www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
PT SRL Salurkan Bantuan Kemitraan Masyarakat di Rupat
Kamis, 27 Oktober 2022 - 18:20:55 WIB
Perwakilan manajemen PT SRL menyerahkan bantuan alat tangkap ikan kepada kelompok nelayan Kuda Laut, di Kelurahan Darul Aman.(foto: herlina/halloriau.com)
Perwakilan manajemen PT SRL menyerahkan bantuan alat tangkap ikan kepada kelompok nelayan Kuda Laut, di Kelurahan Darul Aman.(foto: herlina/halloriau.com)

RUPAT - PT Sumatera Riang Lestari (SRL) menyerahkan bantuan kemitraan di tiga wilayah di Kecamatan Rupat.

Perwakilan manajemen perusahaan melalui Asisten Kepala, Alihuddin Batubara didampingi staf pemberdayaan masyarakat, Maryadi dan Lauwrentia Audrey menyerahkan bantuan alat tangkap ikan berupa jaring untuk kelompok nelayan tradisional di Desa Darul Aman dan ternak kambing untuk kelompok peternak di Kelurahan Pergam, Rabu (26/10/2022).

Bantuan sebanyak 422 kilogram jaring nelayan dan tali 60 kilogram diberikan manajemen perusahaan untuk kelompok nelayan Kuda Laut di Desa itu.

Sahlan, Ketua Kelompok Nelayan Kuda Laut kepada waryawan menjelaskan, jumlah anggota dan pengurus kelompok ini berjumlah 14 orang, dan tiap anggota memiliki jumlah jaring tradisional yang beragam.

"Ada yang punya lima bahkan puluhan jaring untuk tiap anggota nelayan," kata dia.

Supriyanto, anggota Nelayan Kuda Laut menjelaskan, faktor banyaknya tangkapan nelayan selain jumlah jaring juga dipengaruhi faktor cuaca.

Ia mengungkapkan, pada bulan keenam hingga akhir tahun jumlah tangkapan ikan maupun udang cenderung lebih sedikit akibat faktor angin serta pasang surut.

Dalam satu kali pengangkatan jaring yang dilakukan tiap anggota, bisa mendapatkan kurang lebih 50 kg baik udang maupun ikan.

Hasil tangkapan tersebut diolah lagi dalam bentuk ikan maupun udang kering yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi sebelum dijual di wilayah Kecamatan Rupat maupun di Kota Dumai.

Ia mengaku sangat terbantu dengan pemberian alat tangkap ikan untuk nelayan sehingga dapat menambah jaring tangkap sehingga meningkatkan jumlah hasil tangkapan.

Selain di Desa Darul Aman, di wilayah Kelurahan Pergam, perwakilan manajemen perusahaan juga menyalurkan program kemitraan dalam bentuk bantuan hewan ternak kambing untuk kelompok ternak kambing maju bersama sebanyak 11 ekor kambing yang terdiri satu pejantan dan 10 betina untuk kelompok itu.

Hengki Saputra, Ketua Kelompok Ternak menuturkan, masyarakat menjadikan budidaya ternak kambing sebagai salah satu usaha untuk menambah ekonomi masyarakat.

Selama ini masyarakat masih bertumpu dari hasil perkebunan baik karet, pinang, kelapa maupun kelapa sawit.

"Kami memanfaatkan sumber pakan ternak dari rumput yang tumbuh dari sela-sela tanaman di kebun sehingga tidak payah lagi mencarikan rumput untuk pakan. Selain itu kotoran hewan berguna sebagai pupuk," ungkapnya.

Bantuan juga diberikan untuk Kelurahan Tanjung Kapal, perusahaan juga memberikan bantuan peralatan kantor berupa komputer, printer dan juga perlengkapan pemotong rumput.

Staf pemberdayaan masyarakat perusahaan Maryadi mengatakan, perusahaan saat ini menjadikan program peningkatan ekonomi sebagai program unggulan.

"Target utama kami yakni memberdayakan masyarakat sehingga ada ada manfaat langsung yang dirasakan masyarakat terutama dalam peningkatkan ekonomi," pungkasnya.

Penulis: Herlina
Editor: Barkah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Seorang Polantas di lokasi kejadian kecelakaan maut Bus PMH vs motor di Simpang Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru.(foto: bayu/halloriau.com)Bus PMH vs Motor di Simpang Pasar Pagi Arengka Pekanbaru, Satu Orang Tewas
Dirjen Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika menyerahkan penghargaan kepada Head of Government Relations APRIL, Henky Setiawan Budyanto.(foto: istimewa)Terapkan Prinsip Industri Hijau, APRIL Kembali Terima Penghargaan dari Kemenperin
  Ilustrasi.(int)Dapat Dana Hibah dari AS, Riau Bakal Bangun Jalan dan Dermaga Baru di Pulau Rupat
Dekan FEB UIR Dr Hj Eva Sundari SE MM CRBC, Wakil Direktur I Pascasarjana UIR Dr H Efendi Ibnususilo SH MH dan Wakil Dekan III FEB UIR Dr H Zulhelmy SE MSi AK CA ACPA saat menerima SK Mendikbudristekdikti untuk Prodi Magister Akuntansi.(foto: istimewa)Direstui Mendikbud, UIR Resmi Memiliki Prodi Magister Akuntansi
SVP-Head of Region Sumatera IOH, Fahd Yudhanegoro (kiri) dalam Collabonation Tour Medan.(foto: istimewa)Collabonation Tour Medan Hadirkan Isyana Sarasvati, Kunto Aji, dan Tuan TigaBelas
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved