www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
5 Hotspot Tersebar di Sumatera Pagi ini, 1 Titik Panas di Kampar
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


213 Orang Mustahik Lubuk Dalam Terima Zakat Tahap III 2018
Kamis, 18 Oktober 2018 - 14:43:24 WIB

SIAK - Sebanyak 213 orang Mustahik Kecamatan Lubuk Dalam menerima zakat pola konsumtif dan produktif dari BAZNAS Kabupaten Siak yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi didampingi Komisioner BAZNAS dan Camat di Masjid Al Mukarromah Kecamatan Lubuk Dalam, Rabu (17/10/18).

"Saya merasa senang pendistribusian zakat kali ini. Karena dilihat dari hasil pengumpulan zakat yang dikumpulkan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Lubuk Dalam sejak Januari sampai Oktober 2018 sudah lebih dari Rp 800 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun yang lalu. Hal ini bisa kita lihat dari jumlah zakat yang disalurkan ke Mustahik pada hari ini cukup besar," kata Alfedri yang juga sebagai Duta Zakat Kabupaten Siak

Saya memberikan apresiasi kepada UPZ dan pemerintah kecamatan dan kampung yang telah bekerja keras dalam melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat tetang pentingnya zakat dalam kehidupan kita."

Namun, walaupun demikian, ungkapnya, harus tetap optimis untuk mengumpulkan zakat sebanyak-banyaknya. Apalagi Kecamatan Lubuk Dalam penghasilan masyarakatnya rata-rata dari perkebunan sawit, sehingga tentunya potensi zakat di wilayah ini cukup besar. "Untuk itu saya berharap kepada masyarakat kita yang telah berpenghasilan mencapai nisab, agar mengeluarkan zakatnya ke BAZNAS sebagai lembaga resmi yang telah dibentuk oleh pemerintah," ucapnya.

"Kalau pengumpulan zakat kita mengalami peningkatan secara terus menerus, maka akan banyak lagi para Mustahik kita akan terbantu. Dan diharapkan ke depan Mustahik yang kita bantu sekarang nantinya menjadi Muzaki pula, yaitu orang yang mengeluarkan zakat," tambahnya lagi.

Tak hanya itu, Alfedri mengharapkan kepada para Mustahik yang telah mendapatkan zakat, agar senantiasa mendoakan para Muzaki yang telah menunaikan zakatnya supaya dimurahkan rezeki mereka dan diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
 
Sementara itu, Camat Lubuk Dalam T Indra Putra SSTP menyampaikan bahwa pengumpulan  zakat tahap III periode Mei hingga akhir September 2018 mencapai Rp 478.750.000. Jumlah ini meningkat dari periode yang lalu. Hal ini berkat kerjasama pihak UPZ kecamatan dan UPZ kampung yang saling bersinergi dan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah kampung.

Ketua UPZ Lubuk Dalam Syukron Wahid menjelaskan zakat yang disalurkan saat ini terbagi dalam dua pola, yakni pola kosumtif 171 orang dan pola produktif 42 orang.

Dijelaskan Syukron, untuk pola konsumtif, disalurkan berbentuk sembako dan uang tunai. Sedangkan untuk pola produktif diberikan sesuai dengan usaha yang akan dilakukan oleh Mustahik, seperti pengadaan binatang ternak, usaha lele bio flock dan modal usaha dagang maupun usaha industri rumah tangga.

Syukron menyampaikan bahwa kedepan dirinya bersama-sama rekan UPZ lainnya tetap komit untuk mengumpulkan zakat sebanyak-banyaknya. Dan ia tidak akan pernah bosan untuk mensosialisasikan zakat. "Kami akan jemput bola dengan bersilaturrahmi ke rumah-rumah penduduk yang punya potensi zakat. Sehingga potensi zakat yang cukup besar di Kecamatan Lubuk Dalam bisa secara perlahan tercapai secara maksimal," tutup Syukran.

Penulis : Ayu Djamhur
Editor  : Fauzia


   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Sebaran titik panas di Sumatera.(ilustrasi/int)5 Hotspot Tersebar di Sumatera Pagi ini, 1 Titik Panas di Kampar
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.NasDem-PKB Membelot Dukung Prabowo, Oposisi 'Kurus' Tersisa PDIP dan PKS
ilustrasi.PGN Optimalkan LNG, Penuhi Kebutuhan Energi Industri di Tengah Risiko Geopolitik
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memusnahkan 88,65 Kg barang bukti narkoba jenis sabu dan 2.401 butir ekstasi.88 Kg Sabu Dimusnahkan, Kapolda Target Tak Ada Lagi Kampung Narkoba di Riau
PDIP.Selain Edy Natar, Eks Gubernur Annas Maamun Ikut Ambil Formulir di PDIP Riau
  Pj Gubri, SF Hariyanto menerima kunjungan kerja SKK Migas Perwakilan Sumbagut. Pertemuan berlangsung di Kediaman Gubernur Riau, Jumat (26/4/2024).SKK Migas Sumbagut Audiensi dengan Pj Gubri SF Hariyanto, Begini Pembahasannya
Prabowo Subianto.PKS Soon Following Nasdem-PKB Joins Prabowo-Gibran Coalition
Hujan deras.(ilustrasi/int)Cuaca Ekstrem Diprediksi Masih Melanda Riau Akhir Pekan ini
Joao Rico.Hasil FP2 MotoGP Spanyol: Bagnaia Terdepan, Marquez Ketiga
Piala Asia U-23 2024.Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Indonesia Vs Uzbekistan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved