www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Hotspot Riau Turun Drastis Sore Ini, Membara di Empat Kabupaten
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Musrenbang RPJPD Agenda Penting, Bupati Bengkalis Larang Pejabat Keluar Ruangan
Selasa, 28 Mei 2024 - 17:49:23 WIB

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Kasmarni sempat melarang seluruh pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis keluar ruangan meninggalkan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) 2025-2045, Selasa (28/5/2024).

Rapat berlangsung di ruang Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati, Kasmarni menyatakan Musrenbang tersebut merupakan salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan guna menghasilkan RPJPD Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045 yang aspiratif dan berkelanjutan.

"Jangan ada yang keluar sampai acara selesai. Ngantuk, cuci muka. Panitia buat laporan tertulis, kepala perangkat daerah mana saja yang tidak mengikuti serta meninggalkan forum ini buat rekomendasi untuk menjadi catatan. Hargai orang berbicara di depan, resapi semoga bisa masuk dalam pemikiran dan menjadi gagasan," tegas Bupati.

Kasmarni mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyatukan tekad dengan menyampaikan ide, gagasan dan sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif lainnya, guna penyempurnaan rancangan RPJPD Kabupaten Bengkalis 20 tahun ke depan.

"Mari bersama-sama kita wujudkan visi jangka panjang Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045 yakni Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera berbasis Perekonomian yang Unggul dan Berkelanjutan," ujar Bupati Kasmarni.

Penyusunan RPJPD ini menurut Bupati, salah satu agenda Nasional dan dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia. Mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2024 dan surat edaran bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/kepala Bappenas nomor 1 tahun 2024 tentang penyelarasan RPJPD dengan RPJPN tahun 2025-2045, maka penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 ini telah pula kita selaraskan dengan RPJPN tahun 2025-2045 dan RPJPD Provinsi Riau tahun 2025-2045, yang kemudian dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi Riau melalui Bappeda Provinsi Riau.

"Bertujuan agar apa yang menjadi tujuan pembangunan Kabupaten Bengkalis ke depan dapat terintegrasi, selaras, konsisten dan sinergi dengan tujuan pembangunan Provinsi Riau dan pembangunan nasional," terangnya lagi.

Guna mendukung visi Indonesia Emas 2045 yakni Menuju Masyarakat yang Berdaulat, Maju dan Sejahtera, serta visi jangka panjang Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045 yakni Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa) berbasis Perekonomian yang Unggul dan Berkelanjutan. Bupati Kasmarni menyebutkan bahwa sejak saat ini ada beberapa kebijakan strategis daerah yang sangat penting untuk dilanjutkan.

"Diantaranya rencana konektivitas langsung antara Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera dan mencetak generasi emas Kbupaten Bengkalis. Di mana kedua kebijakan tersebut dilakukan melalui pengintegrasian kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," imbuh Kasmarni. 

Pada agenda Musrenbang RPJPD ini, bupati juga berharap agar betul-betul saat merumuskan rencana pembangunan yang dapat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis. Ia meminta seluruh kepala OPD dapat betul-betul serta pihak yang terlibat untuk bersama-sama memberikan pemikiran dalam proses penyusunan RPJPD 2025-2045.

Hadir dalam kesempatan itu, Pimpinan DPRD Bengkalis, Sofyan, dan sejumlah anggota DPRD Bengkalis, diantaranya H Arianto dan H Zamzami, Sekda Bengkalis, dr Ersan Saputra, para anggota Forkopimda, Pejabat Tinggi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, pimpinan perusahaan, perbankan, Kadin, Perguruan Tinggi, pengurus organisasi sosial kemasyarakatan dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga menghadirkan Pembicara dari Balitbang Provinsi Riau, diwakili Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Andi Ista Tutih dan Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis, Rinto.

Penulis: Zulkarnain
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hotspot di Riau turun drastis (foto/int)Hotspot Riau Turun Drastis Sore Ini, Membara di Empat Kabupaten
Kendaraan sumbu tiga belum boleh lewati Jalur Lembah Anai (foto/int)Jalur Lembah Anai Resmi Dibuka, Hanya Kendaraan Ini yang Boleh Lewat
Afrizal Sintong-Setiawan resmi terima SK dari DPP PKS sebagai Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Rohil (foto/Afrizal)Afrizal Sintong-Setiawan Resmi Diusung PKS di Pilkada Rohil 2024
Walikota Dumai (kiri) Paisal bersama Pj Gubri, SF Hariyanto (foto/Yuni)Perbaikan Infrastrukur di Dumai Gencar Dilakukan Pemprov Riau, Ini Reaksi Wako Paisal
Kapolres Rohil, AKBP Isa Imam Syahroni mengungkap motif pembunuhan Putri di Parit Atmo (foto/afrizal)Kapolres Rohil: Pembunuhan Putri di Parit Atmo Dipicu Api Cemburu
  Hinca Panjaitan desak Kejati Riau usut tuntas dugaan korupsi di PT PHR (foto/ist)Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Ketua DPW Pujakusuma Riau, Muhdi Prasojo serahkan SK ke Rinaldi Marsa untuk menahkodai Pujakusuma Pelalawan (foto/Andy)Terima SK, Rinaldi Marsa Resmi Pimpin Pujakusuma Pelalawan
Bupati Inhu, Rezita memulai kegiatan dengan senam bersama masyarakat di Lapangan Porpes, Batang Peranap (foto/andri)Antusias Warga Senam Bersama Bupati Inhu dalam Agenda Irama Desa di Batang Peranap
Aliya Nengsih (foto:ist) Aliya Nengsih, Mahasiswa Fikom Umri Raih Medali Emas Kejuaraan Internasional Taekwondo
Sekda Rohil, Fauzi buka Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045 (foto/afrizal)Sekda Rohil Resmikan Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved