www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Abrasi Ancam Kedaulatan NKRI
Bupati Kasmari Sampaikan Proposal Senilai Rp2,3 Triliun ke BNPB
Minggu, 29 Januari 2023 - 16:37:37 WIB

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Kasmarni menyampaikan proposal bantuan senilai Rp2,3 triliun ke BNPB RI melalui Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Jarwansyah saat Kunker Komisi VIII DPR RI dan BNPB RI ke gedung Bathin Betuah, Kompleks Kantor Camat Mandau.

Proposal bantuan yang diajukan Bupati Kasmarni yakni kebutuhan logistik dan peralatan dalam rangka penguatan kapasitas BPBD Bengkalis serta proposal penanggulangan abrasi di sejumlah pantai di Kabupaten Bengkalis.

"Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan isu strategis di kabupaten bengkalis salah satunya terjadi abrasi secara masif di pulau bengkalis, pulau rupat dan pesisir daratan sumatera yang sudah berlangsung cukup lama," kata Kasmarni, Sabtu (28/1/2023).

Bupati Kasmarni juga membeberkan terjadi bencana tanah longsor (bug burst) disertai abrasi parah di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis.

"Pemkab bengkalis sudah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi abrasi dengan membangun pengaman pantai, baik berupa breakwater maupun revertment, termasuk pemulihan ekosistem mangrove, tetapi usaha ini belum maksimal karena terbatasnya keuangan daerah," ungkapnya.

"Akibat terjadinya abrasi, menyebabkan mundurnya garis pantai berkisar 10-20 meter/tahun karena tingginya gelombang dan arus pasang surut di sepanjang garis pantai, termasuk rusaknya beberapa permukiman penduduk, fasilitas umum, perkebunan masyarakat dan budidaya tanaman mangrove," sambungnya.

Isu lainnya yang disampaikan Kasmarni berkaitan kawasan pantai Kepulauan Bengkalis yang merupakan wilayah yang berhadapan langsung dengan batas negara tetangga (Malaysia). Kondisi tersebut menjadi alasan pertimbangan perlu diprioritaskan pengamanan pantai sebagai acuan batas kedaulatan NKRI.

"Selama ini penanganan abrasi pantai, diprioritaskan pada titik-titik kritis, dengan laju abrasi rata-rata di atas 7 meter setiap tahun. Beberapa tahun ini telah dibangun pengaman pantai pada titik kritis tersebut, tetapi belum sepenuhnya meng-cover panjang abrasi yang terjadi," ungkap Kasmarni.

Menanggapi permasalah di Kabupaten Bengkalis, Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Riau I, Achmad memberikan dukungan dan dorongan kepada Kabupaten Bengkalis dalam proposal yang diajukannya.

"Kita memahami bagaimana kritisnya ancaman kehidupan masyarakat di daerah bengkalis. Kami hanya menjembatani saja. Namun ketika ada proposal dari daerah bengkalis, kami akan kawal proposal itu sampai jadi," tegas Achmad.

Sementara itu, Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB RI, Jarwansyah meminta Kabupaten Bengkalis menyiapkan proposal dengan lengkap untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh BNPB.

"Jadi, kami harap dipersiapkan betul proses pengajuan, hari ini sudah banyak daerah yang mengusulkan dan kami evaluasi. Dari kabupaten bengkalis kami minta untuk dilengkapi dan jangan sampai ada yang kurang," tegas Jarwansyah.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved