www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pesta Kembang Api Meriahkan Perayaan Imlek 2574 di Bengkalis
Minggu, 22 Januari 2023 - 18:34:27 WIB
Vihara Hok Ann Kiong dikunjungi warga keturunan Tionghoa yang melakukan ibadah pertama Imlek (foto/Zul)
Vihara Hok Ann Kiong dikunjungi warga keturunan Tionghoa yang melakukan ibadah pertama Imlek (foto/Zul)

Baca juga:

BENGKALIS - Sejak Sabtu (21/1/2023) malam pukul 00.00 WIB, warga Tionghoa Bengkalis menggelar perayaan tahun baru Imlek 2574. Selain mendatangi Vihara Hok Ann Kiong untuk memanjatkan doa-doa kepada sang  dewa.

Mereka juga larut dalam kemeriahan dengan menikmati pesta kembang api. Suara letusan menggema di langit Bengkalis dari tengah malam hingga menjelang subuh. Meski pun kondisi hujan menguyur Bengkalis, namun tidak menyurutkan perayaan kembang api.

Berbeda pada Minggu (22/1/2023) pagi, Vihara Hok Ann Kiong yang biasanya ramai warga keturunan Tionghoa melakukan ibadah pertama Imlek terlihat sepi. Hal ini terjadi lantaran pada hari pertama tahun Kelinci Air di Bengkalis diwarnai guyuran hujan.

Hanya beberapa orang yang terlihat tengah sembahyang di dalam vihara. Sementara tempat pembakaran kertas sembahyang di bagian luar terlihat sepi. Vihara baru mulai ramai siang hari saat hujan mulai reda.

Humas Yayasan Vihara Hok Ann Kiong Herman Kasuma ke Halloriau.com mengatakan, untuk kegiatan sembahyang rutin hari pertama hingga sore akan ramai. Kemudian pada hari kedua dan ketiga Imlek biasanya tidak akan ramai. Nanti kegiatan yang akan ramai mulai hari keempat Imlek.

Pihaknya hari keempat akan menggelar festival kuliner di halaman Vihara Hok Ann Kiong. Kemudian malamnya akan digelar malam hiburan dengan menghadirkan artis lokal dari Batam dan Tanjung Pinang.

Kegiatan akan berlangsung hari selanjutnya masih dengan kegiatan festival kuliner dan gratis bisa dinikmati seluruh warga. Malamnya akan diisi hiburan juga dengan menghadirkan artis dari Malaysia hingga pukul 00.00 WIB.

"Tengah malamnya setelah kita menyambut ulang tahun Dewa Chong Cui Cho She dengan menyalakan kembang api. Paginya langsung kita mengadakan kegiatan semah tetapi hanya di areal Vihara Hok Ann Kiong saja," ujar Herman.

Menurut dia, ritual semah atau mengusir roh jahat hanya dilakukan di area vihara saja karena sesuai dengan petunjuk dari Budha yang menginginkan tahun ini tidak ada semah keliling kota.

"Jadi tahun ini petunjuk dari Budha seperti itu semah hanya dilakukan di area Vihara saja. Biasanya kalau ada semah keliling kota Budha memberikan petunjuk lengkap dengan denah yang akan dilalui," ujarnya.

Kegiatan perayaan pergantian tahun baru Imlek ini ternyata tidak hanya nikmati warga keturunan Tionghoa saja. Masyarakat lainnya juga memeriahkan kegiatan Imlek dengan berdatang ke Vihara Hok Ann Kiong.

Masyarakat yang datang bukan untuk sembahyang, tetapi menikmati suasana malam tahun baru Imlek. Banyak mengabadikan momen merah lampion dan menyaksikan kemeriahan kembang api di sekitar Vihara.

Penulis: Zulkarnain
Editor: Riki

 
    Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wahana Kereta Wisata di Siak.(foto: meri/halloriau.com)Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Pasar induk.(ilustrasi/int)Pasar Induk Segera Beroperasi, Ini Respon DPRD Pekanbaru
Tol di Riau.(foto: mcr)Hingga Lebaran H+2, Hampir 28 Ribu Kendaraan Melintas di 3 Tol di Riau
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/Yuni)Meski Tanggal Merah, Pj Gubri Minta Pelayanan di Riau Tetap Optimal
Ilustrasi MotoGP Amerika, lintasan Austin, Texas (foto/int)Jadwal MotoGP Amerika 2024: Balapan Sengit Dini Hari di Austin Texas
  Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Pj Walikota Pekanbaru Siapkan Sanksi untuk ASN yang Tambah Libur Lebaran
Cosplay Transformers jadi favorit pengunjung Lapangan Gedung Maharatu Siak untuk berfoto.(foto: meri/halloriau.com)Robot Transformers Jadi Spot Foto Favorit di Lapangan Gedung Maharatu Siak
Arus pemudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru tinggi saat momen Lebaran 1445 H (foto/Dini)Aktivitas Masih Tinggi, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi H+3
Sky Walk berseberangan dengan pusat wisata Siak (foto/Meri)Sky Walk Jembatan Kaca Wisata Populer Siak yang Wajib Kamu Datangi
Ilustrasi curah hujan di momen libur panjang Lebaran Idulfitri (foto/int)Mau Pergi Wisata di Libur Lebaran? Ini Prakiraan Cuaca Pekanbaru dan Sekitar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved