www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Mahasiswa di Yogyakarta Sampaikan Tiga Usulan ke Pemkab Bengkalis
Senin, 25 September 2023 - 18:21:26 WIB

BENGKALIS - Mahasiswa asal Kabupaten Bengkalis yang menempuh pendidikan di Yogyakarta sampaikan tiga usulan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis. Usulan disampaikan Ketua IPRY Komisariat Bengkalis, Amirul Faizani usai pelantikan pengurus Yogyakarta, Minggu (24/9/2023).

Ketiga usulan tersebut yakni terkait pembangunan asrama putri, jaminan layanan kesehatan bagi mahasiswa dan renovasi asrama putra Sri Buantan, Bengkalis. Alasan Amirul Faizani menyampaikan tiga usulan itu. Karena dinilai sangat penting untuk menunjang dan membantu mahasiswa yang menempuh pendidikan di Yogyakarta.

Seperti terkait pembangunan asrama putri, mengingat tidak semua mahasiswa yang belajar di Yogyakarta bukan seluruhnya dari kalangan orang mampu.

Selanjutnya terkait usulan jaminan layanan kesehatan, Amirul Faizani mengatakan mahasiswa di perantauan, khususnya Yogyakarta, yang ingin berobat, harus mengeluarkan biaya. Untuk meringankan beban mahasiswa saat sakit, disarankan ada program kerja sama antara Pemkab Bengkalis dengan rumah sakit di Yogyakarta.

Usulan ketiga terkait dengan renovasi asrama Sri Buantan, Bengkalis. Karena banyak juga bangunan dari asrama itu yang bocor, plafon rusak. Untuk itu diharapkan ada renovasi asrama pada tahun ini ataupun tahun depan.

"Kami mohon agar bapak dapat menyampaikan persoalan ini kepada Bupati Bengkalis ibu Kasmarni," ungkapnya.

Ketiga usulan itu diperkuat Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta Randy Wahyu Riyanda yang juga berasal dari Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Ditambahkan Randy, selain ketiga persoalan tersebut, ada persoalan yang dihadapi mahasiswa di perantauan, memang sifatnya kondisional. 

Randy, mencontohkan ketika ada mahasiswa yang mengalami musibah, yakni wafat saat menempuh pendidikan di Yogyakarta. Tidak semua mahasiswa dari kalangan orang kaya, tapi dari keluarga tak mampu.

Saat itu selaku Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta, harus bekerja keras untuk mengumpulkan biaya pemulangan jenazah, totalnya mencapai Rp17 juta. Terkait dengan hal tersebut, diharapkan agar pemerintah daerah dapat memperhatikannya.

Selain itu, terkait promosi daerah untuk sektor budaya, produk UMKM dan lainnya, Randy berharap agar Pemkab Bengkalis dapat menggandeng tangan mahasiswa di perantauan. Intinya mahasiswa siap menjadi duta untuk membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi daerah.

"Belum lama ini, kami pernah menggelar festival budaya Melayu di Titik Nol Kilometer di Jogja. Alhamdulillah, sambutannya luar biasa. Ini bukti kami siap untuk andil promosikan potensi daerah," ujar Randy

Sementara itu Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, menyambut baik usulan yang disampaikan mahasiswa Kabupaten Bengkalis di Yogyakarta. Terkait usulan pembangunan asrama putri, agar disampaikan secara tertulis. Selanjutnya akan menjadi salah satu pertimbangan Pemkab Bengkalis. Namun Bagus Santoso menegaskan saat ini Pemkab Bengkalis memfokuskan skala prioritas pembangunan, menyangkut sektor pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur daerah.

Kemudian terkait dengan usulan jaminan kesehatan, Bagus Santoso menegaskan  masalah kesehatan menjadi prioritas Pemkab Bengkalis, sehingga usulan ini perlu ada penjajakan antara Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dengan pihak Pemerintah Yogyakarta, khususnya pusat layanan kesehatan setempat.

Wabup juga mengajak mahasiswa, agar tidak hanya mengejar nilai tinggi, namun harus mampu mengembangkan diri untuk membuka jejaring, mulai belajar menjadi penguasa muda menjalin kerjasama dengan UMKM di Kabupaten Bengkalis untuk memasarkan produk daerah.

Penulis: Zulkarnain
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kepala Bapenda Riau, Eva Refita.(foto: mcr)TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Enam Kepala OPD Pemprov Riau jalani uji kompetensi besok (foto/int)6 Kepala OPD Pemprov Riau Jalani Uji Kompetensi Besok, Rotasi Besar-besaran Menanti
Pembangunan Flyover Panam Pekanbaru masih tahap pembebasan lahan (foto/tribunpku)Butuh Rp57 M Lagi, Pemprov Riau Kebut Lunaskan Ganti Rugi Lahan Flyover Simpang Panam
Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso (foto/int)Travel Gelap Merajalela, Dishub Pekanbaru Minta Pengusaha Segera Lengkapi Izin Operasional
Ekspos kasus pembunuhan pacar di Rokan Hilir (foto/detik)Terbongkar, Pemuda di Rohil Perkosa Pacar Sebelum Dibunuh
  Ketua ASN PPPK 2022 Riau, Eko Wibowo mendesak kepastian jadwal seleksi (foto/ist)Honorer di Riau Risau, Minta Kepastian Jadwal Seleksi PPPK 2024
Petugas Bapenda Kepulauan Meranti saat melakukan pengecekan di salah satu penangkar sarang waletBapenda Kepulauan Meranti Klaim Realisasi PAD Capai Target, OPD Penghasil Retribusi Diharapkan Bersinergi
Ilustrasi Dinkes Pekanbaru launching PIN Polio besok (foto/int)Besok Dinkes Pekanbaru Gelar PIN Polio Serentak, Ini Lokasinya
Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi (foto/int)Ketua DPRD Pekanbaru Soroti Penemuan Narkoba di Razia THM
Wako Paisal dan Kapolres AKBP Dhovan Oktavianton beri kejutan ke Kajari Dumai (foto/bambang)Momen Keakraban, Walikota dan Kapolres Beri Kejutan ke Kajari Dumai
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved