www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
BPP Wilayah Riau Teken SPK Program Kota Tanpa Kumuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Desa Mentulik dan Rantau Kasih Dikepung Banjir, Bantuan Mulai Mengalir
Jumat, 10 Maret 2017 - 17:09:18 WIB

KAMPAR-Masalah banjir telah menjadi isu nasional di Indonesia setidaknya satu bulan terakhir. Ironi, mengingat saat ini pemerintah Provinsi Riau dan beberapa Pemerintah Kabupaten di Riau telah menetapkan Siaga Karhutla sejak  24 Januari 2017 lalu. Perubahan cuaca yang terjadi sejak awal tahun ini memang di luar prediksi banyak kalangan termasuk BMKG, yang akhir tahun lalu meprediksi bahwa Indonesia akan dilanda kemarau panjang sejak awal tahun 2017.

Perubahan cuaca di luar prediksi tersebut juga dirasakan oleh sebagian besar masyarakat yang berada disekitar daerah aliran sungai Kampar Kiri. Di antaranya masyarakat Desa Mentulik dan Rantau Kasih, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar.

Desa mentulik telah direndam banjir dengan ketinggian sampai dengan 110 Cm sejak Sabtu, (6/3/2017) lalu. Banjir disinyalir disebabkan oleh intensitas hujan yang cukup tinggi di derah hulu sungai, karena di sekitar desa sudah dua hari terakhir tidak turun hujan.

Tionsu, Kepala Desa Mentulik menyebutkan, luapan sungai Kampar Kiri kali ini telah merendam 120 rumah warga di Desanya. Yang menyebabkan aktivitas 365 KK di Desa Mentulik terganggu bahkan terhenti hampir satu pekan terakhir.

Tiounsu menuturkan, sudah tiga hari murid SDN 003, Desa Mentulik, Kecamatan Kampar Kiri Hilir diliburkan karena bangunan sekolah juga terrendam banjir. Selain itu, sebagian besar masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan dan berkebun juga terhenti akibat banjir.

"Pasar kaget yang biasanya setiap Rabu sore sampai malam hari setiap pekannya, juga terganggu. Rabu, (8/3/2017) lalu hanya beberapa pedagang yang datang akibat banjir," jelas Tionsu.

Sampai saat ini, Kamis (9/3/2017) sudah ada beberapa bantuan yang masuk ke desa. Salah satunya adalah sembako berupa beras dan mie instan dari PT Nusantara Sentosa (NSR).

"Saya, mewakili masyarakat dan perangkat Desa Mentulik mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat kami yang sedang dilanda banjir. Kami bersyukur PT NSR aktif dalam menyalurkan program Community Developmennya di desa kami," ungkap Tionsu.

Masyarakat di Desa Rantau Kasih juga mengalami dampak akibat kenaikan debit sungai Kampar Kiri. Ajisman,Sekertaris Desa Rantau Kasih menjelaskan sejak Sabtu (4/3) lalu akses desa ke ibu kota kabupaten di Bangkinang putus total.

Rumah yang terrendam banjir memang hanya 12 unit, namun 4 km jalan yang menghubungkan Desa Rantau Kasih dengan Sungai Pagar dan Bangkinang terrendam banjir.  Bahkan saat puncak banjir Sabtu (04/03) sampai dengan Rabu, (06/03) ketinggian banjir di jalan dan ponton penyebrangan mencapai satu sampai dengan dua meter.

Pendidikan anak-nak juga terganggu, beberapa guru SDN 002 Rantau Kasih, tidak bisa masuk karena ponton penyebrangan tidak bisa berfungsi. Untuk anak-anak yang belajar ditingkat SMP dan SMA mereka terpaksa tinggal di rumah saudara atau kerabatnya di sungai pagar sudah hampir sepekan ini.

"Ekonomi masyarakat juga terganggu, ibu-ibu yang biasanya belanja ke Sungai Pagar yang jaraknya hanya 11 km, saat ini harus belanja ke pasar segati atau bahkan simpang kampar yang jaraknya menjadi 15 sampai 20 km," tambah Ajisman.

Alkadri, Kadus II, Desa Rantau Kasih mengucapkan terimakasih atas perhatian PT Nusa Wana Raya (NWR) kepada masyarakat Rantau Kasih selama ini.

Saat musim banjir begini perusahaan selalu datang membantu dan berpartisipasi. "Januari lalu juga jalan kami yang melalui konsesi perusahaan sudah diperbaiki sepanjang 8 km. kalaulah tidak diperbaiki, mungkin saat ini, ketika jalan ke sungai pagar tidak bisa di lalui kami gak bisa kemana-mana, bantuanpun datang harus lewat helikopter," tambah Kadri dengan nada bercanda.

Anggi Siregar, staf Community Development PT Nusa Wana Raya dan Nusa Wana Raya menyebutkan, sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian, PT NWR dan NSR mendistribusikan bantuan sembako sebanyak 6 kwintal beras dan 50 kotak mie instan di Desa Mentulik dan Desa Rantau Kasih pada Kamis, (9/3/2017).

Selain itu, seperti dalam rilisnya, PT NWR telah membantu memperbaiki jalan desa Rantau Kasih sepanjang 8 km, pada 16 – 28 Januari 2017 lalu senilai Rp68 juta. "Semoga apa yang diberikan kepada masyarakat kiranya dapat bermanfaat dan tetap meningkatkan hubungan kerjasama antara masyarakat dan perusahaan," pungkas Anggi.
 
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala BPBD Riau Edward SangerBPBD Riau Akui Sudah Bersiap Hadapi Bencana Banjir
Warga Kampar beraktivitas di tengah bencana banjir.BPBD Riau Prediksi Banjir Kampar Terjadi pada Desember-Januari
 FOTO: GoogleBanjir Dampak Kurangnya Kendali Pengelolaan Alam
Genangan banjir di permukiman warga Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. FOTO: Kompas.Kebutuhan Posko Kesehatan dan Dapur Umum Banjir Kampar Belum Terpenuhi
Kepala BPBD Riau, Edward Sanger (baju dinas cokelat) menemui sejumlah warga untuk menyampaikan agar mengawasi anak-anak yang mandi di lokasi banjir di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (23/12/2019). FOTO: KompasAneh, Lokasi Banjir di Kampar Malah Jadi Tempat Wisata Dadakan
  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau, Edwar SangerCurah Hujan di Sumbar Tinggi, Pemprov Riau Waspadai Potensi Banjir
Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger.Warga Riau Diminta Waspada Bencana Banjir, Khususnya di Bantaran Sungai
Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto menyambangi warga di Kecamatan Kampar yang terkena banjir.Tinjau Lokasi, Bupati Kampar Perintahkan Instansi Terkait Layani Korban Banjir
Banjir Kampar, Riau.1.276 Warga Riau Terdampak Banjir Mulai Terserang Penyakit
Banjir Riau.Banjir dan Longsor Riau Telan 6 Korban Jiwa

BERITA LAINNYA    
BPP Wilayah Riau Teken SPK Program Kota Tanpa Kumuh
Tapir terjebak di kolam ikan milik warga Pekanbaru.Hewan Dilindungi Tapir Terjebak di Rumah Warga Pekanbaru
Ilustrasi437 Ruang Isolasi di Pekanbaru Ditempati Pasien Covid-19
Juru Bicara Satgas Covid-19 Pelalawan, AsrilWaduh! Pangkalan Kerinci Kembali Zona Merah Covid-19
Jozeph Paul ZhangJadi DPO, Jozeph Paul Zhang Bisa Dijemput Penyidik ke Jerman
  Ketua PKK Kabupaten Siak, Rasidah AbdulganiSempena Hari Kartini, Rasidah Ajak Perempuan Siak Teladani Tengku Agung Syarifah Latifah
Menteri ESDM Arifin TasrifPemerintah Berencana Tak Lagi Impor BBM dan LPG
Presiden Joko WidodoMegawati Desak Jokowi Reshuffle Kabinet? Ini Kata PDIP
IlustrasiHeboh Video Mesum Pelajar SMA Tersebar, Begini Respons Sekolah
Diisukan Kena Reshuffle, Nadiem Makarim Unggah Foto Bareng Megawati
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved