Politik
BREAKING NEWS :
Perpanjangan Runway SSK II Baru Rampung 35 Persen
 
Gugatan Pemilukada Siak
MK Minta Dua Pemohon Perbaiki Petitum
Senin, 25/04/2011 - 19:03:12 WIB

TERKAIT:
 
  • Sidang Gugatan Pemilukada Masuki Tahap ke Tiga
  • MK Minta Dua Pemohon Perbaiki Petitum
  • Senin, Sidang I Gugatan Pemilukada Siak di MK
  •  

    JAKARTA- MajeLis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) meminta dua pemohon  yakni pasangan Tengku Muhazza OK Fauzi dan duet Said Muhammad Rusdaryanto memperbaiki petitum atau tuntutan dalam sidang perkara sengketa pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah di kabupaten Siak, di kantor MK, Senin (25/4).

    Ketua Panel Hakim sidang perkara No.:43-44/PHPU-D-IX/2011, Ahmad Sodiki selanjutnya meminta dua pasangan  calon kepala daerah itu untuk menyerahkan hasil perbaikannya pada Selasa (26/4) pukul 14.00 wib.

    "Kami memberikan kesempatan perbaikan dan meminta pemohon 43 dan 44 perbaikannya diserahkan ke panitera sampai pukul 14.00 wib," ujar Ahmad Sodiki didampingi dua hakim lainnya yakni Harjono dan A. Fadlil Sumadi dan panitera pengganti Luthfi Widagdo, Eddyono dan Ida Ria Tambunan.

    Hasil penghitungan KPU Siak, pasangan Syamsuar-Alfedri dengan perolehan suara 57.254 (38,41 persen). Sedangkan yang memperoleh suara terbanyak kedua adalah pasangan Said Muhammad-Rusdaryanto dengan suara 49.962 (33,51 persen). Keduanya hanya terpaut 7.292 suara. Sedangkan pasangan OK Fauzi Jamil-Tengku Muhazza yang digadang-gadangkan menang dalam pemilukada hanya berhasil meraih suara 35.415 (23,76 persen)

    "Kami minta MK membatalkan hasil rekapitulasi suara yang ditetapkan KPU Siak. Sebab pelaksaan pemilukada di Siak sarat pelanggaran yang terstruktur dan sistematis, " ujar kuasa hukum pasangan OK-Tengku M. Asrun.

    Hal senada dinyatakan oleh kuasa hukum duet Said Muhammad-Rusdaryanto, Rahmat Zaini.  Selain meminta pembatalan pemilukada di Siak yang digelar pada 7 Apri lalu, MK diminta untuk mendiskualifikasi hasil kemenangan pasangan nomor urut tiga pasangan Syamsuar-Alfedri.

    "Kami meminta pembatalan kemenangan pasangan nomor urut tiga dan menerima seluruh permohonan keberatan pemohon. Sebab pemilukada di Siak, KPU banyak melakukan pelanggaran sistematis, massiv dan testruktur," ujar Rahmat.

    Hakim Harjono menyatakan pemohon 43 dan 44 belum mencantumkan apa yang diinginkan dalam tuntutannya, tetapi hanya menghendaki adanya pembatalan terhadap hasil pemilukada di Siak. Jika seluruh hasil pemilukada dibatalkan, apa landasan MK untuk memenangkan suatu sengketa pemilukada."Harus ada rasionalitas dan bukti yang diajukan agar MK bisa mengabulkan permohonan masing-masing," ujarnya.

    Sidang dilanjutkan pada Rabu (27/4) dan kedua pemohon diminta menyiapkan daftar saksi yang diajukan, termasuk permohonan teleconference dan mendatangkan Panwaslu provinsi.(Bams)

     
    Berita Lainnya :
  • Perpanjangan Runway SSK II Baru Rampung 35 Persen
  • Tiga Kali Skorsing, Pleno KPU Dumai Baru Bahas 1 PPK
  • Lukman Edy Tempel Idris Laena di Inhil
  • KONI Segera Turunkan TD Masing-masing Cabor
  • Herliyan Ingatkan Kades Jangan Keluarkan SKT
  •  
    Komentar Anda :

     
    Potret Lensa
    Macet Jelang Pelantikan Gubri
     
     
     
    Eksekutif : Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
    Other : Iklan Baris Flag Counter
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2013 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved