memisahkan data yang utang dan mana yang melakukan pemasangan baru," ungkapnya.

"Dan hasil kesepakatan bersama waktu itu, pihak PLN bisa melakukan pemasangan baru, dan bagi pedagang yang masih ada utang, kami akan bantu untuk tagihkan segera melunasi kepada pihak PLN," ungkapnya.

Untuk pekan ini targetnya pihak PLN akan memasang meteran di kios-kios yang ada dan kios-kios akan segera teraliri listrik.

"Untuk biaya pemasangan meteran dan segala macamnya ditanggung pemerintah, cuman nanti pedangan tinggal mengisi token listriknya," ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbar, Dapot Sinaga SE kembali mendorong pemasangan listrik ini, agar tidak berlarut-larut. Sebab, sudah terlalu lama pedagang menunggu, karena hanya masalah listrik saja.

"Kami harapkan dalam pekan ini bisa terpasang, kasian para pedagang sudah terlalu lama menunggu," ungkap Dapot.

Diakui Dapot, jika kesepakatan antara Disperindag Pekanbaru dan PLN sudah terjalin, proses administrasi makin dipermudah dan pedagang bisa terbantu untuk segera dilakukan pemasangan listrik.

Apalagi Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun sudah sangat ingin kios Pasar Cik Puan difungsikan. Sehingga masyarakat akan terjadi jual beli, dan tentunya roda ekonomi berputar.

"Apalagi ini kan mau dekat lebaran Idul Adha. Tentunya pedagang sangat ingin berjualan. Begitu juga masyarakat, sudah ingin berbelanja cantik di pasar cik puan itu," pungkasnya.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Hinca Panjaitan desak Kejati Riau usut tuntas dugaan korupsi di PT PHR (foto/ist)Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Ketua DPW Pujakusuma Riau, Muhdi Prasojo serahkan SK ke Rinaldi Marsa untuk menahkodai Pujakusuma Pelalawan (foto/Andy)Terima SK, Rinaldi Marsa Resmi Pimpin Pujakusuma Pelalawan
Bupati Inhu, Rezita memulai kegiatan dengan senam bersama masyarakat di Lapangan Porpes, Batang Peranap (foto/andri)Antusias Warga Senam Bersama Bupati Inhu dalam Agenda Irama Desa di Batang Peranap
Aliya Nengsih (foto:ist) Aliya Nengsih, Mahasiswa Fikom Umri Raih Medali Emas Kejuaraan Internasional Taekwondo
Sekda Rohil, Fauzi buka Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045 (foto/afrizal)Sekda Rohil Resmikan Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045
  Kendaraan sumbu tiga belum boleh lewati Jalur Lembah Anai (foto/int)Jalur Lembah Anai Resmi Dibuka, Hanya Kendaraan Ini yang Boleh Lewat
Afrizal Sintong-Setiawan resmi terima SK dari DPP PKS sebagai Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Rohil (foto/Afrizal)Afrizal Sintong-Setiawan Resmi Diusung PKS di Pilkada Rohil 2024
Walikota Dumai (kiri) Paisal bersama Pj Gubri, SF Hariyanto (foto/Yuni)Perbaikan Infrastrukur di Dumai Gencar Dilakukan Pemprov Riau, Ini Reaksi Wako Paisal
Kapolres Rohil, AKBP Isa Imam Syahroni mengungkap motif pembunuhan Putri di Parit Atmo (foto/afrizal)Kapolres Rohil: Pembunuhan Putri di Parit Atmo Dipicu Api Cemburu
Ilustrasi HET baru Minyakita resmi diberlakukan (foto/int)Dikeluhkan Pembeli, Ini Harga Jual Minyakita di Pedagang Eceran Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved