Bengkalis
Pemkab Bengkalis | DPRD Bengkalis
 
+ INDEX BERITA

16:05 - Bersama Gubernur Riau, Pj ...
16:59 - Diusulkan Rp3,1 Triliun, A...
15:51 - Sertifikasi Produk, BPOM W...
14:06 - Pupuk Subsidi di Siak Kec...
21:01 - Bertambah 19 Orang, Pasien...
14:33 - Empat Pegawai Dishub Bengk...
19:16 - Terus Meningkat, Pasien Co...
15:27 - Di Pakning, Sampah Jadi Ma...
17:11 - Empat Pelaku Usaha Garam T...
15:13 - DAK Fisik Bengkalis Tahun ...
17:56 - 26 September Mulai Kampany...
16:55 - 2021 Ada Tiga Agenda Penti...
15:11 - Perbup Penegakan Protokol ...
13:38 - Swab Massal Sasar ASN Dina...
09:48 - Jangan hanya Sekedar Wacan...
11:44 - Bocah 4 Tahun Ditemukan Te...
17:27 - Standar Pelayanan Publik B...
16:08 - Bappeda Bengkalis Gelar Ko...
17:36 - Selama Agustus, BPBD Bengk...
17:08 - UPT Pelabuhan BSL Bengkali...
 
Pansus Pengawasan Covid-19 DPRD Bengkalis Pastikan Bekerja Secara Objektif
Rabu, 13 Mei 2020 - 15:43:18 WIB

BENGKALIS – Pansus Pengawasan Penanganan  Covid-19 memastikan akan bekerja secara objektif dan profesional serta bebas dari kepentingan politik apapun. Hasil akhir dari pansus ini adalah  bagaimana penanganan Covid-19 di Kabupaten Bengkalis tepat sasaran.

“Tepat sasaran di sini dalam arti luas, bukan hanya dalam hal bantuan langsung kepada masyarakat. Melainkan seluruh program penanganan Covid-19, mulai dari proses penganggaran hingga realisasi dari program-progam penanganan Covid-19 yang telah disusun oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” ujar Ketua Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 DPRD  Bengkalis,  Sofyan kepada  wartawan, Rabu (13/5/2020).

Pernyataan tersebut disampaikan politikus dari Partai PDIP ini menjawab adanya isu yang beredar bahwa pembentukan Pansus bersifat politis dengan target melengserkan Plh Bupati Bengkalis, H Bustami.

“Kalau sampai merekomendasikan seperti itu (penggantian Plh Bupati,red) tentu tidak. Tapi kalau mengkritisi itu iya, karena memang banyak muncul persoalan terkait penanganan Covid-19. Kita melihat Pemerintahan terlalu lamban dalam bersikap dan  bertindak serta kurang koordinasi. Sebagai mitra Pemerintah, tentu kita tidak bisa tinggal diam,” ujar Sofyan.

Justru dengan terbentuknya Pansus, sambung Sofyan, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Bengkalis maupun atas nama Gugus Penanganan Covid-19 bisa lebih cepat dalam bertindak, transparan dalam mengambil segala tindakan, serta koordinasi yang baik hingga level desa/kelurahan.

Dalam hal penanganan Covid-19, Sofyan mengatakan, kondisi saat ini dihadapkan kepada validasi  data penerima bantuan Covid-19 yang masih diragukan. Kemudian proses pendistribusian bantuan yang kurang  tepat sasaran serta belum adanya kepastian seberapa  “sehat”  APBD Kabupaten Bengkalis dalam menghadapi Covid-19.

“Ingat berbicara soal Covid-19, bukan hanya berbicara penanganan Covid-19 yang tiga bulan itu saja. Tapi setelah 3 bulan itu bagaimana, apa yang harus dilakukan untuk memulihkan ekonomi. Kekuatan APBD kita bagaimana ini yang belum kita ketahui,” papar  Sofyan.

Pada tahap awal ini, Sofyan mengatakan, Pansus akan mengundang Plh Bupati Bengkalis termasuk Tim Gugus Covid-19. Dalam pertemuan ini, Pansus akan meminta secara detail hasil rasionalisasi APBD terkait dengan tindak lanjut SKB 2 Menteri. Hal ini penting karena sampai saat ini DPRD belum mengetaui secara detail berapa anggaran yang dipangkas dan dari pos mana saja.

“Apalagi proses rasionalisasi ini sempat mengalami keterlambatan dari waktu yang  telah ditentukan dan berdampak pada penundaan penyaluran DAU sebesar 35 persen.  Ada apa sebenarnya,” kata Sofyan.

Dikatakan, dari sana nanti baru diketahui seberapa sehat APBD Kabupaten Bengkalis baik untuk belanja rutin maupun belanja  pembangunan, termasuk juga untuk keberlanjutan penanganan Covid-19. “Kita tidak bisa berbicara program kalau kekuatan anggarannya saja tidak kita ketahui,” ujar Sofyan lagi.

Terakhir, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak, Sofyan berharap dukungan penuh dari  masyarakat. Masukan sekecil apapun kalau itu untuk kesempurnaan pansus dalam bekerja, dirinya sangat mengapresiasi. 

“Pansus ini terbentuk karena tanggung jawab moral kita sebagai representasi dari masyarakat. Karena itu tidak salah rasanya kita mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat,” kata Sofyan lagi.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia            


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Begini Ceritanya hingga Pelajar Kuansing Tewas Tertimbun di Tambang Emas Ilegal
  • Bukan untuk Pasien Covid-19, Rumah Sakit Apung Nusa Waluya segera Layani Warga Pekanbaru
  • Umrah Pertama Dimulai November, Arab Saudi akan Tentukan Negara Mana Saja yang Bisa Kirim Jemaah
  • Cuaca Tak Menentu, Jangan Lupa Minum Air yang Cukup Agar Tetap Fit
  • Pjs Bupati Indra Agus Lukman akan Fokus Ciptakan Pilkada Siak yang Lancar
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved