www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Warga Kampung Baru Kuansing Resah Akibat Beruang Madu Berkeliaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
BMT Beringharjo, Perjalanan 29 Tahun Mewujudkan Kemandirian Umat
Selasa, 21 November 2023 - 20:14:06 WIB
Karyawan EMP mengunjungi kantor BMT Beringharjo di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, akhir pekan lalu untuk bersilaturrahmi dan berdiskusi tentang membangun koperasi.(foto: istimewa)
Karyawan EMP mengunjungi kantor BMT Beringharjo di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, akhir pekan lalu untuk bersilaturrahmi dan berdiskusi tentang membangun koperasi.(foto: istimewa)

YOGYAKARTA - Ketua Umum Perhimpunan Baitul mal wattamwil (BMT), Mursida Rambe dalam sebuah diskusi bersama Tim CSR Energi Mega Persada di Yogyakarta menyatakan kunci melepas uang adalah pendampingan.

Diskusi ini merupakan bagian dari Forum Tanggungjawab Sosial (TJS) yang diselenggarakan SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) pada 15-17 November 2023.

Mursida, yang meraih SDG'S Award tahun 2023 dari Bappenas, memaparkan perjalanan BMT Beringharjo sejak berdiri pada 1994.

Dalam upayanya mengatasi pengaruh rentenir, ia bersama rekannya mendirikan lembaga keuangan syariah dengan modal Rp1 juta dari Dompet Dhuafa.

"Sistem yang dipakai di BMT menggunakan konsep nonriba, menyasar pedagang pasar untuk menyelamatkan mereka dari jeratan riba," ungkap Mursida.

Dimulai dengan pinjaman Rp25 ribu, BMT Beringharjo kini memiliki 35 ribu anggota, 217 pengelola, dan 20 kantor cabang di lima provinsi.

"Saati ini, aset BMT beringharjo mencapai 217 miliar rupiah," tambahnya.

Sementara itu, Land Matter and CSR Manager EMP, Amru Mahalli juga berterima kasih kepada BMT Beringharjo, berharap semangat membangun kemandirian umat yang ditunjukkan Ibu Rambe dapat diterapkan di areal operasi EMP.

"Koperasi jasa usaha mandiri syariah di lapangan PT imbang tata alam telah berhasil dengan total aset di atas Rp3 miliar," ungkap Amru.

Di area operasi EMP Bentu Limited, mereka juga sedang menggodok pembentukan koperasi syariah dengan inspirasi dari BMT Beringharjo.

Amru menuturkan, BMT Beringharjo menjadi role model bagi koperasi syariah di Indonesia, diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Energi Mega Persada.(rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Beruang madu di Kuansing.(foto: int)Warga Kampung Baru Kuansing Resah Akibat Beruang Madu Berkeliaran
Honda CRF1100L Africa Twin 2024.(foto: int)Dibanderol Rp633 Juta, Honda CRF1100L Africa Twin Terbaru Mengaspal di Indonesia
BRK Syariah menggelar pelatihan dan sertifikasi Penaksir Gadai Emas produk Rahn Emas (foto/ist)Terus Meningkat, Gadai Emas BRK Syariah Tumbuh Mencapai Rp79,2 M
  Gibran Rakabuming Raka resmi mundur dari jabatan Walikota Solo (foto/detik)Gibran Mundur dari Walikota Solo: Fokus Persiapan Pelantikan Wapres
Mobil Peugeot yang sudah disuntik mati.(foto: detik.com)Ini Deretan Mobil yang Tak Lagi Dijual di Indonesia pada 2024
Komitmen Telkomsel Ventures membuka peluang kolaborasi guna akselerasi pertumbuhan ekosistem inovasi dan transformasi digital Indonesia (foto/ist)Telkomsel Ventures Pimpin Pendanaan Startup Tictag: Akselerasi Inovasi Digital dan AI di Indonesia
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved