Bengkalis
Pemkab Bengkalis | DPRD Bengkalis
 
+ INDEX BERITA

20:21 - Siap-siap Warga Bengkalis!...
15:38 - 14 Orang Lolos Seleksi Adm...
17:03 - Masyarakat Tumpah Ruah di ...
16:33 - DWP DLH Juara I Lomba Gera...
08:50 - Buktikan Keseriusan, Istri...
15:41 - Bupati Harap FGD Rumuskan ...
14:55 - Petugas Parkir Wajib Masuk...
15:40 - Kelurahan Bengkalis Model ...
15:20 - Diduga Arus Pendek, Gedung...
14:52 - Tenun Putri Mas Warga Seba...
17:23 - Penutupan MTQ ke-33 Desa B...
17:14 - Surati Kepala PD dan Cama...
15:31 - Manfaatkan Potensi Desa Ta...
12:56 - Uji Kompetensi Resmi Ditu...
06:06 - Naik 2 Peringkat dari Tahu...
06:03 - PWI Bengkalis Gelar UKW da...
19:53 - Dipindahkan Akibat Abrasi,...
15:46 - Jalan Santai Sempena HUT K...
15:03 - Sayur dan Buah di Pasaran ...
08:10 - APBD 2020 Disahkan Rp3,820...
 
300 Pelaku Usaha Akan Upgrade Keterampilan, Didukung Pengusaha Sukses Asal Sei Pakning
Minggu, 03/11/2019 - 16:35:02 WIB
Pelatihan Keterampilan Berusaha
Pelatihan Keterampilan Berusaha
TERKAIT:

BENGKALIS - Sebanyak 300 pelaku usaha mikro kecil dan menengah akan mengikuti pelatihan keterampilan berusaha yang diselenggarakan lembaga Cerekas Entrepeneur School (CES). Pelatihan ini bertujuan agar para pelaku usaha selalu mengupgrade pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan sekaligus mengembangkan usahanya.

Hal itu disampaikan CEO CES yang juga anggota DPRD Bengkalis, Azmi Rozali SIP MSi melalui siaran persnya, Minggu (3/11/2019).  “Jumlah pengangguran 6,2 persen dari angkatan kerja atau sebanyak 190.000 orang di seluruh Provinsi Riau membuat urat kreativitas pendiri dan penggagas Cerekas Entrepreneur School (CES) terus bergerak mencari solusi,” ujar Azmi mengawali pembicarannya.

Pelatihan bagi para pelaku usaha tersebut, menurut Azmi merupakan bagian dari solusi. Dengan pelatihan ini, diharapkan akan memicu pertumbuhan entrpeneur baru. “Kami ingin menjadi problem solver bangsa, khususnya dalam mengatasi masalah pengangguran,” ujar pemegang sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi  ini seraya menambahkan kalau gerakan ini sudah dimulai sejak tahun 2016 dan sekarang sudah memasuki tahun keempat melaksanakan pelatihan wirausaha.

Di Cerekas, imbuh Azmi, ada 3 sosok yang berperan penting dalam melatih dan membimbing para wirausahawan, yaitu Hariadi selaku coach dan juga trainer, kemudian Satria Utama yang berkompeten memandu acara, dan Yuswandi, seorang usahawan di Pekanbaru asal desa Tenggayun, kecamatan Bukitbatu. Dan ada satu lagi yang selama ini selalu bermain di belakang layar dan kerap mendorong terus terlaksananya gerakan pembinaan UMKM di kawasan Riau pesisir, dia adalah H Ahmad Syah Harrofie yang ini menjadi pejabat tinggi di Pemprov Riau. 

Di pelatihan keterampilan berusaha season 13 nanti, ucap Azmi, Pj Sekda Provinsi Riau, H Ahmad Syah Harrofie dijadwalkan hadir sebagai keynote speakter yang membahas tentang kebijakan pemerintah Provinsi Riau dalam pembinaan dan pengembangan UMKM. Hal ini sangat strategis dan perlu didengar langsung oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah di kawasan Riau pesisir.

Sampai hari ini sudah 64 orang yang terdaftar sebagai peserta yang berasal dari kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukitbatu, Siakkecil, Bandar Laksamana. Ada juga peserta dari kecamatan Mandau dan Bathin Solapan. Yang istimewanya ada beberapa peserta dari kabupaten Siak Sri Indrapura dan juga Dumai. Mereka ini semua akan mengikuti pelatihan keterampilan berusaha yang akan dilaksanakan di Sei Pakning Desember mendatang.

Seperti biasanya, peserta Pelatihan Keterampilan Berusaha selalu mendapatkan kejutan dan  hadiah-hadiah menarik dari pengusaha sukses asal Sungaipakning di Pekanbaru, Batam maupun Jakarta, Medan, Surabaya dan Yogyakarta. Yang sudah pernah terjadi adalah dari Muhammad Rafee yang tiba-tiba berinisiatif memberikan Rp10.000.000 kepada 10 orang peserta yang diundi sesuai proposal mendadak yang harus dibuat selama pelatihan.

Demikian juga bos media Metro Riau Grup, Heric Rakasiwa, pengusaha sukses asal Sungaipakning yang pernah mengantar hadiah satu mobil penuh berisi televisi, mesin cuci, kompor gas, kulkas, Hand Phone, setrika, dispenser, dll., sebagai sumbangan dari alumni Angkatan 88 SMA 1 Bukitbatu. Oleh karena tingginya kepedulian pengusaha asal Kabupaten Bengkalis inilah membuat semangat para usahawan UMKM ini menjadi semakin bersemangat untuk berkembang, karena merasa ada yang memperhatikan dan peduli.

Cerekas Entrepreneur School kembali mengajak para pengusaha sukses asal Provinsi Riau, khususnya kabupaten Bengkalis dimana saja berada agar mensupport gerakan menumbuhkan 10,000 wirausahawan baru untuk membantu negara dalam mengatasi masalah pengangguran yang cukup tinggi.  

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Vaginismus, Tubuh "Menolak" untuk Bercinta, Seperti Apa Gejalanya?
  • Luar Biasa, Surfer Filipina Pilih Selamatkan Atlet Indonesia dan Lupakan Emas yang Hampir Diraih
  • Musim Hujan, Masyarakat Inhu Diimbau Waspada Banjir
  • 10.376 Orang Terjangkit HIV di Riau Belum Terdeteksi
  • Kakek 72 Tahun Perkosa Nenek 87 Tahun hingga Pingsan, Kabur saat Kepergok
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved