www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Sukmawati Keluar dari Islam Tepat di Usianya yang ke-70
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tanpa Alas Kaki, Jokowi Ikut Tanam Mangrove di Bengkalis
Selasa, 28 September 2021 - 16:15:04 WIB
Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat Bengkalis.
Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat Bengkalis.

BENGKALIS – Tak seperti biasanya di mana pada saat penanaman mangrove memakai sepatu boat, Presiden Jokowi memilih untuk bertelanjang kaki. Penanaman mangrove di sepanjang bibir pantai Raja Kecik Desa Muntai Barat tersebut merupakan agenda utama yang dilakukan presiden dalam kunjungannya ke pulau Bengkalis, Selasa (28/9/2021).

Entah apa alasan orang nomor satu di Indonesia ini memilih untuk bertelanjang kaki. Padahal pejabat lainnya yang ikut menemani melakukan penanaman dan sejumlah pejabat lainnya menggunakan sepatu boat. Selain Jokowi, Bupati Bengkalis Kasmarni juga terlihat tidak  menggunakan sepatu boat alias bertelanjang kaki.

Walau dengan bertelanjang kaki, Presiden Jokowi tampak santai dan tak merasa jijik. Di lokasi yang telah dipersiapkan, Jokowi menanam bibit mangrove lalu menyiramnya. Tidak hanya itu, Jokowi juga sempat beinteraksi dengan masyarakat, di antaranya anak-anak yang ikut menanam mangrove. Jokowi ikut membantu mengurug bibit mangrove yang ditanam anak-anak lalu menyiramnya. Terlihat Jokowi begitu santai berkomunikasi dengan mereka.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi masyarakat Bengkalis yang ikut berpartisipasi dalam penanaman mangrove bersamanya.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam penanaman mangrove pagi ini," ujarnya.

Dikatakannya, kunjungan kali ini bersama Menteri LHK dan Badan Restorasi Gambut khusus melakukan penanaman mangrove bersama-sama. Dengan harapan kawasan yang ditanam hari ini ke depan bisa diperbaiki dan direhabilitasi.

"Dalam rangka mengendalikan abrasi dan mendukung ekowisata yang ada di daerah. Dengan harapan bisa mendukung ekonomi masyarakat sekitar," katanya.

Jokowi mengatakan, rehabilitasi mangrove dilaksanakan tidak hanya di Kabupaten Bengkalis, tetapi seluruh Tanah Air akan dilakukan di lokasi-lokasi yang diperlukan.

"Hutan mangrove ini menyimpan karbon sebanyak 4 sampai 5 kali lipat lebih banyak dari hutan tropis daratan. Sehingga akan berkontribusi besar dalam penyerapan emisi karbon," ujarnya.

Dengan upaya ini sebagai bentuk meneguhkan komitmen Indonesia terhadap Paris Agreement, perubahan iklim dunia. Pada tahun 2021 ini pemerintah akan melakukan rehabilitasi mangrove keseluruh tanah air.

"Lahan yang kita rehabilitasi sebanyak tiga puluh empat ribu hektare lahan diseluruh tanah air," ungkapnya.

Jokowi juga mengapresiasi pengembangan kawasan Wisata Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis yang memadukan ekosistem hutan mangrove. Melalui pengembangan ekowisata ini, tentu Presiden berharap akan memberikan dampak positif yakni perbaikan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan wisata Pantai Raja Kecik, Desa Muntai Barat.

“Saya berharap kawasan yang terabrasi bisa diperbaiki dan rehabilitasi dalam rangka mengendalikan abrasi sekaligus mendukung ekowisata daerah rehabilitas mangrove akan terus dilakukan tidak hanya di Kabupaten Bengkalis, tetapi di seluruh tanah air yang memang diperlukan,” ungkapnya.

Usai menanam bibit mangrove di Pantai Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Bupati Bengkalis Kasmarni menyempatkan diri menelusuri jembatan menjulang panjang di bibir pantai.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Rico

 

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Sukmawati SoekarnoputriSukmawati Keluar dari Islam Tepat di Usianya yang ke-70
Wakil Presiden Maruf AminMa'ruf Amin: Kemiskinan Tidak Selesai Hanya dengan Bansos
IlustrasiDisdik Pekanbaru Minta Sekolah Hanya Berlakukan PTM Satu Sesi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga HartartoMenko Airlangga Sebut Program Kartu Prakerja Sukses Kurangi Dampak PHK
Pasar Cik Puan PekanbaruDPRD Pekanbaru Pertanyakan Kepastian Pembangunan Pasar Cik Puan
  Penyampaian materi pelatihan Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang digelar PWI Riau. PWI dan SKK Migas Sosialisasi LKTJ Migas dan Anugerah Jurnalistik Adinegoro
Sukmawati SoekarnoputriAnak dan Keluarga Setuju Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hinda
Barang bukti yang diamankan polisi. Polisi Ungkap Penimbunan BBM Jenis Solar di Rohul, 3 Orang Diamankan
Tinjau pelaksanaan vaksinasi di sekolahDukung PTM Nyaman, Vaksinasi di Kepulauan Meranti Sasar Kalangan Pelajar
Ekspose Potensi Kampung Tanjung Kuras Kecamatan, Sungai Apit, di Kantor Bupati Siak, Jamat (22/10/2021).Pantai Beting dan Hutan Mangrove Tanjung Layang Potensi Wisata Bahari Tersembunyi
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved