www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Besok Malam Pj Wako Pekanbaru Gelar Nobar Semifinal AFC U-23 2024, Parkir Gratis!
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Teken MoU DBA 2023-2024
Asian Agri Serahkan Penghargaan Desa Bebas Api 2022-2023
Senin, 24 Juli 2023 - 15:30:36 WIB

PELALAWAN - Asian Agri memiliki komitmen kuat terhadap pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri kehutanan dan perkebunan dan membentuk aliansi pencegahan kebakaran.

Kerjasama ini merupakan bukti kesungguhan dalam menjadikan Asian Agri sebagai perusahaan kelapa sawit nasional berwawasan lingkungan yang secara konsisten menerapkan praktik-praktik pengelolaan berkelanjutan.

Asian Agri juga terus mendorong penerapan praktik pengelolaan terbaik, termasuk menerapkan prinsip nol kebakaran dalam seluruh kegiatan operasional dan pengelolaan kebun kelapa sawit.

Selain itu, perusahaan juga mengundang partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga lingkungan desa, kebun, dan wilayah operasi Perusahaan.

Group Manager, PT Mitra Unggul Pusaka (MUP)-Asian Agri, Victory Brahmana mengatakan, perusahaan sadar usaha ini memerlukan kerjasama dengan pemerintah setempat dan juga masyarakat desa yang berada di sekitar konsesi perusahaan untuk bersama-sama mencegah Karhutla.

"Selain itu, peranan desa sangat dibutuhkan untuk menjaga desanya terbebas dari api. Oleh karena itu, berbagai pendampingan, pelatihan dan fasilitas telah diberikan demi mendukung usaha pencegahan kebakaran di desa masing-masing. Ini merupakan rangkaian kegiatan asian agri dalam mengantisipasi bahaya Karhutla dan juga dampak El Nino tahun ini," kata Brahmana, Senin (24/7/2023).

Ia menuturkan, pada tahun 2016, Asian Agri membuat program Desa Bebas Api (DBA) yang merupakan kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat desa yang berada di sekitar konsesi Perusahaan.

Program ini merupakan program holistik yang dirancang untuk melibatkan dan mendukung komunitas desa untuk menggunakan alternatif untuk membuka lahan tanpa menggunakan api.

"Hingga saat ini, terdapat 16 desa, yang terdiri dari sembilan desa di riau dan tujuh desa di jambi dengan cangkupan luasan areal sekitar 343.000 Ha yang bergabung pada program ini," tuturnya.

Sebagai bentuk apresiasi, lanjut Brahmana, Asian Agri akan memberikan insentif atau penghargaan DBA sebesar Rp100 juta kepada masing-masing desa yang berhasil menjaga daerahnya bebas dari api selama 1 tahun.

"Di tahun 2023 ini, asian agri memberikan penghargaan DBA kepada dua desa yang berada di riau, yaitu desa segati dan desa bagan limau di kecamatan langgam, kabupaten pelalawan," sebutnya.

Masih kata Brahmana, selamat kepada desa yang berhasil, semoga kedua desa ini dapat terus menjaga wilayahnya bebas dari kebakaran hutan dan lahan hingga tahun mendatang.

"Bagi desa yang pada periode ini belum memperoleh penghargaan, kami berharap penghargaan ini juga dapat menjadi pemacu untuk semakin waspada dalam terjadinya mencegah kebakaran di daerah lingkungan desa. Semoga kemitraan yang terjalin ini dapat membawa dampak positif bagi desa, lingkungan dan negara," sebutnya.

Pada acara yang sama, agar program DBA ini terus berlanjut, Asian Agri bersama Bupati Pelalawan, Zukri Misran dan lima desa di Kabupaten Pelalawan menandatangani kesepakatan bersama (MoU) Desa Bebas Api 2023-2024.

MoU ini merupakan upaya untuk melanjutkan kerjasama antara perusahaan bersama pemerintah Daerah dan juga lima desa tersebut agar dapat terus menjaga wilayah dari bahaya Karhutla.

Sementara itu, Ketua MPA Desa Bagan Limau, Zulkarnaen mengungkapkan, timnya terdiri dari 12 orang yang bekerja sebagai mitra Polhut, dengan sukarela dalam menjaga dan mencegah terjadinya Karhutla di wilayahnya.

"Awalnya memberikan sosialisasi ke masyarakat terkait pembakaran lahan yang bisa membuat kerugian, secara berangsur masyarakat bisa mengerti, dan setelah adanya program DBA, Karhutla sudah berkurang sejak tahun 2000, dan sekarang sudah zero Karhutla," tukasnya.

Dalam penyerahan penghargaan Desa Bebas Api 2022-2023 ini, turut dihadiri Sustainability Operation & CSR Asian Agri Putu Grhyate Yonata Aksa, Manajer DBA Asian Agri Hafiz Hazalin Sinaga, Kalaksa BPBD Pelalawan Zulfan dan Kadalops Manggala Agni Wilayah Sumatera VI Ihsan Abdillah.

Editor: Budy Satria

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Walikota Pekanbaru gelar Nobar Piala Asia U-23 2024.(foto: dini/halloriau.com)Besok Malam Pj Wako Pekanbaru Gelar Nobar Semifinal AFC U-23 2024, Parkir Gratis!
Kafilah Bengkalis di MTQ ke-42 Riau.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Bengkalis Ditunjuk jadi Tuan Rumah MTQ ke-43 Riau 2025
Warga RT 08/11 Jalan Raja Pelalawan gotong royong.(foto: andi/halloriau.com)Jaga Kekompakan, Warga RT 08/11 Jalan Raja Pelalawan Bersihkan Lingkungan
Pengunjung Mal Living World Pekanbaru sambangi event Honda at Family Day 2024.(foto: istimewa)Ada EM1, Pengunjung Living World Pekanbaru Antusias ke Pameran Honda at Family Day
Pemkab Rohil kerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Taspen.(foto: afrizal/halloriau.com)Pemkab Rohil Gandeng PT Asuransi Jiwa Taspen untuk Perlindungan ASN
  Pameran Honda Arista Sudirman di Mal SKA Pekanbaru.(foto: meri/halloriau.com)Hadir di Mal SKA Pekanbaru, Honda Arista Ada Promo DP Rendah
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto saat konferensi pers jelang Gernas BBI-BBWI Riau.(foto: sri/halloriau.com)Digelar 3 Hari, Gernas BBI-BBWI Riau Dimeriahkan Virgoun Hingga Angel Karamoy
Bawaslu Rohil rekrutmen ulang anggota Panwaslu Kecamatan.(foto: afrizal/halloriau.com)Bawaslu Rohil Mulai Rekrutmen Ulang Anggota Panwaslu Kecamatan Jelang Pilkada 2024
Kafilah Pelalawan Juara 5 MTQ ke-42 Riau 2024.(foto: andi/halloriau.com)Raih Juara 5 MTQ ke-42 Riau 2024, Ini Harapan Bupati Pelalawan
Pengerusi Jawatankuasa Pelancongan, Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Negeri Kelantan, Datuk Kamarudin Md Nor bersama Astindo Riau dalam B2B di Pekanbaru (foto/ist)Perkenalkan Wisata Unggulan, Kelantan Malaysia Gelar B2B Bersama Travel Agent di Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved