www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Dipenuhi Tumbuhan Bakung, Wabup Tinjau Normalisasi Sungai Siak Kecil
Kamis, 25 Januari 2024 - 17:06:20 WIB

SIAK KECIL - Berbagai Upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menangani banjir di Kecamatan Siak Kecil. Salah satunya adalah dengan melakukan normalisasi Sungai Siak Kecil dengan menggunakan alat berat.

Proses normalisasi Sungai Siak Kecil ini langsung disaksikan Wabup Bengkalis Dr Bagus Santoso bersama instansi terkait, Kamis (24/1/2024). Tampak di lapangan alat berat excavator Amfibi PC80 dengan melakukan normalisasi Sungai Siak Kecil yang sudah penuh dengan tumbuhan air.

"Memang untuk menuntaskan permasalahan yang kita hadapi di sungai ini butuh dukungan dari semua pihak, baik dari Kementerian PUPR, Provinsi, Swasta dan juga masyarakat," ujar Bagus Santoso.

Dikatakan, sejak tahun 1980 sungai Siak kecil ini memang belum pernah tersentuh untuk dibersihkan, maka hari ini dimasa kepemimpinan Kasmarni-Bagus Santoso secara bertahap dilakukan.

"Kebijakan normalisasi sungai ini adalah kebijakan Kementerian PUPR, namun kendalanya saat ini yang kita hadapi adalah kurangnya perhatian. Karena Pemkab Bengkalis melalui Dinas PUPR sudah melayangkan surat bahkan sudah hadir langsung di Kementerian PUPR untuk menyampaikan permasalahan urgen yang kita hadapi," kata Bagus.

Masih kata Bagus Pemkab Bengkalis sudah berbuat, semoga dengan langkah yang kita lakukan ini nantinya ada perhatian khusus dari Kementerian PUPR, Provinsi Riau, Balai Wilayah Sungai Sumatera III serta swasta.

Kemudian Bagus menambahkan, awalnya Sungai Siak Kecil ini lebarnya 100 meter dan panjangnya 79 KM menuju ke Tasik, saat ini lintasan sungainya dengan lebar 5 meter bahkan lebih kurang 1,5 KM sungainya tertutup ditumbuhi tumbuhan bakung, tumbuhan kampai, tumbuhan kasau bahkan pohon sagu.

"Sungai Manggis Desa Lubuk Gaung kita lihat sungainya tertutup habis oleh semak belukar bahkan ditumbuhi pokok sagu. Sehingga arus sungainya terhambat maka kendalanya banjir di Kecamatan Siak Kecil ini lambat surutnya," ujarnya lagi.

Dikesempatan tersebut Sekretaris PUPR Erdila mengatakan 1 excavator amphibi PC80 yang sudah disediakan ini 1 tahun pun tidak akan tuntas melakukan normalisasi Sungai Siak Kecil. Hambatannya, yang disampaikan ke Wakil Bupati adalah realita karena tumbuhan bakung, tumbuhan kampai, tumbuhan kasau memiliki akar yang kuat.

"Kita butuh 10 Excavator amphibi PC 200 untuk membersihkan tumbuhan bakung, kampai, kasau ini, semoga dengan kita bergerak nantinya ada perhatian dari Kementerian PUPR," ujar Erdila.

Penulis: Zulkarnain

Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hotspot masih menyala di Pulau Sumatera (foto/int)Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
ilustrasi NPWP.Cara Cek NIK Sudah Padan dengan NPWP atau Belum
Syamsuar, Edy Natar dan Muhammad Nasir.Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024
Kapolda ajak Bupati Sintong dan Wabup Sulaiman salam damai.Sempat Nyaris Adu Jotos, Bupati-Wabup Rohil Didamaikan Kapolda Riau
Bakar tongkang di Bagansiapiapi, Rohil.(foto: mcr)Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
  (ki-ka) Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung Nugroho, Ida Yulita, dan mantan Pj Wako Muflihun (foto/int)Adu Elektabilitas Jelang Pilwako: Agung Nugroho dan Ida Teratas, Muflihun Ungguli Dr Ikhsan
Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
ilustrasi.PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Program TMC di Riau.(foto: mcr)Tahap Kedua TMC di Riau, Sudah 6.400 Kg Garam Disemai
Rektor Umri, Saidul Amin.(foto: mcr)Umri Rayakan Milad Ke-16 dengan Serangkaian Acara Penting
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved