www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Toyota Raize 1.200 cc Resmi Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkapnya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Periode Zonasi Ini Jadi Rujukan Pelaksanaan Salat Ied di Masjid Bengkalis
Minggu, 09 Mei 2021 - 18:13:25 WIB
Alwizar
Alwizar

BENGKALIS – Periode zonasi dari tanggal 4 Mei hingga 10 Mei akan menjadi rujukan boleh tidaknya desa/kelurahan melaksanakan salat Ied di rumah ibadah (masjid). Sementera itu, hingga Minggu (9/5/2021), belum ada  desa/kelurahan di Kabupaten Bengkalis yang ditetapkan sebagai zona merah.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada (desa zona merah,red) dan mudah-mudahan jangan sampai ada. Ini tentu butuh kerja sama dan kesadaran semua pihak dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis melalui oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Bengkalis Alwizar kepada wartawan, Minggu (9/5/2021).

Alwizar mengatakan, Pemerintah menggunakan kriteria zonasi pengendalian wilayah diberlakukan hingga tingkat rukun tetangga (RT). Untuk tingkat RT memang ada desa-desa yang digolongkan zona merah namun jumlahnya tidak banyak. Kalau hingga tanggal 10 Mei tidak ada penambahan zona merah pada tingkat RT, maka berkemungkinan besar seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Bengkalis bisa melaksanakan salat Ied di rumah ibadah.

“Kita menggunakan periode zonasi dari tanggal 4 Mei hingga 10 Mei 2021 untuk dijadikan rujukan pelaksanaan salat Ied. Kalau tidak ada lonjakan penambahan kasus, maka kemungkinan besar tidak akan ada perubahan zona. Artinya untuk desa-desa dan kelurahan yang tidak masuk ke zona merah atau orange, bisa melaksanakan salat Ied di rumah ibadah,” ujar Alwizar.

Untuk memastikan hal itu, sambung  Alwizar, pada hari Senin tanggal 10 Mei 2021, pihaknya akan segera merilis zona-zona seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bengkalis. “Penetapan zona ini nantinya bisa dijadikan rujukan bagi desa dan kelurahan untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Insyaallah besok sore hasilnya akan saya share ke kawan-kawan,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Alwizar kembali mengimbau kepada  seluruh masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan. Upaya ini bertujuan untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial, ekonomi di Kabupaten Bengkalis. "Pakai masker bila keluar rumah dan di tempat umum, selalu menjaga jarak (Physical Distancing) dan sering mencuci tangan memakai sabun," ujar Alwizar.

Sementara itu, Bupati Bengkalis  telah mengeluarkan surat edaran nomor 1080/SE/2021 tentang pelaksanaan  kegiatan sempena hari raya Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19. Salah satunya terkait dengan pelaksanaan salat Ied dimana untuk daerah dengan zona hijau/kuning dapat melaksanakan salat Ied di masjid/musala dengan persyaratan antara lain, jumlah jemaah tidak melebihi 50% data tampung, mengikuti standar protokol kesehatan secara ketat, bagi yang sakit tidak ikut shola Ied, melakukan penyemprotan desinfektan, tidak bersalam-salaman dan durasi khutbah tidak lebih dari 15 menit.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Toyota Raize 1.200 ccToyota Raize 1.200 cc Resmi Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkapnya
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)(PIERRE-PHILIPPE MARCOU)
Jadwal MotoGP Jerman 2021, Tantangan Marquez Pertahankan Dominasi
IlustrasiHati-hati Jika Muncul Iklan di Ponsel, Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya
IlustrasiWaspada! 144 Balita di Jakarta Positif Corona
Gagal Foto dengan Jokowi, Dua Orang Ini Malah Diamankan Petugas
  Daihatsu Rocky 1.2Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2, Ini Harganya
intBelanda Vs Austria, Menang 2-0, De Oranje ke 16 Besar Euro 2020
Cristiano RonaldoMarcus Rashford: Cristiano Ronaldo Sekarang Banyak Berubah
Kadis Perpusip Rohul Damri Poti memberikan hadiah kepada pelajar yang juara mendongeng.Budayakan Membaca di Kalangan Pelajar, Dispusip Rohul Gelar Lomba Mendongeng
IlustrasiKomnas Perlindungan Anak Berkunjung ke Rumah Bupati Siak Bahas Soal Kabupaten Layak Anak
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved