Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

17:51 - Pemkab Siak Dukung Kantor ...
16:06 - Bupati Siak Resmikan Gedun...
14:16 - Alfedri, Si Bocah Penjala ...
13:48 - Alfedri Gandeng Ibunya Saa...
19:34 - Duo Madu Kelulut - Durian ...
16:55 - Plt Bupati Siak: Madu Kelu...
17:40 - Siap Dilantik Jadi Bupati ...
20:04 - Pekan Depan Alfedri Dilant...
13:29 - Rp1,5 Miliar Dana Zakat Ba...
15:56 - Hadiri Rakornas Investasi ...
14:23 - Pekan Panutan SPT Tahunan,...
14:09 - Al Quran Benteng Generasi ...
18:01 - Inovasi Mendekatkan Masyar...
13:18 - Piagam Pencanangan Bentuk ...
19:21 - Akhir Pekan Ini, Mendikbud...
17:41 - Laporan Keuangan BAZNAS Si...
12:06 - Sekda Siak: ASN di Era Rev...
16:08 - Porsadin Asah Bakat dan kr...
15:19 - Alfedri Ikuti Rakornas Kew...
19:24 - Masih Kosong, Taman Burung...
 
Seluruh Desa di Siak Sudah Dialiri Listrik
Jumat, 01/02/2019 - 13:32:20 WIB
Penekanan tombol sirine oleh Bupati Siak Syamsuar, sebagai tanda seluruh desa di Kabupaten Siak sudah teraliri listrik.
Penekanan tombol sirine oleh Bupati Siak Syamsuar, sebagai tanda seluruh desa di Kabupaten Siak sudah teraliri listrik.
TERKAIT:

SIAK - Tahun 2019 seluruh desa yang berada di Kabupaten Siak telah dialiri listrik. Keberhasilan tersebut ditandai dengan  penekanan tombol sirine oleh Bupati Siak Syamsuar, sebagai tanda seluruh desa di Kabupaten Siak sudah teraliri listrik.

Pemerintah terus mengejar pemerataan pembangunan di seluruh desa di kabupaten Siak, salah satunya dengan peningkatan rasio elektrifikasi ke seluruh kampung (desa). Sampai dengan Desember 2018 Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Siak mencapai 98,98 persen.

Hal itu disampaikan Bupati Siak H Syamsuar sebelum meresmikan 100 % Listrik Desa di Kabupaten Siak, Kamis (31/1/2019) di Kampung Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau.

“Dari 131 Kampung yang ada, saat ini telah teraliri listrik PLN sebanyak 127 Kelurahan/ Kampung dan 4 (empat) kampung sisanya akan kami resmikan hari ini,” ungkap Syamsuar di hadapan masyarakat Muara Kelantan.

Pelayanan infrastruktur dasar, lanjut Syamsuar merupakan program utamanya bersama Wakil Bupati Siak Alfedri pada periode sebelumnya. Infrastruktur dasar ini seperti pembangunan jalan, sarana air bersih, kesehatan, pendidikan dan pemerataan listrik di setiap kampung.

“Alhamdulillah semuanya terlaksana dengan baik, berkat kerja keras dan kerjasama dengan pihak PLN dan Provinsi, kerja cepat PLN ini perlu kita apresiasi,” kata Syamsuar lagi.

Ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat telah membangun jaringan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 315,48 Kms dan Pembangunan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 506,59 Kms, Trafo 88 unit, pengadaan genset, serta bantuan PLTS dan SHS sebanyak 1.565 unit, serta memasang ratusan PJUTS dibeberapa kampung dan kelurahan, yang bersumber dana dari APBN.

Selain dana APBD/APBN, kata dia, Pemerintah Kabupaten Siak berkerjasama dengan Perusahaan lokal melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. BSP dalam hal membantu Rumah Tangga Miskin dengan membantu unit perangkat Listrik Mandiri Rakyat.

Serta melalui Badan Amil Zakat Kabupaten Siak meluncurkan Program Siak Peduli, yaitu program berkelanjutan pemasangan listrik gratis untuk  kaum dhu’afa di Kabupaten Siak.

General Manajer PLN Riau dan Kepulauan Riau M Irwansyah Putra mengatakan, dengan pengoperasian infrastruktur listrik desa tersebut dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan energi listrik secara optimal sehingga bisa meringankan pekerjaan rumah tangga.

“Kerjasama dengan Pemkab Siak, PLN telah menyelesaikan pembangunan 35,7 Kms jaringan tegangan menengah, 19,3 Kms jaringan tegangan rendah dan 722 Kva travo distribusi dengan nilai investasi sebesar Rp 19,3 miliar," tutur Irwansyah.

Dia menjelaskan untuk tahun depan, pihaknya sudah menargetkan seluruh desa di Riau akan mendapatkan pelayanan listrik PLN.  Dengan peningkatan jaringan listrik sampai ke desa, artinya perekonomian menjadi semakin baik.

“Pada hari ini dapat diselesaikan 4 desa terakhir yang ada di kabupaten Siak, artinya sudah 100 persen listrik sudah teraliri di kabupaten Siak,"jelasnya.

Pada kesempatan itu secara bersama-sama  dilakukan penekanan tombol sirine tanda seluruh desa di kabupaten Siak sudah teraliri listrik.

Kemudian dilakukan penandatangan sejumlah prasasti diantaranya pembangunan gedung futsal Muara Kelantan,penyerahan 1 unit Ambulance dari dana desa untuk kampung Bencah Umbai dan penyerahan bantuan PLN peduli berupa 100 paket sembako untuk masyarakat fakir miskin dan dhuafa dengan total Rp 15 juta.

Penulis: Ayu
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Dituding Cemarkan Nama Baik, Mantan Kepala SKK Migas Sumbagut Kembali Disomasi
  • Warga Rumbai dan Rumbai Pesisir Keluhkan Limbah UD RCO
  • 73 Kg Komoditas Pangan Ilegal Impor Asal Malaysia Disita Balai Karantina Pekanbaru
  • Polisi Selatpanjang Kantongi Identitas Mayat Mengapung di Sungai Siatam
  • Dukung Wantannas, XL Axiata Sosialisasikan Konten Bela Negara Lewat SMS Broadcast
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved