www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pekanbaru Diselimuti Kabut Pagi Hari, Ini Penjelasan BMKG
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Minim Perhatian, TAF Minta Pemko Bantu Kelompok Tani untuk Pemulihan Ekonomi
Jumat, 27 Januari 2023 - 08:37:17 WIB

PEKANBARU - Disela-sela kesibukan, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri (TAF) meluangkan waktu kunjungi kelompok tani. Kelompok yang didatangi yaitu Amara Jaya, Kelurahan Air Putih dan Maju Lestari di Kelurahan Sungai Sibam pada Kamis (26/1/2023) sore. 

Dari kunjungan Azwendi ke dua kelompok tani ini, diketahui ada beberapa komoditas yang dihasilkan yakni komoditas semangka, melon dan cabai. Untuk komoditas semangka, hasil panen petani cukup melimpah. Bahkan tidak hanya memenuhi permintaan pasar lokal, hasil panen semangka kualitas ekspor ini juga dikirim Ke Sumatera Barat (Sumbar) bahkan juga sampai ke Malaysia. 

Azwendi mengatakan lahan yang dipinjam pakai oleh warga kepada kelompok tani Amara Jaya lebih kurang 103 hektare dan Maju Lestari 100 hektare. Dengan anggota 25 hingga 30 KK per kelompok. Tidak hanya di Kecamatan Bina Widya kelompok tani ini juga tersebar di Kecamatan Marpoyan Damai dan Kecamatan Rumbai. 

"Semangka ini menjadi komoditas yang menjanjikan. Karena dalan setahun bisa tiga sampai empat kali panen," ungkap Azwendi yangnKamis (26/1/2023).

Dari kunjungan itu, TAF juga menerima beberapa aspirasi dan keluhan yang disampaikan para petani. Selama ini perhatian Pemerintah Pekanbaru masih minim. Para petani terkendala keterbatasan alat pertanian dan keterbatasan pupuk bersubsidi. 

"Para petani mengeluhkan soal keterbatasan alat, seperti alat pemotong rumput dan alat pengeburan tanah. Petani terpaksa menyewa dan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi. Di samping, petani juga mengeluhkan tidak mendapatkan suplai pupuk bersubsidi," ujar politisi Demokrat ini lagi. 

TAF berjanji, dari beberapa persoalan yang dikeluhkan para petani ini akan segera dicarikan solusi. Diharapkan peran serta pemerintah, mengingat, para petani ini merupakan bagian dari pelaku UMKM yang perlu dukungan. 

"Akan kami carikan solusi bagaimana meningkatkan sektor pertanian di Pekanbaru yang merupakan bagian dari UMKM," ujarnya lagi. 

Terakhir ia berharap agar Pemko Pekanbaru bisa memberikan perhatian lebih terhadap nasib para petani. Terlebih pasca pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

"Harapan kita, Pemko lebih perhatian ke kelompok tani yang ada di Pekanbaru. Termasuk kelompok tani berpotensi yang kita kunjungi tadi. Untuk melakukan pemulihan ekonomi tidak perlu jauh-jauh, kita ada sektor pertanian yang perlu digenjot dan disuport," pungkas TAF.  

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Eiki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kota Pekanbaru diselimuti kabut (foto/yuni)Pekanbaru Diselimuti Kabut Pagi Hari, Ini Penjelasan BMKG
Perayaan HUT Hotel New Hollywood ke-13 beralngsung meriah (foto/ist)Manajemen dan Karyawan Rayakan HUT Hotel New Hollywood ke-13
Pembersihan drainase di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru dengan mini excavator (foto/IG PUPRpku)Pemko Pekanbaru Keruk Drainase Pakai Excavator, Netizen: Kok Baru Sekarang?
Ilustrasi hotspot di Riau masih nihil (foto/int)Hotspot Pulau Sumatera Membara Lagi, BMKG: Riau Tetap Nihil
Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Indra.Pj Sekda Harap MTQ ke-42 Tingkat Provinsi Riau Berjalan Sukses dan Lancar
  ARA menggelar halalbihalal di Kebun Pribadi salah satu anggota ARA yaitu Prof Dr H Syafrinaldi (foto/ist)ARA Berkomitmen Perkuat Peranan dalam Pendidikan di Riau
Timnas Indonesia U-23 bersiap hadapi Yordania dalam pertarungan penentu nasib di Piala Asia U-23 2024 (foto/detik)Menegangkan, Timnas Indonesia Hadapi Yordania dalam Laga Penentu Nasib di Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi banjir di Pekanbaru dampak hujan lebat seharian (foto/int)Prakiraan Cuaca Hari Ini, Riau Hujan Lebat Sore-Malam, Waspadai Angin Kencang
ilustrasi Karhutla.Petugas Gabungan Siap Siaga di Sejumlah Pos Rawan Karhutla
Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.Pilwako Pekanbaru, Masyarakat Kota Pekanbaru Jangan Terlibat Politik Uang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved