www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Terganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Dampak Covid-19, Tingkat Hunian Hotel di Bengkalis di Bawah 20 Persen
Selasa, 24 November 2020 - 17:01:02 WIB
Usaha perhotelan, salah satu yang  terkena dampak dari Pandemi Covid-19.
Usaha perhotelan, salah satu yang terkena dampak dari Pandemi Covid-19.

BENGKALIS - Hotel yang ada di Bengkalis mengharapkan adanya stimulus dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis agar usaha yang mereka jalankan saat ini bisa bertahan. Akibat pandemi Covid-19, usaha yang mereka jalankan benar-benar terpukul dengan tingkat hunian di bawah 20 persen.

“Sejak Covid ini, dalam sehari paling banyak kamar yang terisi hanya 10 kamar, tak sampai 20 persen dari total kamar yang ada di Hotel Pantai Marina. Sehingga sebagian dari pendapatan tersebut lebih banyak terpakai untuk menutupi biaya operasional,” ujar Marketing Manajer Hotel Pantai Marina, Inest kepada wartawan pekan lalu.

Dikatakan, dengan kondisi seperti sekarang ini, jangankan untuk mendapatkan keuntungan, untuk bisa  bertahan saja  sudah cukup. Dan itu mereka lakukan dengan melakukan berbagai kebijakan tanpa harus melakukan PHK. “Kita berusaha untuk tidak melakukan PHK, karena walau bagaimanapun, nasib karyawan di tengah pandemi juga sangat memprihatinkan. Yang kita tempuh adalah melakukan pengurangan jam kerja, karena tamu pun tidak banyak,” kata Inest.

Saat ini, sambung Inest,  walau sudah tidak ada larangan perjalanan keluar daerah maupun kegiatan yang mengumpulkan keramaian dengan tetap mengkuti protokol kesehatan. Namun, tingkat hunian maupun kegiatan-kegiatan yang menggunakan ruang pertemuan hotel belum normal seperti semula. Karena itu, pihaknya berharap  adanya stimulus kepada Pemkab salah satunya adalah melaksanakan kegiatan  di hotel-hotel.

“Bengkalis ini kan bukan tempat wisata, sangat jarang  orang luar berkunjung ke Bengkalis. Kalaupun ada biasanya dalam rangkaian dinas. Karena itu, harapan kita terbesar adalah dari kegiatan yang didanai APBD,” katanya.

Terkait dengan pembayaran pajak, Inest mengatakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis memberikan keringanan, yaitu membayar pajak dengan cara mencicil. Namun, dirinya  tidak tahu apakah ini akan berlanjut hingga  tahun 2021 mengingat Pandemi Covid juga tidak  jelas kapan akan berakhir.

“Pajak tetap bayar, tapi dengan cara mencicil. Kadang uang yang  kita peroleh dipakai dulu untuk operasional hotel. Intinya kita cukup terbantu dengan kebijakan ini,” ujar Inest lagi.

Sementara itu, berdasakan data dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), hingga Oktober 2020 kemarin, dari 12 jenis pajak daerah, pajak Hotel merupakan salah satu jenis pajak yang terdampak akibat dari pandemi Covid-19. Dari target penerimaan pada tahun 2020 sebesar Rp2,050 miliar hingga akhir Oktober baru terealisasi Rp1,142 miliar atau baru sekitar 55%. Padahal pada bulan yang sama tahun sebelumnya, realisasi dari pajak hotel ini mencapai Rp2,256 miliar.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiBelum Turun, Hari Ini Riau Tambah 137 Kasus Baru Covid-19
Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirMenurun, Puncak Kasus Covid-19 di Riau Oktober 2020
ilustrasiLaboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Telah Periksa 210.393 Spesimen
  IlustrasiKenali Gejalanya, Ini Perbedaan Flu Biasa dan Corona Menurut CDC
IlustrasiWaspada, Ini 4 Cara Penyebaran Virus Corona
ilustrasiSudah Ada 28 Laporan Efek Samping COVID-19, Apa Saja?

BERITA LAINNYA    
Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H KamsolTerganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Suzuki New CarryLebih Kokoh, Tangguh di Berbagai Medan, New Carry Dibanderol Rp163 Juta
ilustrasiRutan Pekanbaru Terima 40 Tahanan Titipan Kejari Pelalawan
  BTS XLTingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, ST, MT menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Hotel Mutiara, Pekanbaru, Kamis (21/1/2021). GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin (kiri) menyerahkan secara simbolis hygiene kits dan sarana cuci tangan portabel (foto kanan)PT CPI Aktifkan Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru-Bengkalis
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta YhudistiraDor!!! Polres Dumai Bekuk 2 Tahanan Kabur
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved