www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kenalkan New Pajero Sport, Besok Mitsubishi Gelar Showroom Festival
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
724,91 Hektar Pemukiman di Bengkalis Bersatus Kumuh Ringan
Rabu, 20 Januari 2021 - 16:18:22 WIB
Rakor Kawasan Kumuh.
Rakor Kawasan Kumuh.

BENGKALIS - Berdasarkan hasil penyusunan basis data numerik, di Kabupaten Bengkalis terdapat 724,91 pemukiman kumuh yang tersebar di 22 lokasi kawasan kumuh pada sembilan kecamatan. Namun tingkat kekumuhan secara keseluruhan adalah kumuh ringan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis Hadi Prasetyo saat rapat koordinasi Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bengkalis,di ruang rapat Bappeda Bengkalis, Selasa (19/1/2021) kemarin.

Hadi Prasetyo yang dalam kesempatan itu mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY, SH selaku Ketua Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bengkalis mengatakan, jumlah ini mengalami penambahan bila dibandingkan dengan penetapan lokasi pemukiman kumuh perkotaan di Kabupaten Bengkalis berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bengkalis Nomor 341/kpts/x/2014 seluas 180,33 ha.

Berdasarkan SK Bupati Bengkalis nomor 341/kpts/x/2014 ini, dari 180,33 ha terdiri atas Kecamatan Bengkalis seluas 27,7 ha, Kecamatan Bantan seluas 17,79 ha, Kecamatan Bukit Batu seluas 27,09 ha, Kecamatan Siak Kecil seluas 29,68 ha, Kecamatan Rupat seluas 24,71 ha, Kecamatan Rupat Utara seluas 11,81 ha, Kecamatan Mandau seluas 37,33 ha dan Kecamatan Pinggir seluas 4,22 ha. Namun surat keputusan tersebut belum didukung basis data numerik (baseline).

Dikatakan, penetapan lokasi pemukiman kumuh tanpa didukung basis data numerik mengakibatkan penghitungan pengurangan luas kawasan pemukiman tidak dapat dilakukan. Pengurangan luas kawasan pemukiman kumuh hanya dapat dilakukan di Kecamatan Mandau yang telah memiliki basis data  numerik. Penyusunan basis data numerik di Kecamatan Mandau disusun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui program Kota Tanpa Kumuh (kotaku).

“Penghitungan pengurangan luas kawasan permukiman  kumuh di Kecamatan Mandau berdasarkan bantuan dana investasi maupun dana bantuan pemerintah untuk masyarakat yang telah dilakukan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020 yang nantinya akan disepakati dalam rapat koordinasi ini,” ujarnya.


Kota Layak Huni

Hadi Prasetyo menegaskan, pengurangan kawasan pemukiman kumuh dinilai sangat penting karena ada hubungannya dengan upaya mewujudkan Kota Layak Huni. Salah satu target pembangunan nasional yang ingin dicapai dan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2024 adalah terwujudnya Kota Layak Huni.

“Salah satu perwujuan Kota Layak Huni adalah kota tanpa permukiman kumuh. Pemerintah daerah sebagai nakhoda dalam mewujudkan permukiman layak huni perlu dilakukan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman yang terkoordinasi, tersinergi dan lebih terarah,” jelasnya

Dikatakan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman mencakup perencanaan pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh. “Pelaksanaannya diatur melalui Perbub nomor 20 tahun 2020 tentang Perencanaan Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannya rapat koordinasi ini, sambung Hadi Prasetyo, diharapkan dicapai kesepakatan pengurangan luas kawasan kumuh berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 341/kpts/x/2014 dan kesepakatan revisi Surat Keputusan Bupati Bengkalis tentang penetapan lokasi perumahan kumuh dan permukiman kumuh di Kabupaten Bengkalis.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

BERITA LAINNYA    
Iven Showroom FestivalKenalkan New Pajero Sport, Besok Mitsubishi Gelar Showroom Festival
Karhutla di Tanjung Peranap sudah mendekati tepi jalan, terlihat beberapa warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanyaApi Membara di Tanjung Peranap, Karhutla Dekati Rumah Warga
Melalui kegiatan T-Yes, Telkomsel mengajak para mahasiswa dan pelajar untuk mulai aktif membangun semangat wirausaha yang kreatif.Gelar Inspiring Webinar, Telkomsel Dorong Pertumbuhan Digipreneur Mahasiswa dan Pelajar Sumatra
Ratusan botol miras ilegal diamankan Bea Cukai Dumai.Bea Cukai Dumai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Botol Miras Ilegal
IlustrasiBesok, 1.500 Orang Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap II
  Pameran motor Yamaha di Pasar Kasikan, Kampar.Alfa Scorpi Pameran di Pasar Kasikan Kampar, Masih Ada Promo Angpao Hoki
Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Herdi SaliosoHerdi: Kepsek Harus Ikuti Program Sekolah Penggerak
Sedekah pendidikan Rumah Yatim.Jalan Menuju Kebaikan Semakin Dekat dam Mudah dengan QRIS
Petugas berjibaku padamkan karhutla.PT SSR Turunkan Tim Padamkan Karhutla di Rawa Bangun, Kapolres Inhu Beri Apresiasi
Pelatihan daur ulang bahan bekas.50 Ibu-ibu Ikut Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved