www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
BMKG: Riau Berpotensi Diguyur Hujan Tak Merata
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Abrasi Ancam Kedaulatan NKRI
Bupati Kasmari Sampaikan Proposal Senilai Rp2,3 Triliun ke BNPB
Minggu, 29 Januari 2023 - 16:37:37 WIB
Bupati Bengkalis, Kasmarni menyerahkan proposal ke BNPB RI.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)
Bupati Bengkalis, Kasmarni menyerahkan proposal ke BNPB RI.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Kasmarni menyampaikan proposal bantuan senilai Rp2,3 triliun ke BNPB RI melalui Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Jarwansyah saat Kunker Komisi VIII DPR RI dan BNPB RI ke gedung Bathin Betuah, Kompleks Kantor Camat Mandau.

Proposal bantuan yang diajukan Bupati Kasmarni yakni kebutuhan logistik dan peralatan dalam rangka penguatan kapasitas BPBD Bengkalis serta proposal penanggulangan abrasi di sejumlah pantai di Kabupaten Bengkalis.

"Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan isu strategis di kabupaten bengkalis salah satunya terjadi abrasi secara masif di pulau bengkalis, pulau rupat dan pesisir daratan sumatera yang sudah berlangsung cukup lama," kata Kasmarni, Sabtu (28/1/2023).

Bupati Kasmarni juga membeberkan terjadi bencana tanah longsor (bug burst) disertai abrasi parah di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis.

"Pemkab bengkalis sudah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi abrasi dengan membangun pengaman pantai, baik berupa breakwater maupun revertment, termasuk pemulihan ekosistem mangrove, tetapi usaha ini belum maksimal karena terbatasnya keuangan daerah," ungkapnya.

"Akibat terjadinya abrasi, menyebabkan mundurnya garis pantai berkisar 10-20 meter/tahun karena tingginya gelombang dan arus pasang surut di sepanjang garis pantai, termasuk rusaknya beberapa permukiman penduduk, fasilitas umum, perkebunan masyarakat dan budidaya tanaman mangrove," sambungnya.

Isu lainnya yang disampaikan Kasmarni berkaitan kawasan pantai Kepulauan Bengkalis yang merupakan wilayah yang berhadapan langsung dengan batas negara tetangga (Malaysia). Kondisi tersebut menjadi alasan pertimbangan perlu diprioritaskan pengamanan pantai sebagai acuan batas kedaulatan NKRI.

"Selama ini penanganan abrasi pantai, diprioritaskan pada titik-titik kritis, dengan laju abrasi rata-rata di atas 7 meter setiap tahun. Beberapa tahun ini telah dibangun pengaman pantai pada titik kritis tersebut, tetapi belum sepenuhnya meng-cover panjang abrasi yang terjadi," ungkap Kasmarni.

Menanggapi permasalah di Kabupaten Bengkalis, Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Riau I, Achmad memberikan dukungan dan dorongan kepada Kabupaten Bengkalis dalam proposal yang diajukannya.

"Kita memahami bagaimana kritisnya ancaman kehidupan masyarakat di daerah bengkalis. Kami hanya menjembatani saja. Namun ketika ada proposal dari daerah bengkalis, kami akan kawal proposal itu sampai jadi," tegas Achmad.

Sementara itu, Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB RI, Jarwansyah meminta Kabupaten Bengkalis menyiapkan proposal dengan lengkap untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh BNPB.

"Jadi, kami harap dipersiapkan betul proses pengajuan, hari ini sudah banyak daerah yang mengusulkan dan kami evaluasi. Dari kabupaten bengkalis kami minta untuk dilengkapi dan jangan sampai ada yang kurang," tegas Jarwansyah.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hujan mengguyur Riau dan sekitar (foto/int)BMKG: Riau Berpotensi Diguyur Hujan Tak Merata
Ilustrasi jumlah hotspot mulai turun di Riau (foto/int)Riau Masih Terdeteksi Hotspot, Tersebar di Kepulauan Meranti dan Inhil
Gubri Syamsuar menyerahkan sejumlah bantuan untuk masyarakat setempat, diantaranya bantuan 1.000 paket santunan Idul Fitri dari Baznas Provinsi Riau untuk 1.000 miskin ekstrem, totalnya senilai Rp500 juta. Safari Ramadan di Bagansiapiapi, Gubri Salurkan Bantuan Ratusan Juta Rupiah
Toyota bZ4X, Mobil Pejabat RiauInilah 8 Pejabat Tinggi di Riau yang Mendapatkan Fasilitas Mewah Mobil Listrik Seharga Rp 1,3 M
Sekretaris Daerah (Sekda) Riau SF HariyantoSaat Istri Sekda Riau Diduga Berbohong, Ngaku Beli Tas KW di Mangga Dua tapi Dibantah Pedagang
  Pengacara Endang Suparta menemui Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto di ruang kerjanya (foto/ist)Tangkap Terduga Pencuri Sawit, 4 Security BGN Malah Ditahan
Honda Civic Type R meluncur dengan banderol Rp1.399.000.000, menjadi mobil Honda termahal yang dijual di Indonesia. Foto: dok HPMHonda Civic Type R 2023 Meluncur dengan Harga Rp1,4 Miliar, 95 Orang Rebutan Beli
ilustrasiDisperindag Pekanbaru Imbau Masyarakat Agar Waspadai Takjil dengan Kandungan Bahan Berbahaya
Toyota AgyaBaru Diluncurkan, Agya Anyar Kantongi SPK 549 Unit
Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk bersama PT Gagas Energi Indonesia selaku Anak Perusahaan, melaksanakan uji coba penggunaan Compressed Natural Gas (CNG) sebagai Bahan Bakar Gas (BBG) pada sepeda motor. PGN Uji Coba Penggunaan Bahan Bakar CNG pada Motor, Berhasil Tempuh 38,7 Km per Liter
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved