www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Terganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tingkatkan Mutu Produk Pangan IKM, Disdagperin Bengkalis Taja Pelatihan GMP
Minggu, 15 November 2020 - 14:47:43 WIB
Foto bersama saat acara  pelatihan good manufacturing  practice (GMP) bagi pelaku usaha industri kecil menengah (IKM).
Foto bersama saat acara  pelatihan good manufacturing  practice (GMP) bagi pelaku usaha industri kecil menengah (IKM).

BENGKALIS - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis menggelar pelatihan produk makanan berdasarkan good manufacturing  practice (GMP) bagi pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) khususnya di bidang pangan, baru-baru ini.

Kepala Disdagperin Kabupaten Bengkalis, Indra Gunawan dalam pengarahannya menjelaskan, GMP merupakan suatu pedoman bagi industri terutama yang terkait dengan pangan, kosmetik dan farmasi untuk meningkatkan mutu dan hasil produksinya terkait dengan keamanan dan keselamatan konsumsen yang menggunakan produk-produknya.

Dalam menghadapi era perdagangan pasar bebas, Disdagperin mendorong produk IKM khususnya produk makanan dan minuman sesuai dengan standarisasi yang telah ditentukan untuk mampu bersaing dan menembus pasar di negara ASEAN.

“Standarisasi tersebut baik dari sertifikat halal, komposisi produk, bahkan penilaian dimulai dari penggunaan bahan baku hingga proses produksinya,” jelas Indra.

Indra menambahkan untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui pelatihan produk makanan berdasarkan GMP. Penerapan GMP pada sebuah usaha memiliki banyak keuntungan diantaranya meningkatkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan image dan kompetensi perusahaan atau organisasi.
 
“Meningkatkan kesempatan perusahan atau organisasi untuk memasuki pasar global melalui produk atau kemasan yang bebas bahan beracun dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan terhadap produk,” kata Indra

“Selamat datang kepada peserta pelatihan. Semoga dengan pelatihan ini akan memicu bapak-bapak dan ibu-ibu  untuk lebih berprestasi dalam mengembangkan usahanya,” harapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Nurahmi dalam laporannya menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha mengenai cara menghasilkan pangan olahan yang bermutu, aman sesuai tuntutan konsumen.

Selanjutnya mendorong pelaku usaha industri pengolahan untuk bertanggung jawab terhadap mutu dan keamanan produk dan terwujudnya produk-produk IKM yang mampu bersaing dan diminati oleh konsumen.

Peserta pelatihan berjumlah 44 orang yang berasal dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Warga berebut gas elpiji 3 kg disalah satu pangkalan di Sungai PakningAkibat Langka, Warga Pakning Berebut Gas Elpiji 3 Kg
 

BERITA LAINNYA    
Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H KamsolTerganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
BTS XLTingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, ST, MT menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Hotel Mutiara, Pekanbaru, Kamis (21/1/2021). GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin (kiri) menyerahkan secara simbolis hygiene kits dan sarana cuci tangan portabel (foto kanan)PT CPI Aktifkan Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru-Bengkalis
  Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H KamsolTerganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Suzuki New CarryLebih Kokoh, Tangguh di Berbagai Medan, New Carry Dibanderol Rp163 Juta
ilustrasiRutan Pekanbaru Terima 40 Tahanan Titipan Kejari Pelalawan
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved