www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Timnas Indonesia U-24 Siap Kandaskan Korut di Laga Pamungkas Asian Games 2022
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pemilu 2024
Isu Pemilihan Tertutup, Fraksi Demokrat DPRD Pekanbaru Minta Bacaleg Tak Resah
Selasa, 30 Mei 2023 - 12:55:46 WIB
Ilustrasi rumor Pemilu 2024 tertutup ditolak sejumlah pihak (foto/int)
Ilustrasi rumor Pemilu 2024 tertutup ditolak sejumlah pihak (foto/int)

PEKANBARU - Fraksi Demokrat DPRD Kota Pekanbaru turut angkat bicara soal rumor putusan MK, mengubah sistem proporsional terbuka menjadi tertutup.

Ini menyikapi soal cuitan mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Denny Indrayana. Denny yang kini berprofesi sebagai advokat, klaim mendapatkan informasi mengenai putusan MK perihal sistem pemilu legislatif yang akan kembali ke sistem proporsional tertutup atau coblos partai. Putusan itu diklaim Denny, diwarnai perbedaan pendapat atau dissenting opinion di MK.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pekanbaru, Pangkat Purba mengintruksikan semua bakal calon legislatif (bacaleg) dan kader Partai Demokrat Pekanbaru tetap santai. Sebab belum ada keputusan resmi yang disampaikan MK.

Pangkat Purba menyebutkan, menjelang pelaksaan Pemilu 2024 mendatang banyak isu politik yang beredar. Para bacaleg Partai Demokrat Pekanbaru diminta untuk, menunggu pengumuman hasil putusan MK secara resmi.

"Kami dari Fraksi Partai Demokrat DPRD Pekanbaru, ingin menanggapi isu politik yang disampaikan Denny Indrayana terkait sistem pemilihan legislatif melalui opsi tertutup. Padahal hingga saat ini, belum ada keputusan resmi yang disampaikan MK. Kita heran juga, kenapa beliau ini membuat statement seperti itu, sehingga membuat resah para bacaleg partai politik peserta Pemilu 2024," Ungkap Pangkat Purba, Selasa (30/5/2023)

Pangkat yang merupakan mantan hakim di Pekanbaru ini mengajak semua pihak untuk berpikiran jernih dan bijak. Tidak terpancing dengan situasi yang sengaja diciptakan untuk membuat kegaduhan.

"Saya selaku mantan seorang hakim berpendapat, bahwa tidak akan pernah seorang hakim untuk membuat kegaduhan atau keresahan. Hakim sudah ditempa dari awal untuk menciptakan suasana damai, apalagi ini hakim Mahkamah Konstitusi. Ini sangat jauh panggang dari api, maka dari itu kita jangan tergesa-gesa dan terburu-buru dalam menanggapi isu miring tersebut," ungkap Pangkat lagi.

Sebagaimana diketahui, dalam sidang terakhir pada Selasa (25/5) kemarin, MK menegaskan sidang pemeriksaan judicial review soal sistem pemilu sudah selesai dilaksanakan. Dalam waktu dekat, MK akan memutuskan nasib sistem Pemilu 2024, apakah proporsional terbuka, proporsional tertutup atau menggunakan model baru/campuran.

Selain menghembuskan isu pemilihan tertutup, Denny Indrayana juga dituding menggulirkan isu terkait perpanjangan masa jabatan Pimpinan KPK hingga terkait pengajuan peninjauan kembali (PK) Moeldoko terkait sengketa Partai Demokrat. Partai Demokrat merapatkan barisan hingga ke daerah, agar kader dan simpatisan Partai Demokrat tidak termakan isu miring yang beredar.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Indra Sjafri saat melatih Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022.(foto: int)Timnas Indonesia U-24 Siap Kandaskan Korut di Laga Pamungkas Asian Games 2022
Wakapolresta Pekanbaru, AKBP Henky Poerwanto saat ekspos kasus di Mapolresta Pekanbaru.(foto: bayu/halloriau.com)28 Pelaku Pencurian Diringkus Polisi Selama September 2023
Ilustrasi.(int)Roadshow Bus KPK, Event CFD Pekanbaru Besok Dibatasi
Masyarakat berbondong-bondong membeli beras Bulog SPHP di Rohil.(foto: afrizal/halloriau.com)Akibat Gagal Panen, Harga Beras di Rohil Merangkak Naik
Ilustrasi.(int)Hotspot di Sumatera Menurun Sore ini, Riau Hanya 2 Titik Panas
  Jorge Martin.(foto: int)Jorge Martin Raih Kemenangan Sensasional di Sprint Race MotoGP India 2023
Honda Brio di Mal SKA Pekanbaru.(foto: rinai/halloriau.com)Berlaku Hingga Akhir September, Beli Mobil Honda Dapat Gratis Perawatan Hingga 4 Tahun
Gedung MPP Pekanbaru.(foto: int)Muflihun Ingin Gedung MPP Pekanbaru Terbakar Segera Dibongkar
Prabowo Subianto dan AHY.(foto: int)DPP Demokrat Perintahkan Kader Riau Mulai Pasang Baliho dan Menangkan Bacapres Prabowo Subianto
Tim PSPS Riau.(foto: int)Hadapi Semen Padang FC, PSPS Riau Berjuang Bangkit di Pegadaian Liga 2 Indonesia
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Eka Hospital Pekanbaru Launching Klinik Obesitas
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved