www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kapolres Inhu Ringkus 319 Tersangka Narkoba
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tahun Perencanaan 2022, SIPD Diharapkan Bisa Berlaku Efektif
Minggu, 24 Januari 2021 - 13:33:50 WIB
Peserta Bimtek SIPD.
Peserta Bimtek SIPD.

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bappeda secara kontinu melakukan bimbingan teknis terkait implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD)  untuk perencanaan tahun 2022. Diharapkan, untuk perencanaan tahun 2022 tersebut SIPD sudah berlaku seefektif mungkin.

Hal itu disampaikan Kepala Bappeda Bengkalis Hadi Prasetyo melalui rilis yang disampaikan Minggu (24/1/2021). Pernyataan itu sendiri disampaikan Hadi Prasetyo pada acara bimbingan teknis implementasi SIPD untuk perencanaan tahun 2022 ke staf ahli fraksi DPRD Kabupaten Bengkalis.

“Menghadapi tahun perencanaan 2022, kita berharap aplikasi SIPD ini dapat kita gunakan seefektif mungkin sehingga tahapan dan jadwal dalam menyusun dokumen perencanaan dapat kita lalui dengan baik. Walaupun kita sadari semua bahwa penggunaan aplikasi ini masih terdapat kekurangan, karena masih dalam perbaikan dan penyempurnaan oleh Kemendagri,” ujar Hadi Prasetyo.

Dikatakan, sebagaimana diketahui, aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) ini disiapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dirjen Bina Keuangan Daerah. Aplikasi ini wajib digunakan semua daerah di Indonesia baik di tingkat provinsi maupun kab/kota dalam menyusun perencanaan. “Melalui aplikasi SIPD ini merupakan terobosan baru untuk menyusun perencanaan lebih sistematis, transparan dan akuntabel,” ujarnya

Dikatakan, sebenarnya pada tahun 2020 kemarin Pemkab Bengkalis sudah mulai menggunakan aplikasi SIPD ini. Namun pada saat itu belum dari tahap awal seperti proses entri usulan desa/kelurahan, pokok-pokok pikiran DPRD termasuk usulan renja perangkat daerah masih menggunakan aplikasi e-planning.

“Setelah dokumen RKPD jadi pada saat itu, baru kita lakukan pemetaan dari Permendagri 13 Tahun 2006 menyesuaikan Permendagri 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan dan keuangan daerah. Hasil pemetaan inilah yang kami gunakan sebagai pintu masuk dalam menggunakan aplikasi SIPD pada saat itu,” papar Hadi Prasetyo.

Dalam kesempatan itu, Hadi Prasetyo menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapelitbangda Kota Batam yang mau menerima mereka  dan menjadi narasumber pada acara implementasi SIPD tahun perencanaan 2022.

“Sebagaimana informasi yang kami dapatkan bahwa Pemerintah Kota Batam menjadi salah satu dari lima daerah yang mendapat pendampingan khusus SIPD dari Kementerian Dalam Negeri dan akan menjadi percontohan. Tentunya kami mengucapkan selamat atas prestasinya. Kami berharap acara ini dapat berjalan dengan lancar dan peserta dapat mengikutinya dengan baik sampai selesai,” tutupnya.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Jadwal Musrenbang Bengkalis.Musrenbang RKPD Tahun 2021 Tanpa Pembukaan, Hadi Prasetyo: Langsung Pembahasan
  Kepala Bappeda Hadi Prasetyo menghadiri workshop usulan desa/kelurahan ke sistem e-Planning. Bappeda Bengkalis Gelar Workshop Usulan Desa/Kelurahan ke Sistem e-Planning

BERITA LAINNYA    
Kapolres Inhu dipangku AKBP Efrizal S.I.KKapolres Inhu Ringkus 319 Tersangka Narkoba
Ilustrasi Covid-19Sebaran 7.264 Covid-19, Riau 87 Kasus Baru, 70 Sembuh, 4 Meninggal
Penyerahan bantuan oleh Bupati Siak dan istriBupati Siak dan Istri Serahkan Bantuan bagi Warga Kurang Mampu di Tualang
Satgas Covid-19 Kota Dumai mulai vaksinasi Covid-19 tahap 2 menyasar pelayanan publik.
Satgas Covid-19 Kota Dumai Mulai Vaksinasi Tahap II, Sasar 1.000 Orang
Kepala Dinas Sosial P3A Rohul, Hj Sri MulyatiPencabulan dan Kekerasan Anak Marak, KadisosP3A Rohul Sarankan Sekolah Tatap Muka Diaktifkan
  Gubri, Syamsuar diterima Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementan RI Jakarta, Kamis (4/3/2021).Sambut Baik Food Estate, Kementan Segera ke Riau
Unit Manager Communication, Relations & CSR RU II Pertamina Brasto Galih Nugroho memasangkan masker kepada salah satu pelajar.
Dukung Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pertamina Dumai Bantu 10.000 Masker
Pameran Motor Yamaha di Mal Ciputra.Ada Promo Maret Maxi Makin Greget di Masata Pekanbaru Fair Mal Ciputra
Personel TNI dan gabungan yang melaksanakan TMMD ke 110, melakukan Pembukaan akses jalan menuju ke puncak Desa Koto Ranah.Jalan Objek Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Sasaran TMMD ke-110
Sekda Abdul Haris, ikuti Rakor Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dengan Kepala Daerah se-Provinsi Riau bersama KPK RI, di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru.
Sekda Hadiri Rakor dengan KPK, Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Koordinasi
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved