www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Jadwal Liga Champions, Menanti Keajaiban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Walikota Disomasi karena Iklan Rokok, Legislatif Sebut Akibat Kelalaian OPD
Senin, 25 Januari 2021 - 15:59:19 WIB
DPRD Pekanbaru
DPRD Pekanbaru

PEKANBARU-  Legislatif di DPRD Kota Pekanbaru turut menyoroti persoalan somasi yang dilayangkan Komunitas Masyarakat Tidak Merokok kepada Walikota Pekanbaru, Firdaus terkait adanya iklan rokok yang tampil di videotron milik Pemerintah Kota Pekanbaru yang ada di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Riau.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri, hal tersebut bentuk kelalaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam memonitor pemasangan iklan yang berada persimpangan tugu zapin Jalan Sudirman tersebut.

"Selagi tidak melanggar aturan dan hukum di tempat kita, maka hal ini bisa menjadi atensi kita juga. Mungkin kejadian ini disebabkan oleh pelaku usaha yang tidak berkoordinasi dengan pemerintah kota Pekanbaru sehingga iklan rokok menjadi tayang. Jadi, disinilah tugas Bapenda dan DPMPTSP kota Pekanbaru untuk memonitor terhadap aktivitas pelaku usahausaha iklan sehingga ada hal atau tempat yang tidak dibenarkan oleh pemerintah kota Pekanbaru dalam penayangan iklan rokok," ungkap Azwendi, Senin (25/1/2021).

Dengan adanya somiasi tersebut, Azwendi juga meminta pemerintah kota Pekanbaru untuk berkoordinasi dalam tatanan dan aturan yang ada. Dan perlu juga pemerintah kota Pekanbaru untuk mendalami somisi ini, apakah somasi ini dilaksanakan.

"Ini ada kelalaian OPD terkait dalam memonitor dan hal ini menjadi cacatan khusunya dalam hal iklan rokok ini. Untuk teknis pemasangan iklan itu atur dalam Perwako. Memang, untuk tempat pemasangan iklan rokok ada tempat-tempat yang dilarang, seperti di area lingkungan sekolah dan jalan-jalan protokol," pungkas Azwendy.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, Walikota Pekanbaru, Firdaus disomasi lantaran adanya iklan rokok yang tampil di videotron milik Pemerintah Kota Pekanbaru. Somasi itu dilayangkan oleh Komunitas Masyarakat Tidak Merokok. Mereka meminta walikota untuk segera menertibkan iklan di videotron yang ada di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Riau tersebut.

Kuasa Hukum Komunitas Masyarakat Tidak Merokok, Supriadi Bone SH CLA, mengatakan, pihaknya berharap Walikota Pekanbaru segera melakukan tindakan tegas dan melakukan penertiban terhadap iklan rokok tersebut.

"Apabila dalam jangka waktu 7 x 24 jam terhitung dari surat somasi yang telah kita sampaikan hari ini tidak ada tindakan maka kita akan melakukan upaya hukum yang dianggap perlu dan melaporkan permasalahan ini kepada institusi yang berwenang," kata Supriadi, Sabtu (22/1/2021).

Dijelaskannya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung bahan zat adiktif produk tembakau bagi kesehatan dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan mengatur tentang iklan di luar ruangan harus memenuhi ketentuan.

Misalnya tidak dilakukan di kawasan tanpa rokok, tidak diletakkan di jalan utama atau protokol, harus diletakkan sejajar dengan bahu jalan dan tidak boleh memotong jalan dan ukurannya tidak boleh melebihi 72 meter persegi.

Bukan hanya itu, berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Pekanbaru Nomor. 605/DPD/X1//2015 yang menindak lanjuti Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru Nomor. 39 Tahun 2014 yang mengatur tentang kawasan bebas Iklan Rokok, dalam hal ini ada lima ruas jalan di Kota Pekanbaru yang harus bebas dari iklan rokok. Seperti di Jalan Pattimura, Tuanku Tambusai, Jalan Riau, Jalan Arifin Ahmad dan Jalan Jenderal Sudirman.

"Jadi terhadap pemasangan iklan rokok di videotron di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Riau atau Jalan Protokol Sudirman Kota Pekanbaru tersebut, diduga merupakan perbuatan melawan hukum dan merupakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 346 Tehun 2009 dan Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor. 39 Tahun 2014," terangnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa keberadaan videotron tersebut juga kerap mengganggu pengendara yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman. Pasalnya, efek cahaya dari videotron tersebut sering menyilaukan pengendara, terutama roda dua. Hal ini tentu dapat berbahaya untuk para pengendara.

Penulis : Mimi Purwanti
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala BKD Ikhwan Ridwan25 Pelamar Rebutan 3 Kursi Kepala OPD Pemprov
Sekda Abdul Haris, menyerahkan DPA Tahun Anggaran 2021, ke perwakilan OPD dan Camat. Sekda Rohul Serahkan DPA TA 2021 ke Seluruh OPD dan Kecamatan
Gubernur Riau SyamsuarAPBD Telah Disusun, Gubri Ingatkan OPD Lakukan Kegiatan Bermanfaat untuk Masyarakat
Ikhwan RidwanIngin Gantikan 3 Kepala OPD Pemprov Riau? Ini Syaratnya
Ikhwan RidwanPemprov Buka Seleksi Pengisi Jabatan Kepala OPD Riau yang Pensiun
  Bupati Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad AdilPemborosan Anggaran, H Adil Akan Rampingkan OPD dan Singkirkan Ratusan Pejabat Struktural
IlustrasiPengelolaan Sampah Pihak Ketiga Kembali Dapat Sorotan Legislatif
IlustrasiSeleksi Jabatan 3 Kepala OPD Pemprov Tidak Akan Diperpanjang
Kadiskominfo Rohul Drs Yusmar MSiServer Diskominfo Disambar Petir, Akses Internet OPD di Rohul Terganggu
Gubernur Riau SyamsuarTahun Ini, Gubri Targetkan Seluruh OPD Berlakukan E-Office

BERITA LAINNYA    
intJadwal Liga Champions, Menanti Keajaiban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
ZodiakRamalan Zodiak Selasa 9 Maret 2021 Capricorn, Aquarius, dan Pisces: Tetaplah Rendah Hati
ilustrasiCek di Sini Syarat Tes CPNS 2021
Kendaraan dinas dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti untuk dicek fisikAkan Dicek Fisik, Seluruh Kendaraan Dinas Apel di Kantor Bupati Kepulauan Meranti
Sekda Abdul Haris, Kapolres dan Danramil 02/ Rambah juga Kasi Pidum Kejari Rohul pantau peralatan untuk penanganan Karhutla di gudang BPBD RohulAntisipasi Karhutla, Kapolres dan Pemkab akan Bangun 3 Posko
  Yan Prana Jaya Jalani Tahap IIJalani Tahap II di Rutan Pekanbaru, Yan Prana Segera Jalani Persidangan
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang MuPolisi Bentuk Tim Khusus Ungkap Pelaku Pelempar Rumah Pejabat Kejati Riau dengan Kepala Anjing
intChelsea Vs Everton: Menang 2-0, The Blues Mantap di Empat Besar
Ketua PWI Riau, Zulmansyah SekedangBesok, Ketua PWI Riau Lantik Pengurus PWI Dumai
Suasana Sosialisasi Larangan Membakar Hutan dan Lahan kepada sejumlah elemen masyarakat, organisasi kepemudaan (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas)Semua Pihak Harus Berperan Aktif, Jangan Apatis
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved