CSR
BREAKING NEWS :
Cara Unik Menurunkan Berat Badan, Menutup Hidung Jadi Salah Satunya
 
Tidak hanya Bapak-Bapak, Ibu-ibu di Tapung Juga Dapat Program DMPA PT PSPI-APP Sinar Mas Cegah Karhutla
Senin, 26/08/2019 - 13:23:24 WIB
   Luluk Andriani Proyek manager movement empower program APP-Sinar Mas, memberikan pengarahan kepada peserta Program Pemberdayaan Perempuan Dalam Pelestarian Lingkungan dan Kesejahteraan Keluarga PT PSPI.
Luluk Andriani Proyek manager movement empower program APP-Sinar Mas, memberikan pengarahan kepada peserta Program Pemberdayaan Perempuan Dalam Pelestarian Lingkungan dan Kesejahteraan Keluarga PT PSPI.
TERKAIT:

PETAPAHAN-PT Perawang Sukses Perkasa Industri (PSPI) yang merupakan mitra pemasok APP Sinar Mas Distrik Petapahan dalam musim kemarau tak henti-hentinya melakukan pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) yang mungkin terjadi di areal konsesi HTI (Hutan Tanaman Industri) milik perusahaan.

Disampaikan Humas PT PSPI Distrik Petapahan Junaidi, bahwa saat ini program yang dilakukan cukup effektiv. Kesadaran masyarakat semangkin tinggi.
 
“Alhamdulillah masyarakat di sekitar distrik kita sudah mulai menyadari bahaya karhutla. Masyarakat sudah saling menjaga dan bahu membahu dengan perusahaan dan unsur Upides dan Upika lainnya. Bagi kita dari perusahaan selalu melakukan sosialisasi dan bekerjasa dengan aparat dari TNI/Polri dan unsur lainnya dalam sosialisasi pencegahan karhutla di sekitar wilayah operasional perusahaan, dan salah satu proses sosialiasi karhutla tersebut kita dari perusahaan melaksanakan beberapa program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar operasional perusahaan yang kami koordinasikan dengan APP-Sinar Mas," katanya.

Diantara Program-Program DMPA yang selama ini telah dilakukan yaitu bidang: Peternakan Sapi, Holtikultura: tanaman, cabe, jagung, kacang-kacangan, Perikanan, UKM dan juga dibidang obat-obatan herbal dan ketrampilan bagi Perempuan dan Ibu-Ibu rumah tangga.

"Baru-baru ini kita melaksanakan pelatihan pemanfaatan tanaman di sekitar lingkungan rumah penduduk untuk dijadikan makanan olahan dan obat-obatan serta pelatihan ketrampilan tata rias yang dihadiri 75 orang peserta yang dihadiri dan dibuka kegiatan ini oleh Sekcam Tapung, Suparto. Untuk program ini, kita sengaja melatih peserta terutama perempuan dan Ibu-ibu dari tiga Desa di Kecamatan Tapung kabupaten Kampar dengan mendatangkan tenaga Pelatih dari lembaga Marta Tilaar yang sama-sama sudah kita ketahui prestasinya di Dunia Internasional,"jelas Junaidi.
 
Sementara itu menurut Pimpinan Trainer dari Marta Tilaar, Heru Datta W menyampaikan program pelatihan ini merupakan program pemberdayaan perempuan antara APP-Sinar Mas dengan Marta Tilaar.

"Selama ini kita sefaham dengan APP-Sinar Mas dalam program pemberdayaan perempuan, sebagaimana konsep yang diusung oleh Marta Tilaar, bagaimana penopang hidup dalam keluarga itu sebetulnya adalah perempuan, kebetulan dengan APP kita sefaham, dimana APP punya program pemberdayaan perempuan disekitar areal operasionalnya dengan program-program CSR (corporate social responsibility) yang diawali dengan  program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), dan kini yang menjadi sasaran program ini adalah Ibu-ibu rumah tangga, yang mana kita ajarkan bagaimana untuk bisa menopang hidup keluarga dengan meningkatkan income (pendapatan) keluarga," imbuhnya.
 
Sementara itu Pimpinan Program DMPA Perusahaan Patner APP Sinar Mas Wilayah Riau, Tahan didampimgi Humas PT Arara Abadi - APP Sinar Mas Forestry Wilayah Riau, Nurul Huda, menyampaikan PT PSPI merupakan salah satu perusahaan mitra pemasok APP Sinar Mas Wilayah Riau yang berada pada beberapa desa, yaitu: Desa Petapahan, Desa Suka Mulya, Desa Batu gajah, Desa Pasir Sialang dan Desa Genting Damai.

Desa-desa ini berdekatan dengan PSPI. Di beberapa Desa ini telah dilaksanakan Program-program Pemberdayaan, baik Program CSR maupun Program DMPA bidang, peternakan, pertanian, perikanan, ukm dan juga kita juga bantu permodalan, kemasan serta penjualannya, terutama masalah kemasan, karena salah satu faktor penjualan suatu produk tersebut adalah kemasannya.

"Kegiatan ini kita laksanakan selama dua hari yang kita namakan Program Pemberdayaan Perempuan Dalam Pelestarian Lingkungan dan Kesejahteraan Keluarga, yang jadi sasaran kita adalah Ibu-Ibu yang selama ini merupakan penopang ekonomi keluarga, yang mana kegiatannya adalah pelatihan dan pengenalan tanaman herbal dan obat-obatan, yang selama ini tanpa disadari diekitar pekarangan atau halaman rumah kita sebenarnya banyak manfaatnya baik untuk bahan makanan, minuman dan obat-obatan," kata Tahan menyampaikan. 
 
Luluk Andriani (38) dari Sustainability and Stakeholder Engagement divition APP Sinar Mas dipercaya Program ini sebagai Proyek Manager Movement empower program. Dia menambahkan tujuan program ini adalah bagian dari program DMPA.

"Kita dari APP melihat bahwa potensi perempuan-perempuan sangat besar untuk mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga maupun pemeliharaan lingkungan. Selama ini sebenarnya peran perempuan sangat besar namun kurang banyak terlibat dalam program DMPA, oleh sebab itu terlibatnya perempuan dalam program DMPA kita berharap perempuan-perempuan yang ikut program ini menjadi pendorong dan subjek dalam peningkatan kesejahteraan keluarga," bebernya. (rilis)






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Cara Unik Menurunkan Berat Badan, Menutup Hidung Jadi Salah Satunya
  • KLHK Segel 52 Perusahaan Terkait Karhutla, 8 Berada di Riau
  • Tak Ada Sumber Air, Relawan Rumah Zakat Harus Gali Parit Padamkan Lahan Terbakar
  • Hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXI, Bupati Bengkalis Imbau Posyantek Proaktif
  • Hutan Lindung Bukit Betabuh Terbakar, Dinas Kehutanan Provinsi Riau Terkesan Diam
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Agung Toyota Pekanbaru Serahkan CSR
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved