www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Menkes Budi Gunadi: Masyarakat dan Pemerintah Harus Kerja Keras Tekan Laju Covid
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Soal Rasionalisasi APBD, DPRD Bengkalis Belum Dapat Laporan
Senin, 27 April 2020 - 15:51:27 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

BENGKALIS – DPRD Kabupaten Bengkalis belum mendapatkan laporan secara resmi apakah Pemerintah  Kabupaten Bengkalis sudah menuntaskan pembahasan rasionalisasi APBD 2020. Sehingga belum diperoleh gambaran berapa APBD yang  terpangkas akibat  rasionalisasi tersebut.

“Sampai saat ini saya belum mendapatkan laporan secara resmi, karena kebetulan saya pun masih di Duri. Secara lisan pun belum ada yang menghubungi jadi saya belum tau berapa  kisarannya,” ujar Ketua DPRD Bengkalis, Khairul Umam saat dihubungi melalui ponsel, Senin (27/4/2020).

Khairul Umam mengatakan, secara resmi DPRD sudah menyurati Plh Bupati Bengkalis untuk segera melakukan penyesuaian  anggaran sesuai dengan Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor 119/2813/SJ Nomor 177/KMK.07/2020 tentang percepatan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2020 dalam rangka penanganan corona disease atau Covid-19.

SKB dua Menteri mengharuskan pemerintah daerah sekurang-kurangnya melakukan penyesuaian pemangkasan anggaran 50 persen pada pos anggaran tertentu seperti belanja pegawai, belanja barang dan jasa, dan belanja modal.

Selain itu, Khairul Umam juga mengatakan agar Pemkab melakukan penyesuaian anggaran seiring dengan turunnya harga minyak dunia. Dengan demikian, bisa diperoleh berapa sebenarnya anggaran yang tersedia untuk belanja langsung maupun tidak langsung.

Pihaknya mendorong Pemkab untuk segera melakukan penyesuaian karena ada batas waktu yang diberikan untuk menyampaikan laporan hasil penyesuaian anggaran tersebut sejak diterbitkannya SKB. Kalau tidak maka sanksi akan menunggu berupa penundaan penyaluran dana DAU dan DBH sampai dilaporkannya penyesuaian anggaran.

Berdasarkan perhitungan sementara, Khairul Umam mengatakan, dengan adanya SKB 2 menteri dan juga  turunnya harga minyak dunia, APBD Bengkalis tahun 2020 akan berkurang sekitar Rp1,3 triliun. Dengan jumlah yang cukup besar tersebut, maka pihaknya sudah mewanti-wanti eksekutif agar menunda dulu seluruh proyek fisik, terutama proyek lelang dengan anggaran cukup besar. 

“Kecuali untuk pekerjaan yang sudah dimulai tentu mau tak mau harus dilanjutkan. Diluar itu kita minta agar ditunda sambil menunggu penyesuaian APBD selesai dilakukan,” katanya lagi.

Sebelumnya Plh Bupati Bengkalis Bustami HY saat dihubungi melalui pesan singkatnya menyampaikan, hasil rasionalisasi akan disampaikan setelah Peraturan Kepala Daerah (perkada) selesai dibuat dan dilaporkan ke DPRD. “Nanti setelah penetapan Perkada dan dilaporkan ke DPRD,” ujar Bustami melalui pesan WhatsApp.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua DPRD Bengkalis, Khairul Umam Banmus Agendakan Pelantikan Wakil Ketua DPRD Bengkalis
Almarhum Erry Ibrahim Kabag Humas dan Protokol DPRD Bengkalis Tutup Usia, Pj Bupati Sampaikan Ucapan Bela Sungkawa
Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis, Sofyan Pastikan PTM Tak Timbulkan Klaster Baru, Komisi IV DPRD Akan Gelar Hearing dengan Disdik Bengkalis
  Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam menyaksikan penandatangan berita acara pelantikan tiga orang anggota DPRD Bengkalis Pengganti Antar Waktu (PAW).	Tiga Anggota DPRD Bengkalis PAW Dilantik
Ketua DPRD Bengkalis, H Khairul Umam Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Ketua DPRD Bengkalis Minta Masyarakat Tahan Diri Liburan
Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi menandatangani berita acara  pengesahan  APBD 2021.APBD Bengkalis 2021 Disahkan Rp3,2 Triliun

BERITA LAINNYA    
Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi SadikinMenkes Budi Gunadi: Masyarakat dan Pemerintah Harus Kerja Keras Tekan Laju Covid
IlustrasiSudah Ditetapkan, 4 Daerah di Riau Usulkan Pelantikan Bupati dan Walikota Terpilih
Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit PrabowoHari Ini, Jokowi Lantik Listyo Sigit Sebagai Kapolri
  ilustrasiRamalan Zodiak Keuangan 27 Januari 2021, Gemini Dapat Rezeki Nomplok, Scorpio Batasi Pengeluaran
Anggota KPU Provinsi Riau, Firdaus SH (paling kiri) mengikuti sidang pemeriksaan pendahuluan MK secara Daring di Gedung Grand Mercure Jakarta. 
KPU Riau Dampingi 5 Daerah di Persidangan MK
Camat Dumai Timur, Zulfahren secara simbolis menyerahkan bantuan Pertamina RU II Dumai kepada Yustanto ketua MPA Kelurahan Tanjung Palas.
Mitigasi Bencana Karhutla, Pertamina Dumai Latih dan Bantu MPA Tanjung Palas
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved